Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Hepatitis

Siapa yang tidak mengenal Temulawak...? yang jelas umbi yang satu ini bukan pelawak ya....? hehe.. Umbi atau rimpang temulawak berkhasiat untuk mengobati penyakit hepatistis, baik hepatitis A, B ataupun hepatitis C.

Temulawak merupakan suatu rimpang ajaib yang memiliki banyak khasiat. Disebutkan bahwa Temulawak merupakan tanaman asli indonesia dan sudah dikenal dan dipakai oleh nenek moyang kita dahulu dalam pengobatan. Bagi yang belum mengenal, berikut merupakan contoh temulawak.

umbi temulawak
Umbi Temulawak
Temulawak dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis dan menyukai tanah yang sedikit lembab.
Mengenai khasiat Temulawak, saya akan bercerita pengalaman pribadi.

Saya menderita penyakit Mag yang boleh dibilang berada dalam kelas akut, maklum penyakit anak kos. Dikarenakan penyakit maag ini, maka saya sering mengkonsumsi obat-obatan kimia untuk mengurangi rasa nyeri di lambung, bahkan saya pernah mengkonsumsi obat untuk merangsang nafsu makan, karena pada umumnya, penderita maag akan sulit sekali untuk makan dikarenakan nafsu makan menjadi hilang. Ternyata, hasil dari konsumsi obat-obatan tersebut membawa dampak buruk bagi tubuh saya.

Pada tahun 2010 tepatnya beberapa hari menjelang datangnya bulan puasa, saya kembali jatuh sakit dan dirawat di Rumah Sakit. Hasil diagnosa dokter dan sesuai hasil tes darah di labor, ternyata saya menderita penyakit Hepatitis B, suatu penyakit berbahaya yang tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Saya dirawat selama lebih kurang 8 hari di Rumah Sakit.

Setelah menjalani perawatan, akhirnya saya diperbolehkan pulang dengan catatan harus istirahat total. Dokter juga menyarankan saya untuk rutin kontrol ke RS dan juga menyarankan untuk mengkonsumsi temulawak.

Ketika sakit itu saya dirawat oleh seorang dokter spesialis penyakit dalam, dr. Taufiqurrahman, Sp.PD. Beliau menyarankan saya untuk minum rebusan rimpang Temulawak yang sebelumnya sudah diiris tipis dan dijemur sampai kering, setiap mau minum maka harus direbus terlebih dahulu dengan air sebanyak 4 gelas hingga tersisa lebih kurang 2 gelas.

Saran dokter tersebut saya ikuti, Temulawak kering tersebut saya rebus dengan menambahkan campuran berupa kunyit yang sudah dikeringkan, kemudian akar lalang, pegagan dan sambiloto. Supaya Meminum ramuan herbal ini semakin nikmat, saya menambahkan gula aren sehingga terasa manis dan menyegarkan. Minum kopi saya hentikan, sebagai gantinya adalah minum rebusan temulawak kering ditambah gula aren. Khasiat tanaman temulawak tersebut saya ketahui dari internet.

Setelah rutin mengkunsumsi ramuan tersebut siang dan malam selama lebih kurang satu minggu sejak kepulangan dari rumah sakit, maka saya melakukan kontrol lagi ke RS, hasil labor menyebutkan bahwa penyakit saya sudah sembuh alias negatif. Dalam istilah kedokterannya, kadar HBSAg dalam darah sudah normal.

Saya mengucapkan syukur Alhamdulillah atas semua itu. Bahkan dokter yang merawat saya juga sedikit terheran, katanya "Biasanya, untuk penyakit hepatitis B ini, membutuhkan waktu secepatnya 3 bulan dengan istirahat total untuk sembuh, dan ini kurang dari itu" begitu kata pak Dokter.

Entahlah saya tidak tahu, yang jelas berkat pertolongan Allah dan melalui media Temulawak cs, penyakit saya dapat sembuh, padahal sebelumnya saya sedikit pesimis akan kesembuhan apalagi dengan banyaknya informasi bahwa penyakit tersebut susah disembuhkan bahkan bisa berakibat sirosis hati atau kanker hati, ih mengerikan. Setelah itu, saya rutin melakukan kontrol dengan tes darah ke labor, dan alhamdulillah benar-benar sembuh.

Untuk itu saya menyarankan kepada teman-teman, jika memiliki pekarangan yang cukup, agar disisipkan juga tanaman yang satu ini sebagai tanaman obat bagi keluarga.

temulawak kering
Contoh Temulawak Kering
UpDate 01 Mei 2016

Khasiat lain dari temulawak adalah :


1. Sebagai Antibakteri

Anda pernah mendapati anggota keluarga yang menderita sakit perut? sakit perut biasanya disebabkan oleh bakteri yang bernama Escherichia coliatau yang lebih dikenal dengan nama E. Coli dan Shigella dysentriae. Nah, salah satu herbal yang mujarab untuk mengatasi E. Coli dan Shigella dysentriaeini adalah rimpang temulawak.

2. Obat Diabetes Mellitus

Pada blog ini ada beberapa artikel yang mengulas mengenai herbal untuk diabetes. Ternyata temulawak juga ampuh untuk mengobati penyakit yang sekarang menjadi momok ini.
Baca:
1. Kapulaga Untuk Mengobati Diabetes
2. Herbal alternatif mengobati diabetes

3. Obat Tumor

Temulawak berkerja untuk memperbaiki sistem imunitas tubuh. Dengan kekebalan tubuh yang baik, maka tubuh dapat bekerja untuk memulihkan diri serta melawan sel-sel yang jahat (tumor/ kanker).

4. Obat Penyakit Tifus

Pada blog ini juga sudah saya tulis herbal untuk mengobati penyakit Tifus, yaitu bunga rosella.
(Silahkan baca artikelnya : obat herbal untuk penyakit tifus) .
Selain rosella, temulawak juga ampuh untuk mengobati penyakit tifus. Ekstrak temulawak mampu melawan dan menghancurkan bakteri Salmonella typhi penyebab penyakit tifus.

5. Sebagai antioksidan

Antioksidan sangat berguna bagi tubuh dalam melawan atau menghilangkan zat-zat yang tidak baik untuk kesehatan (radikalbebas) serta dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit. Radikalbebas ini tidak bisa kita hindari, seperti penggunaan pestisida dan pupuk kimia pada tanaman serta asap kendaraan bermotor.

6. Untuk mengatasi kolesterol tinggi.

Kolesterol yang tinggi dalam darah dapat memicu munculnya berbagai penyakit seperti hipertensi, jantung dan stroke. Berdasarkan jenisnya, kolesterol dikelompokkan menjadi dua, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). LDL adalah singkatan Lipoprotein Densitas Rendah yang dapat mengakibatkan penyumbatan pembuluh darah apabila LDL dalam darah berkadar cukup tinggi.

7. Untuk Kecantikan.

Tidak hanya untuk dikonsumsi sebagai jamu, ternyata sekarang temulawak juga sudah dimanfaatkan sebagai alat kecantikan. Di pasaran, Temulawak sudah diolah menjadi bedak dan cream temulawak yang dipercaya dapat mempercantik kulit wajah, meregenerasi sel kulit, memutihkan wajah sehingga wajah nampak segar dan awet muda.

Demikian luar biasanya rimpang temulawak ini, jadi jangan malas untuk mengkonsumsinya.

Demikian semoga bermanfaat pengalaman pribadi ini tentang khasiat Temulawak.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Penyakit Hepatitis"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel