Konsumsi Buah Ini Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat

Dalam beberapa artikel sebelumnya saya sudah memposting beberapa herbal untuk mengobati atau mengatasi penyakit Hipertensi atau tekanan darah tinggi. Beberapa herbal itu diantaranya adalah : Daun Sukun, Belimbing Wuluh, Minyak Zaitun, Ketan Hitam, Asam Kandis dan buah pisang. Pada artikel ini kembali saya akan menampilkan buah-buahan yang dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dapat menyerang siapa saja, tidak perduli tua ataupun muda, bertubuh gemuk ataupun kurus. Hal ini bisa terjadi dikarenakan beberapa sebab, seperti pola makanan yang tidak seimbang, seperti suka makan yang asin, berlemak, ataupun faktor pikiran seperti sering stres.

buah
Diantara cara pencegahan yang sering disarankan untuk mencegah tekanan darah tinggi adalah dengan mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi dan garam. Sebaliknya, perbanyak konsumsi makanan seperti buah-buahan yang rendah natrium dan kaya akan mineral baik, seperti kalium, kalsium, magnesium yang secara alami dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Buah-buahan berikut dapat disandingkan penggunaannya bersamaan dengan obat penurun tekanan darah tinggi dari dokter, namun sebaiknya dikonsultasikan terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya.

Buah-Buahan Penurun Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat.

1. Buah Semangka

Buah semangka mengandung banyak air yang memberikan efek menyegarkan bagi tubuh. Buah semangka mengandung L-Citrulline yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Zat L-Citrulline membantu kelenturan pembuluh darah sehingga membantu kelancaran peredaraan darah.
Baca: Obati Diabetes dengan Kulit Semangka

2. Buah Alpukat

Buah alpukat mengandung kalsium, magnesium dan kalium. Buah alpukat kaya akan mineral dan lemak tak jenuh tunggal yang sangat bagus untuk kesehatan jantung dan berefek menurunkan tekanan darah tinggi.

3. Buah Pisang

Buah pisang mengandung kalsium, kalium dan magnesium. Zat-zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas sehari-hari. Kalium yang terdapat pada buah pisang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Mengenai khasiat dan manfaat buah pisang sudah saya tulis secara khusus pada blog ini.
Baca : Manfaat Luar Biasa dari Mengkonsumsi Pisang

4. Buah Melon

Melon kaya akan vitamin seperti vitamin A, vitamin C, thiamin dan kalium. Selain itu, melon juga kaya akan magnesium, asam folat dan vitamin B6 yang sangat baik untuk tubuh. Sehingga dari zat-zat yang dikandungnya itu, buah melon sebagaimana semangka sangat baik dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Buah Timun

Buah timun atau mentimun atau ketimun sejak lama dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Sebab sebagaimana pada buah semangka dan melon, pada buah timun terkandung zat magnesium dan kalium yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

6. Buah Jeruk

Jeruk terkenal karena kaya kandungan vitamin C. Selain itu jeruk kaya akan kalium dan minus natrium sehingga sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

7. Jambu Biji

Jambu biji juga kaya kandungan kalium. Selain itu, jambu biji juga kaya vitamin seperti vitamin C dan vitamin A yang sangat baik untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh. Jambu biji juga sering disarankan dikonsumsi untuk menaikkan kadar trombosit dalam darah bagi penderita demam berdarah.

8. Buah Blueberry

Buah blueberry mengandung antioksidan yang tinggi dan bermanfaat untuk mengatasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

9. Buah Kiwi

Kiwi mengandung kalsium, magnesium dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Selain kalium, buah kiwi juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi bahkan melebihi kandungan vitamin C pada buah jeruk.

Jadi, usahakan untuk mengkonsumsi buah kiwi setiap hari untuk menjaga kesehatan tubuh dan menormalkan tekanan darah.

10. Buah Aprikot

Buah aprikot kaya akan vitamin A, C, kalium, kalsium, beta karoten, kalori, karbohidrat, protein, gula, serat, dan juga lemak alami yang menyehatkan. Selain itu, buah aprikot juga kaya kandungan magnesium dan fosfor.

Selain sebagai antioksidan, buah aprikot berguna untuk mengatasi tekanan darah tinggi karena kandungan kaliumnya cukup tinggi.

11. Buah Anggur

Anggur dipercaya dapat membantu memperlancar peredaran darah. Buah anggur mengandung Bioflavonoid dan dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan juga menurunkan kadar kolesterol.
Selain bioflavonoid, anggur juga kaya akan kalium yang sangat baik untuk tubuh serta menekan darah tinggi.
Baca Juga:
1. Minyak Zaitun adalah Minyak Ajaib
2. Khasiat Buah Asam Kandis
3. Khasiat Buah Kolang Kaling
Itulah beberapa buah-buahan yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Namun tentu saja mengkonsumsi buah-buahan tersebut harus juga diimbangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Kurangi makanan yang mengandung garam seperti ikan asin dan menu yang terlalu asin serta kurangi konsumsi makanan yang tinggi lemak seperti daging dan gorengan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Konsumsi Buah Ini Untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dengan Cepat"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel