Khasiat Ketan Hitam yang Jarang Diketahui

Ketan Hitam Untuk Mengatasi Kolesterol

Artikel ini akan sedikin mengupas mengenai khasiat atau manfaat dari ketan hitam bagi kesehatan. Mengkonsumsi ketan hitam itu ternyata membawa manfaat bagi tubuh. Anda penggemarnya?. Jika ya, maka silahkan baca lebih lanjut untuk mengetahui apa khasiat dari ketan hitam.

Ketan hitam biasa dibuat bubur yang dimakan bersama santan kelapa, atau bisa juga dibuat sebagai campuran es sebagai penghilang dahaga ketika sedang panas terik atau ketika berbuka puasa.

khasiat ketan hitam
Namun mungkin hanya sedikit yang mengetahui bahwa ketan hitam itu bukan hanya sekedar makanan sampingan atau pelengkap menu hidangan ketika berbuka puasa.

Berdasarkan beberapa riset, bahwa ketan hitam ternyata ampuh untuk menyingkirkan lemak jahat atau kolesterol. Kok bisa ?... Simak saja ulasannya.

Mungkin diantara kita ada yang pernah mengalami rasa pegal disekujur tubuh, nyeri punggung atau sakit kepala?. Hati-hatilah, itu bisa jadi merupakan pertanda kelebihan kolesterol atau lemak jahat.

Mengapa kolesterol disebut dengan lemak jahat?. Jawabnya adalah karena kolesterol ini menempel pada pembuluh darah sehingga menyebabkan penumpukan lemak dan dapat menyumbat pembuluh darah atau istilah lainnya aterosklerosis.

Penumpukan kolesterol pada pembuluh darah dapat menyebabkan pegal-pegal dan sakit kepala. Kelebihan lemak jahat ini juga akan menjadi penyebab munculnya penyakit hipertensi atau darah tinggi, jantung koroner dan atau stroke.

Berdasarkan riset Xiao Dong Xia dari Departemen Ilmu Gizi, Sekolah Kedokteran Universitas Sun Yat Sen, Tiongkok ditemukan bahwa ketan hitam mengandung antioksidan tinggi dan mampu mengurangi penumpukan lemak dalam pembuluh darah.

→ Baca juga ⮧
1. Khasiat Daun Sukun untuk Jantung
2. Khasiat Kunyit

So, tunggu apalagi, selain kita bisa mengkonsumsi ketan hitam yang lezat, ternyata juga kaya akan manfaat.

Kita bisa mengubah pola sarapan pagi dengan mengkonsumsi tepung beras/ ketan hitam yang sekarang sudah banyak dijual di toko atau swalayan. Tepung tersebut bisa dibuat bubur, atau jika mau dapat kita encerkan sehingga bisa kita minum dengan cara satu atau dua sendok tepung ketan hitam diseduh dengan segelas air panas, konsumsi dua kali sehari pagi atau sore layaknya minum kopi.

Selain itu, untuk mengatasi kolesterol ini, kita juga harus mengurangi konsumsi makanan berlemak tinggi, seperti daging atau jeroan. Lakukan olahraga secara rutin seperti jalan pagi, senam, bersepeda dan lain sebagainya.

Ayo lakukan pola hidup sehat. Semoga bermanfaat....

Baca juga ⮧
1. Khasiat Temulawak
2. Apa Khasiat Daun Kelor?
3. Mewaspadai Virus Flu Babi

Posting Komentar untuk "Khasiat Ketan Hitam yang Jarang Diketahui"