Tips Menghadapi Tantangan Di Awal Perkawinan

Meski orang yang menikah sudah melewati masa pacaran selama bertahun-tahun, hal ini tidak menjamin akan kelanggengan dan kebahagiaan kehidupan pernikahan.

Menurut Adriana S. Ginanjar, Psikolog dari Universitas Indonesia dalam bukunya "Mari Bicara", tantangan sering muncul dalam awal pernikahan. Masalah umum yang sering terjadi adalah dalam hal penyesuaian diri terhadap peran baru sebagai suami dan istri. bukan hal yang mudah karena akan ada perbedaan dari kebiasaan sehari-hari, harapan terhadap pernikahan, cara berkomunikasi serta nilai-nilai kehidupan.

ilustrasi akad nikah

Dalam film-film sering dikatakan, kekuatan cinta akan mengalahkan segala rintangan. namun kenyataannya itu tidaklah cukup. pasangan yang tidak siap menghadapi adaptasi awal pernikahan seringkali memandang konflik sebagai sinyal bahwa cinta telah padam atau setidaknya mulai padam dan pernikahan sudah diambang kehancuran. Perbedaan yang dahulu dipandang sebagai hal yang unik mulai menjadi biang keladi percekcokan.

Adriana mengatakan, salah satu kunci keberhasilan penyesuaian diri adalah menyadari perbedaan diantara keduanya merupakan hal normal dan penting bagi pemenuhan kebutuhan masing-masing. saat memilih pasangan diawal masa pacaran, pasti terjadi pemilihan kualitas yang tidak anda miliki agar merasa lebih penuh/ lengkap.

Maka, supaya tidak memperbesar masalah, jangan lari dari hal itu, tetapi pegang dalam pikiran, bahwa tak akan terdapat kesamaan visi jika sama-sama egois. Sangat disarankan untuk sama-sama memperbesar rasa toleransi dan menerima pasangan apa adanya. bila pasangan berusaha saling menerima perbedaan akhirnya menghargai keunikan masing-masing, maka pernikahan akan berjalan harmonis.

Inspirasi dan strategi beradaptasi di awal pernikahan dari buku "Mari Bicara" sebagai berikut:

a. Proses adaptasi sebagai pasangan baru selalu diwarnai konflik dan perbedaan pendapat. jangan memasang target terlalu tinggi, dan bersikaplah santai dalam menghadapi masalah.

b. Pikirkan dan selalu memusatkan pikiran pada hal positif pasangan. kurangi membesar-besarkan perbedaan apalagi mengubah pasangan supaya sesuai dengan gambaran kita.

c. Diskusikan pandangan dan nilai-nilai untuk menjalani pernikahan. mulai dari tugas-tugas suami dan istri, pengelolaan keuangan, pengembangan karier, kehidupan beragama dan juga hubungan dengan kerabat.

d. Jalin hubungan baik dengan keluarga pasangan. ini dimaksud untuk lebih mengenal pasangan lebih mendalam.

e. Ungkapkan cinta kepada pasangan lewat beragam hal.

f. Hindari menjelek-jelekkan keluarga pasangan atau menantang untuk bercerai bila sedang marah. dua hal ini akan dapat menimbulkan rasa sakit hati yang mendalam.

g. Bersabarlah meski perbedaan dan prosesnya berat. jangan lupa untuk menghargai usaha pasangan sekecil apapun.

Demikian Tips dalam menghadapi tantangan di awal perkawinan.

semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Tips Menghadapi Tantangan Di Awal Perkawinan"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel