Obati Penyakit Diabetes Mellitus dengan Kulit Semangka

Mari kita mengenal manfaat atau khasiat dari buah semangka terutama mengenai manfaat kulit semangka untuk mengobati penyakit diabetes.

Sahabat yang berbahagia....

Ketika mengetik judul diatas (buah semangka), saya jadi teringat ketika zaman susah dulu (sewaktu kecil) dimana perekonomian keluarga lagi morat marit karena ayah tidak memiliki penghasilan yang memadai. ketika itu kami hanya makan buah-buahan jika diberi oleh orang lain dan memakan buah semangka hanya jika ada hajatan tetangga.

Dikarenakan kami jarang makan buah semangka itu, maka kami memakannya sampai kepada bagian putih dari semangka tersebut yang tentu saja tidak lagi terasa manis.

semangka

Namun siapa sangka jika ternyata kulit semangka tersebut memiliki khasiat bagi kesehatan...pada bagian putih tersebut terdapat beragam senyawa aktif yang ampuh mengobati penyakit, seperti penyakit kencing manis atau diabetes mellitus.

Penyakit Diabetes ini sekarang nampaknya merupakan suatu penyakit yang banyak menyerang orang-orang terutama yang memiliki riwayat keturunan diabetes.

Diabetes mellitus merupakan penyakit dengan indikasi peningkatan kadar gula darah akibat gangguan metabolisme tubuh. Pankreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai yang dibutuhkan oleh tubuh, akibatnya, kadar gula darah meningkat karena tubuh tidak dapat melepaskan insulin yang berperan mempertahankan kadar gula darah dalam keadaan normal. Itulah sebabnya penderita diabetes mellitus membutuhkan suntik insulin oleh dokter.

Seseorang dikatakan positif menderita Diabetes mellitus jika kadar gula darah lebih dari 200 mg/dl pada 2 jam setelah makan. Penyakit ini menempati peringkat ke-6 penyakit tidak menular penyebab kematian (data 2007).

Kembali ke pokok persoalan, bagaimana duduk perkaranya sehingga dikatakan bahwa kulit semangka bisa mengatasi penyakit Diabetes mellitus...?!

Seorang Peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga yang bernama Sugiyanta mengatakan bahwa pada kulit semangka mengandung Citrulline penghasil Nitrit Oksida. Nitrit Oksida ini mampu menurunkan kadar gula darah. dijelaskan pula bahwa, Citrulline berguna dalam sistem Nitrit oksida manusia yang berpotensi sebaagai anti oksidan dan vasodilatasi atau melebarkan pembuluh darah untuk meningkatkan aliran darah ke bagian tubuh yang membutuhkan.

Sampai disitu sekilas mengenai kandungan kulit semangka yang suka saya makan ketika kecil dulu,, hehe...

Ah kepanjangan mukaddimah nya, sekarang yang penting adalah bagaimana supaya bermanfaat bagi kesehatan....?

Nah ini dia puncak dari tulisan ini,,

Seorang Penderita Diabetes Mellitus untuk sementara sebaiknya menahan selera dulu untuk mengkonsumsi daging buah semangka, untuk sementara makanlah bagian putihnya saja dengan membuang bagian terluaar dari kulit semangka tersebut.

Jika kondisi pasien dalam keadaan kronis -ditandai dengan luka yang sukar mengering- maka perlu ditambahkan herbal lain sebagai penguat, diantaranya adalah sirih merah dan kulit manggis.

Sirih merah berfungsi sebagai anti biotik alami dan mengeringkan luka, sedangkan kulit manggis berfungsi sebagai anti diabetes.

Iya iya, tapi bagaimana caranya...?

Sabar dulu dong,,hehe

Caranya, rebus 1 atau 2 lembar daun sirih merah segar dan potongan kulit manggis dalam 1 gelas air. Gunakan air rebusan tersebut untuk memblender kulit semangka, ruitin diminum setiap hari, namun jika kondisi sudah membaik, maka dikurangi menjadi 3 hari sekali.

Sekian semoga bermanfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Obati Penyakit Diabetes Mellitus dengan Kulit Semangka"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel