Masalah yang perlu dihindari dalam keluarga

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته

Setelah sebelumnya kita membicarakan tips untuk mendapatkan keluarga sakinah, maka pada tulisan ini kita akan membicarakan hal-hal yang harus dihindari dalam keluarga untuk mendapatkan keluarga sakinah.

Ada beberapa point yang yang akan kita jelaskan dalam tulisan singkat ini, diantaranya :

1. Hal-hal yang dapat mengganggu kebahagiaan keluarga


a. Membuka rahasia pribadi.

Segala rahasia pribadi, lebih-lebih yang aib dan kekurangan suami (termasuk keluarganya) ataupun kekurangan istri (termasuk keluarganya), tidak perlu dibuka atau dikatakan kepada orang lain.

masalah keluarga

b. Cemburu yang berlebihan.

Sifat cemburu dalam batas tertentu dapat diterima dan diartikan sebagai tanda adanya cinta seorang suami kepada istri atau sebaliknya. Akan tetapi bila cemburu itu timbul tanpa alasan yang jelas bahkan cemburu berlebihan jelas akan dapat mengganggu kebahagiaan.

c. Rasa dendam, iri dan dengki.

Dendam yang berkepanjangan, apalagi yang tidak jelas ujung pangkalnya, merupakan sifat yang tercela.

d. Jud* dan Minuman k3ras.

Berjud* dan meminum minuman k3ras akan sangat membahayakan kehidupan berkeluarga, sebab akan menghabiskan harta benda, seorang pejud* dan p3mabuk juga akan cenderung suka berbohong.

e. Pergaulan bebas.

Tidak ada larangan untuk bergaul, asalkan mengetahui batasan-batasannya, terutama bagi yang sudah menikah, akan sangat mempengaruhi kwalitas hubungan tersebut.

f. Kurang menjaga kehormatan diri.

Seorang suami atau istri harus bisa menjaga tingkah laku dan perkataan, dan ini juga masih berkaitan dengan point (e) diatas, sebab pergaulan bebas akan menjatuhkan harga diri seseorang, terlebih lagi jika dilakukan terang-terangan.
Baca juga : Mendambakan Keluarga Harmonis

2. Hal-hal yang dapat menimbulkan perselisihan.


a. Suka mengulang cerita lama. misalnya dengan menceritakan kebaikan pacarnya dulu, menceritakan ketampanan atau kecantikannya, dan lain-lain.

b. mengungkit-ngungkit kekurangan keluarga.

Satu hal yang harus disadari adalah bahwa tidak ada manusia yang sempurna, setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, oleh karena itu, seorang suami istri harus bisa menerima kekurangan pasangannya dan saling mengisi kekurangan tersebut.

c. Memuji wanita/ pria lain.

Memuji pria atau wanita lain didepan suami atau istri merupakan hal yang dapat menimbulkan perselisihan antara suami istri, oleh sebab itu harus dihindari. Berikanlah pujian itu hanya untuk pasangan kita sendiri.

wallahu a'lam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Masalah yang perlu dihindari dalam keluarga"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel