Khasiat Daun Sukun untuk mengobati penyakit jantung

Sahabat yang berbahagia. Tahukah anda bahwa daun sukun yang selama ini kita abaikan ternyata memiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu penting untuk kita ketahui apa khasiat dan manfaat dari daun sukun.

Memang benar jika al-Qur'an mengatakan bahwa semua yang Allah ciptakan ini tidak ada yang sia-sia, bahkan benda yang kita anggap sampah sekalipun.

Jika kita melihat daun sukun yang sudah menguning dan jatuh sendiri dari pohon, maka kita akan berfikir bahwa daun kuning itu adalah sampah dan harus dibuang agar tidak mengotori pekarangan kita.

daun sukun

Tapi tahukah kita, bahwa daun kuning tersebut ternyata menyimpan khasiat yang sangat banyak bagi kesehatan manusia. Diantara penyakit yang dapat diatasi dengan daun sukun adalah penyakit jantung koroner.

Penyebab penyakit jantung koroner adalah endapan kolesterol pada pembuluh arteri koroner sehingga menyumbat aliran darah menuju jantung alias iskemik, akibatnya pasokan oksigen ke jantung berkurang dan kinerja otot jantung terganggu. Kondisi ini menimbulkan rasa nyeri di dada, dan juga rasa sakit di kepala karena jantung yang memompa darah ke otak terganggu.

Hingga saat ini penyakit jantung masih menjadi momok yang menakutkan. Oleh sebab itu tidak ada salahnya bagi penderita penyakit jantung untuk mencoba obat herbal yaitu mengkonsumsi rebusan daun sukun yang sudah tua dan jatuh dari pohon. Kita dapat membuat sendiri ramuan tersebut dengan merebus daun sukun yang sudah menguning dalam air lebih kurang 3 gelas sampai tersisa satu gelas, diminum pagi dan malam hari.

Khasiat daun sukun ini bukan hanya cerita yang beredar di masyarakat, malainkan telah melalui penelitian atau uji klinis. Menurut Tjandra Mozef, M.Sc, peneliti dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Ekstrak daun sukun ampuh melindungi jantung dari iskemia akut (berkurangnya aliran darah ke jantung) akibat tumpukan kolesterol.

Hal ini tidak mengherankan, sebab daun sukun mengandung senyawa flavonoid yang cukup tinggi yang berguna untuk mengeluarkan racun dalam tubuh (anti oksidan), melancarkan peredaran darah dan membantu meningkatkan kinerja sel dalam tubuh.

Jadi, jangan pernah putus asa dalam berobat, masih banyak sumber daya alam ini yang bisa kita manfaatkan untuk kesehatan.

semoga tulisan singkat ini bermanfaat bagi kita.
Pembaca mungkin juga tertarik membaca:
1. Khasiat Daun Kelor
2. Khasiat Ketan Hitam yang Jarang Diketahui
3. Khasiat Temulawak Untuk Hepatitis
4. Khasiat Kunyit Untuk Penyembuhan Penyakit

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Khasiat Daun Sukun untuk mengobati penyakit jantung"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel