Herbal Alternatif Pengobatan Diabetes

 Apa Penyakit Diabetes Itu?


Penyakit Diabetes atau kencing manis merupakan momok bagi manusia modern. Penyakit ini bisa disebabkan oleh Faktor Keturunan ataupun Faktor Pola Hidup yang tidak tepat. Penyakit Diabetes karena faktor gaya hidup biasanya akan diikuti oleh penyakit lain seperti asam urat dan hipertensi (darah tinggi).

Gejala penyakit diabetes biasanya adalah penderita mudah lelah, selalu merasa haus, selalu ingin buang air kecil sering merasa lapar walaupun sudah makan banyak. Seseorang dikatakan menderita diabetes adalah jika kadar gula darahnya di atas 130mg/dl disaat puasa dan di atas 140 mg/dl dua jam setelah makan.

Berbeda dengan standar lima tahun yang lalu yang menyebutkan bahwa seseorang dikatakan menderita diabetes apabila kadar gula darah di atas 140mg/dl saat puasa dan di atas 200mg/dl dua jam setelah makan.

Bagi pembaca yang sudah berusaha berobat secara kimiawi namun belum menunjukkan hasil yang baik, tidak ada salahnya untuk mencoba metode pengobatan alternatif melalui herbal. Ya, herbal atau tumbuh-tumbuhan yang ada disekitar kita yang mungkin selama ini tidak kita sadari keberadaannya. Diantara herbal itu adalah Daun Belimbing Wuluh dan Tanaman Kersen.
(khasiat Belimbing Wuluh sudah saya tulis di blog ini, silahkan baca "Khasiat Belimbing Wuluh")

Baiklah, mari kita ulas sedikit kedua herbal tersebut.

A. Belimbing Wuluh.


Seperti biasa, pengobatan dengan menggunakan daun belimbing wuluh adalah dengan cara menyeduhnya dengan air panas. Rendam daun belimbing wuluh segar dalam air panas sekitar 250 ml, diamkan beberapa saat, minum dua kali sehari pagi dan malam sebelum tidur sebanyak satu gelas sekali minum. Jangan lupa untuk rutin berolahraga, pilih olah raga yang ringan-ringan saja, seperti jalan kaki di pagi atau sore hari.

Selain mengatasi diabetes, daun belimbing wuluh juga berkhasiat untuk mengatasi gangguan pernafasan seperti batuk dan asma. Untuk dua penyakit ini, caranya adalah dengan merebus daun belimbing wuluh segar (cari yang masih agak muda) dicampur dengan bunga belimbing tersebut. Rebus dengan air sekitar 3 gelas sampai tersisa 2 gelas, minum dua kali sehari.

B. Buah Kersen


Tanaman kersen yang bernama latin Muntingia calabura biasa ditanam di pekarangan rumah sebagai pohon peneduh. Bila datang musim berbuah, maka tanaman ini akan mengundang burung-burung untuk datang menikmati buahnya. Masyarakat kami (Jambi) biasa menyebutnya sebagai buah seri. Buah ini memiliki rasa manis dan disukai oleh anak-anak. Ternyata selain manis, buah ini juga mengandung gizi yang patut untuk diperhitungkan.

Buah kersen mengandung 2,1 gram protein, 17,9 gram karbohidrat, 6 gram serat, 125 mg kalsium, 94 mg fosfor, 0,554 gram niasin, 0,015 gram vitamin A dan 80,5 mg vitamin C (sebagai perbandingan, mangga hanya mengandung 30 mg vitamin c dan 15 mg kalsium).

Selain kandungan gizi seperti yang disebutkan diatas, ternyata buah kersen (buah seri) berkhasiat untuk menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes mellitus. Untuk mendapatkan khasiat dari buah kersen ini adalah dengan cara dibuat jus tanpa menambahkan air (100% murni buah kersen).

kersen
Senyawa yang paling berperan dari buah kersen dalam mengatasi diabetes adalah kandungan niasin. Niasin berfungsi untuk menekan gula darah. Selain Niasin, buah kersen mengandung asam askorbat dan betakaroten. Dua senyawa ini bersifat antioksidan yang mampu menghambat radikal bebas sehingga berguna untuk menyehatkan tubuh terutama pankreas.

Selain buahnya, daun kersen juga memiliki khasiat yang sama dalam mengatasi diabetes. Saudara bisa memanfaatkannya dengan cara menyeduh daun kersen segar dengan air panas. Minum seperti layaknya kita meminum teh.

Yang jelas, jangan pernah putus asa dalam berobat. manfaatkanlah tanaman yang ada disekitar kita sebagai pengobatan alternatif, dan pengobatan secara herbal walaupun dalam jangka panjang, jauh lebih aman bila dibandingkan dengan pengobatan secara kimiawi.

Baca juga artikel terkait : Obati Penyakit Diabetes dengan kulit Semangka
Demikian tulisan singkat ini semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Herbal Alternatif Pengobatan Diabetes"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel