Khasiat Kunyit Untuk Penyembuhan Penyakit

Siapa yang tidak mengenal Kunyit...? Semua orang mengenal tumbuhan yang satu ini, karena selalu menjadi bumbu dalam masakan, seperti memasak ikan atau daging. Namun pernahkah kita mengetahui bahwa kunyit itu memiliki khasiat dalam pengobatan penyakit? saya rasa hampir semua orang juga sudah mengetahuinya...

Lalu apa perlunya menulis ini....? hehe tentu saja sebagai penambah referensi kita dalam hal pengobatan tradisional atau herbal. Artikel ini sedikit mengulas khasiat atau manfaat kunyit termasuk juga khasiat daun kunyit.
kunir

Masyarakat di berbagai negara memanfaatkan tanaman kunyit sebagai obat untuk mengobati penyakit. Secara tidak langsung, masyarakat mengenal kunyit sebagai tanaman yang memiliki efek untuk membersihkan rahim.

Sebagai contoh, masyarakat jawa mengenal jamu kunyit asam untuk mengatasi nyeri haid dan memperlancar menstruasi, bahkan sebagai jamu pokok untuk wanita sehabis melahirkan.

Di dalam kitab pengobatan India kuno, Ayurveda juga tercatat pemanfaatan Curcuma longa sejak ribuan tahun silam, seperti pengobatan gangguan hati, luka akibat diabetes dan rematik. kunyit juga merupakan salah satu rempah utama dalam masakan India.

Dalam ilmu pengobatan Tiongkok juga mengenal kunyit untuk memperlancar haid, mengobati luka bengkak, tumor serta pembengkakan di perut.
Baca: Mengenal Penyakit Maag

Bukan hanya dalam pengobatan tradisional saja yang mengenal khasiat kunyit. pengobatan modern juga mengenal khasiat tanaman ini dan sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan/ senyawa dalam rimpang kunyit. Kita mengenal sekarang sudah ada beragam obat yang dikemas secara modern berbahan dasar kunyit.

Kandungan utama kunyit yang berkhasiat dalam pengobatan adalah senyawa kurkumin yang memberikan warna kuning.

Para peneliti di India, Tiongkok dan Inggris melakukan uji praklinis dan uji klinis, mereka membuktikan bahwa kurkumin berkhasiat untuk mencegah dan membantu penyembuhan penyakit kanker p4yudara, kanker ovarium, kanker prostat, leukimia, kanker paru-paru dan kanker prankreas.

Berdasarkan berbagai penelitian juga ditemukan bahwa kurkumin juga berkhasiat sebagai analgesik atau pengurang rasa nyeri.

Berdasarkan pemaparan diatas dapat kita ketahui berbagai khasiat tanaman kunyit, sehingga tidak mengherankan jika orang-orang zaman dahulu sudah memanfaatkannya sebagai obat. Namun perlu diwaspadai, karena kunyit dapat menstimulasi rahim, maka kunyit tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Selain rimpangnya, daun kunyit juga memiliki khasiat sebagai obat kembung pada bayi, caranya daun kunyit diambil (ambil bagian yang masih muda) dan dipanaskan sebentar di dekat api, lalu ditempelkan ke perut bayi.

Demikian semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Khasiat Kunyit Untuk Penyembuhan Penyakit"

  1. Sip Bos, memang kunyit sangatlah banyak manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, terimakasih sudah sudi mampir di blog sederhana ini

      Delete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel