Apa Manfaat gula Aren bagi Kesehatan Tubuh?

Secara umum, gula aren banyak dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk berbagai olahan makanan yang membutuhkan rasa manis, seperti kolak, bubur, juga beberapa jenis es, seperti es campur, es cendol (dawet) bahkan dibutuhkan pada industri pembuatan kecap.

Gula aren berasal dari air nira pohon aren yang disadap oleh petani dengan cara-cara khusus. Air nira ini diambil dari tangkai bunga pohon aren, kemudian dimasak dalam waktu lama hingga mengental dan menjadi gula. Nama lain dari gula aren adalah gula enau ataupun gula merah. Selain pohon aren, pohon kelapa dan lontar juga bisa menghasilkan gula.

manfaat gula aren

Selain sebagai bahan campuran berbagai olahan makanan, gula aren yang memiliki rasa manis ini memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun sebelum kita berbicara mengenai khasiat dan manfaat gula aren, penting untuk diketahui apa kandungan gula aren.

Zat yang dikandung gula aren adalah :

a. Energi/ kalori
b. Protein
c. Lemak
d. Karbohidrat
e. Kalsium
f. Fosfor
g. Zat besi
h. Vitamin (A, B1, B2, B3, B6, B12 dan C)

Memperhatikan kandungan nutrisi yang begitu lengkap, maka tidak diragukan lagi apabila gula aren sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Beberapa khasiat dari gula aren ini diantaranya adalah :

1. Mencegah dan Mengobati Anemia.

Penyakit anemia dikenal juga dengan sebutan penyakit kurang darah atau darah rendah yang diakibatkan oleh kekurangan zat besi. Gejala anemia ini umumnya dikenal dari tanda-tandanya, seperti :

a. Tubuh terasa lesu dan lemah;
b. Daya tahan tubuh berkurang sehingga mudah terserang penyakit seperti flu;
c. Kepala terasa pusing;
d. Pandangan mata berkunang-kunang terutama ketika baru bangkit dari duduk, pandangan terasa gelap;
e. Mudah lelah dan tidak semangat dalam beraktivitas.

Gula aren mengandung zat besi yang cukup tinggi, sehingga baik digunakan untuk mencegah ataupun mengobati anemia. Gantilah gula yang biasa dipakai dengan gula aren, atau bisa juga gula aren itu dimakan langsung layaknya cemilan.

2. Memperlancar peredaran darah;
3. Meningkatkan stamina tubuh;
4. Antioksidan
5. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes sebagai pengganti gula tebu;
6. Mencegah dan mengobati hepatitis;
7. Mengobati sariawan;
8. Membantu mengatasi gejala penyakit maag;
9. Menjaga kadar kolesterol dalam darah,

Gula aren mengandung zat niacin. Niacin berguna untuk menjaga kadar kolesterol dalam darah. Diketahui bahwa, jika kadar kolesterol darah terlalu tinggi, dapat mengakibatkan berbagai penyakit seperti hipertensi, jantung, stroke dan sebagainya.

10. Menghilangkan rasa capek setelah beraktivitas;

Demikian beberapa manfaat yang akan didapatkan apabila mengkonsumsi gula aren. Yang jelas, gula aren tidak menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah sehingga aman untuk penderita kencing manis atau diabetes, namun tentu saja dikonsumsi dalam takaran yang sewajarnya (tidak berlebihan).
Baca juga : Khasiat buah kolang kaling untuk kesehatan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Apa Manfaat gula Aren bagi Kesehatan Tubuh?"

  1. IT услуги, обслуживание офиса, компьютерных сетей ✓ Комплексный подход, выгодные цены, гарантия качества ☎ (044) 536-25-40, (098) 996-25-40

    ReplyDelete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel