Obati Penyakit Diabetes Mellitus dengan Kulit Semangka

Jangan Buang Kulit Semangka, Kenali Manfaatnya Untuk Kesehatan

Buah semangka adalah buah yang banyak penggemarnya, mengandung banyak air dan sangat menyegarkan terutama ketika cuaca sedang panas terik. Di dalam 100 gr buah semangka, terkandung berbagai macam nutrisi dan kalori (30 kalori).

Nutrisi yang terdapat dalam buah semangka di antaranya adalah: Karbohidrat, serat, protein, magnesium, kalium, kalsium dan berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, dan vitamin C.

semangka

Menariknya, manfaat dari buah semangka tidak hanya di dapat dari daging buahnya saja, melainkan juga dari kulit buahnya.

Mari kita mengenal manfaat atau khasiat dari buah semangka terutama mengenai manfaat kulit semangka untuk mengobati penyakit diabetes.

Sahabat yang berbahagia.

Ketika mengetik judul diatas (buah semangka), saya jadi teringat ketika zaman susah dulu (sewaktu kecil) di mana perekonomian keluarga lagi morat marit karena ayah tidak memiliki penghasilan yang memadai. Ketika itu kami hanya makan buah-buahan jika diberi oleh orang lain dan memakan buah semangka hanya jika ada hajatan tetangga.

Dikarenakan kami jarang makan buah semangka itu, maka kami memakannya sampai kepada bagian putih dari semangka tersebut yang tentu saja tidak lagi terasa manis.

Namun siapa sangka jika ternyata kulit semangka tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan...pada bagian putih tersebut terdapat beragam senyawa aktif yang ampuh mengobati penyakit, seperti penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.

Penyakit Diabetes ini sekarang nampaknya merupakan suatu penyakit yang banyak menyerang orang-orang terutama yang memiliki riwayat keturunan diabetes.

Diabetes mellitus merupakan penyakit dengan indikasi peningkatan kadar gula darah akibat gangguan metabolisme tubuh. Pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh.

Akibatnya, kadar gula darah meningkat karena tubuh tidak dapat melepaskan insulin yang berperan mempertahankan kadar gula darah dalam keadaan normal. Itulah sebabnya penderita diabetes mellitus membutuhkan suntik insulin oleh dokter.

Seseorang dikatakan positif menderita Diabetes mellitus jika kadar gula darah lebih dari 200 mg/dl pada 2 jam setelah makan. Penyakit ini menempati peringkat ke-6 penyakit tidak menular penyebab kematian (data 2007).

Kembali ke pokok persoalan, bagaimana duduk perkaranya sehingga dikatakan bahwa kulit semangka bisa mengatasi penyakit Diabetes mellitus...?!

Seorang Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang bernama Sugiyanta mengatakan bahwa pada kulit semangka mengandung Citrulline penghasil Nitrit Oksida. Nitrit Oksida ini mampu menurunkan kadar gula darah.

Dijelaskan pula bahwa, Citrulline berguna dalam sistem Nitrit oksida manusia yang berpotensi sebaagai anti oksidan dan vasodilatasi atau melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Sampai di situ sekilas mengenai kandungan kulit semangka yang suka saya makan ketika kecil dulu,, hehe...

Ah kepanjangan mukaddimah nya, sekarang yang penting adalah bagaimana supaya bermanfaat bagi kesehatan....?

Nah ini dia puncak dari tulisan ini,,

Seorang Penderita Diabetes Mellitus untuk sementara sebaiknya menahan selera dulu untuk mengkonsumsi daging buah semangka, untuk sementara makanlah bagian putihnya saja dengan membuang bagian terluaar dari kulit semangka tersebut.

Jika kondisi pasien dalam keadaan kronis (ditandai dengan luka yang sukar mengering) maka perlu ditambahkan herbal lain sebagai penguat, diantaranya adalah sirih merah dan kulit manggis.

Sirih merah berfungsi sebagai anti biotik alami dan mengeringkan luka, sedangkan kulit manggis berfungsi sebagai anti diabetes.

Iya iya, tapi bagaimana cara membuatnya...?

Sabar dulu dong,,hehe

Caranya, rebus 1 atau 2 lembar daun sirih merah segar dan potongan kulit manggis dalam 1 gelas air. Gunakan air rebusan tersebut untuk memblender kulit semangka, rutin diminum setiap hari, namun jika kondisi sudah membaik, maka dikurangi menjadi 3 hari sekali.

Cara lain untuk mendapatkan manfaat dari kulit semangka selain dengan cara membuat jus adalah dengan mengolah kulit semangka (bagian putihnya) itu menjadi acar. Silahkan kreasikan sesuai selera, namun ingat, bagi penderita diabetes, hindari gula dalam mengolah kulit buah semangka.

Sekian semoga bermanfaat bagi pembaca.

⇛ Baca juga: Khasiat Temulawak Untuk Mengobati Hepatitis

Posting Komentar untuk "Obati Penyakit Diabetes Mellitus dengan Kulit Semangka"