Minyak Zaitun adalah Minyak Ajaib

Judul diatas mungkin terkesan berlebih-lebihan. Sebenarnya tidak juga, saya memilih judul "minyak zaitun adalah minyak ajaib" karena memang demikianlah adanya dengan minyak ini. Minyak zaitun memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh.

Sebelum lebih jauh bercerita tentang minyak zaitun, saya akan mengutip hadits Nabi Muhammad Saw yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi dalam kitab Sunan-nya, diriwayatkan dari Umar Bin Khottob. ra, bahwa Rasululah Saw bersabda :

"Makanlah minyak zaitun (sebagai lauk bersama roti) dan berminyaklah dengannya, sesungguhnya ia berasal dari pohon yang diberkahi".

minyak zaitun

Tanaman Zaitun adalah berupa pohon atau lebih tepatnya belukar yang selalu hijau. Tanaman ini mampu bertahan dalam suhu kering dan kekurangan air dalam jangka waktu yang lama. Pohon zaitun juga merupakan tanaman yang berumur panjang, bahkan bisa mencapai umur seribu tahun. Tumbuhan ini banyak tumbuh di sekitar kawasan lembah laut tengah dan sekarang sudah tersebar di berbagai negara, seperti Asia dan Afrika.

Pada zaman dahulu, minyak yang dihasilkan dari buah zaitun (biasa disebut minyak zaitun) digunakan sebagai lauk dan juga minyak lampu. Riset membuktikan bahwa kandungan asam lemak minyak zaitun sangat sedikit, bahkan lemak yang dikandungnya bukanlah minyak yang mengenyangkan.

Oleh karena itu, minyak ini mengandung manfaat untuk kesehatan karena sifat sterilnya dari zat-zat yang dapat menyebabkan pembekuan, pengerasan, penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah.

Melalui beragam penelitian ditemukan bahwa mengkonsumsi minyak zaitun dengan teratur memberikan khasiat untuk mencegah beragam penyakit, diantaranya penyumbatan pembuluh darah koroner (jantung koroner), peningkatan kadar lemak berbahaya dalam darah, tekanan darah tinggi, kencing batu, dan beberapa kanker, seperti kanker perut, kanker kolon, kanker payudar4, kanker rah!m dan kenker kulit serta juga dapat dimanfaatkan untuk mencegah pembusukan sistem pencernaan.
(Silahkan baca juga artikel "Apa Khasiat Minyak Zaitun ?" di blog ini).
Tubuh manusia sebenarnya mengandung lemak dan lemak tubuh yang utama dalah kolesterol. Kolesterol adalah lemak yang berwarna putih yang terkonsentrasi di otak, tulang belakang dan liver. Lemak ini pada dasarnya diproduksi di hati, usus, dan kulit yang berperan sebagai perantara pada beberapa proses biologis tubuh. Salah satunya yang terpenting adalah untuk memproduksi vitamin E serta berbagai hormon.

Namun, mengkonsumsi berbagai macam daging berlemak secara berlebihan dapat mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dalam tubuh. Sebagian dari kolesterol ini nantinya akan merambat ke pembuluh darah sehingga menyebabkan penyumbatan, penyempitan dan pengerasan dinding saluran pembuluh darah kecil.

Dan disinilah peran dari minyak zaitun, yaitu mencegah terjadinya oksidasi kolesterol sebagai penyebab penyempitan pembuluh darah kecil tadi, sebab minyak zaitun mengandung vitamin E dan senyawa poliphenolyc Compounds serta kaya akan asam lemak (oleic acids). Oleh karena itu, mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Minyak zaitun juga telah banyak dimanfaatkan dalam produksi obat-obatan, sabun, minyak rambut dan cream.

Demikian secara singkat manfaat dan khasiat minyak ajaib yaitu minyak zaitun sebagaimana yang diucapkan oleh Nabi Muhammad Saw dalam hadits nya yang saya tulis di atas.

Pembaca juga bisa membaca artikel lainnya mengenai minyak zaitun dengan judul : "Manfaat Buah Tin dan Buah Zaitun".

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Minyak Zaitun adalah Minyak Ajaib"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel