Mendambakan Keluarga Harmonis

Pembaca yang dimuliakan Allah Swt. Artikel kali ini sebenarnya merupakan rangkuman dari beberapa artikel sebelumnya, yaitu mengenai rumah tangga. Bagaimana cara untuk mendapatkan Keluarga yang Harmonis? Semoga jawabannya ada dalam artikel ini.

Siapapun orangnya, ketika telah menikah, tentu sangat mengharapkan rumah tangga yang dibinanya itu akan lenggeng, bahagia, harmonis dan sejahtera yang dalam bahasa agamanya adalah keluarga Sakinah, mawaddah wa Rahmah atau yang populer dengan singkatan SAMAWA.

Keluarga sakinah atau keluarga yang berbahagia itu tidak datang dengan sendirinya, melainkan membutuhkan usaha yang kuat dari masing-masing pihak, yakni suami dan istri.

harmonis

Apa saja usaha yang harus dilakukan untuk mendapatkan kelurga harmonis itu?

Berikut beberapa rangkuman yang dapat saya tampilkan.

Pertama adalah dimulai dari mencari calon istri atau calon suami.

Ini merupakan pondasi awal yang harus dilakukan ketika seseorang memutuskan untuk menikah. Pilihlah calon suami atau istri yang baik. Baik disini adalah baik pribadinya, baik keturunannya, baik agamanya dan lain sebagainya.

Untuk lebih jelasnya silahkan saudara baca artikel dengan judul "Tips Memilih Pasangan".

Kedua Setelah kita mendapatkan pasangan, baik calon suami ataupun calon istri yang baik dan kita sudah merasa cocok dengan pilihan itu, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pertunangan.

Pertunangan adalah pernyataan seorang laki-laki tentang keinginannya untuk menikahi perempuan yang dipilihnya.

Silahkan baca mengenai pertunangan ini dengan judul : "Pertunangan dalam Pandangan Islam".

Ketiga Setelah pertunangan dilaksanakan dan masing-masing pihak sudah semakin memantapkan hati untuk menikah, maka langkah selanjutnya dalah melaksanakan akad nikah. Mengenani akad nikah ini sendiri sudah diatur dalam Islam, meliputi syarat dan rukunnya.
Silahkan baca :
- "Rukun dan Syarat Nikah"
- "Penjelasan Tentang Rukun Nikah"

Keempat adalah masa pasca menikah.

Inilah yang sering menimbulkan problema dalam membina rumah tangga. Terkadang antara sang suami ataupun istri mendapati pernikahannya tidak sesuai dengan apa yang dibayangkan sebelumnya.

Suatu hubungan suami istri dalam rumah tangga terkadang tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Sehari-hari dalam rumah tangga tersebut dihadapi dengan berbagai pertengkaran, bahkan mungkin berakhir dengan perceraian.

Sekilas mengenai hal itu, silahkan saudara baca beberapa artikel berikut ini :

1. Biasanya, suatu pernikahan itu diawali dengan masa penjajakan atau dalam istilah sekarang adalah pacaran. Namun, lamanya masa pacaran itu tidak menjamin 100% bahwa setelah menikah akan membawa kebahagiaan dalam rumah tangga.
Mengenai hal ini silahkan baca "Tips Menghadapi Tantangan di awal Perkawinan".

2. Terkadang, terjadinya pertengkaran dalam rumah tangga itu disebabkan oleh masing-masing pihak, yakni suami atau istri tidak melaksanakan kewajibannya. Oleh karena itu, mungkin bermanfaat bila pembaca membaca artikel dengan judul "Hak dan Kewajiban Suami Istri".

3. Bisa Jadi, pertengkaran dalam rumah tangga itu disebabkan oleh rasa bosan yang melanda suami istri.
Silahkan baca artikel berikut ; "Tips Mengatasi Kebosanan Dalam Pernikahan".

4. Terkait dengan yang saya sebutkan di atas, Saudara juga bisa membaca artikel "Masalah Yang Perlu Dihindari Dalam Keluarga".

Pada Artikel tersebut, sedikit saya uraikan mengenai hal-hal yang harus dihindari dalam keluarga agar kehidupan berumah tangga dapat berjalan normal dan harmonis.

5. Juga penting untuk diketahui mengenai Penyebab dari perceraian sehingga kita selaku suami ataupun istri dapat menghindarinya.

6. Terakhir, yang harus kita ketahui dalam suatu pernikahan atau rumah tangga agar menjadi rumah tangga yang berbahagia adalah upaya apa yang harus kita lakukan untuk menggapai keluarga sakinah itu.
Silahkan baca "Upaya untuk Membentuk Keluarga Sakinah".

Itulah beberapa hal yang penting untuk diketahui dalam upaya menggapai keluarga sakinah. Mohon maaf jika saya kebanyakan hanya menampilkan link nya saja, tidak ada maksud lain kecuali agar pembaca lebih mudah dalam melihat satu-persatu pembahasan yang ada dalam blog sederhana ini.

Catatan : Semua yang tertulis dalam artikel-artikel itu bukanlah sesuatu yang sempurna, tentu banyak kekurangan dan mungkin kurang jelas pemaparannya sehingga kita masih membutuhkan penambahan dengan membaca tulisan yang terkait dengan kehidupan berumah tangga.

Wallau a'lam.

Terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Mendambakan Keluarga Harmonis"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel