Khasiat Buah Asam Kandis untuk kesehatan

Sahabat yang berbahagia. Apa khasiat asam kandis untuk kesehatan.

Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, terutama dalam res3p masakan padang, ternyata buah asam kandis juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Asam Kandis memiliki nama latin Garcinia xanthochymus dan memiliki bentuk pohon yang hampir mirip dengan batang pohon manggis.

kandis

Khasiat buah asam kandis diantaranya untuk mencegah penyakit stroke, infeksi saluran kemih, hingga radang selaput otak.

Orang tua saya pernah bercerita bahwa, jika hewan seperti babi hutan, ketika mereka merasa telah memakan racun yang sengaja dipasang oleh petani, maka babi hutan akan segera mencari pohon asam kandis kemudian mereka memakan kulit pohon tersebut sebagai penangkal racun.

Ternyata perilaku hewan bisa kita manfaatkan untuk mengetahui mengenai keberadaan pohon di dalam hutan, seperti mengetahui apakah buah dalam hutan beracun atau tidak, atau juga untuk mengetahui apakah cendawan/ jamur itu aman dikonsumsi atau tidak dengan melihat apakah buah atau cendawan itu dimakan hewan atau tidak, jika dimakan hewan berarti aman dikonsumsi.

...........Kita kembali ke khasiat buah asam kandis..........

Para peneliti menyebutkan bahwa buah kandis mengandung senyawa rubraxanthone dan isocowanol yang bersifat antiplatelet yang mampu mencegah penyempitan pembuluh darah akibat menumpuknya keping darah atau trombosit biang keladi penyakit generatif seperti stroke.

Daun asam kandis berkhasiat sebagai anti bakteri. Daun asam kandis mengandung senyawa parvifoliquinone, parvifoliols B, C, E, garcidepsidone B, nigrolineaisoflavone A dan mangostinone yang ampuh melawan Staphylococcus aureus (bakteri penyebab radang paru-paru, meningitis atau radang selaput otak, osteomielitis atau infeksi tulang dan infeksi saluran kemih).

Akar, kulit batang dan daun serta buah kerabat manggis ini juga bermanfaat anti malaria, anti oksidan serta bersifat sitotostik terhadap bakteri.

Demikian beberapa khasiat dari buah yang kerap kita pandang hanya sebagai pelengkap masakan ini. semoga bermanfaat.

Baca juga : Khasiat Ketan Hitam

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Khasiat Buah Asam Kandis untuk kesehatan"

  1. wahh ternyata Buah Asam Kandis itu banyak manfaatnya yaahh .. dan jujur saya baru tahu loohh ada buah yang namanya Buah Asam Kandis :v salam kenal yahh gan dari cinta teknologi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Ainnul Yaqin, terimakasih kunjungannya, salam kenal juga. iya mas, ternyata apa yang ada di alam ini memiliki manfaat yang luar biasa bagi kita, apalagi sekarang masyarakat kita sudah banyak yang berobat dengan pengobatan herbal

      Delete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel