Biografi Syekh al-Maraghi Pengarang Kitab Tafsir al-Maraghi

Syekh al-Maraghi merupakan seorang ulama yang mengarang kitab tafsir al-Qur'an. Kitab Tafsir beliau cukup terkenal di kalangan pelajar atau mahasiswa, termasuk di Indonesia. Ketika kuliah dahulu, kitab tafsir al-Maraghi ini termasuk kitab rujukan pada mata kuliah tafsir al-Qur'an pada fakultas Syari'ah IAIN. Pada artikel ini saya akan menulis biografi Syekh al-Maraghi ini.

Tokoh kita kali ini bernama lengkap Ahmad bin Musthafa al-Maraghi Biek. Lahir pada tahun 1300 H di Maraghi, sehingga nama beliau dinisbatkan kepada tempat kelahirannya ini. Beliau merupakan saudara kandung dari rektor Universitas al-Azhar, Kairo Mesir, yaitu Syekh Muhammad Musthafa al-Maraghi. Kakak beradik ini merupakan salah satu murid dari Syekh Muhammad Abduh, seorang reformis Islam yang terkenal.

al maraghi

Syekh al-Maraghi mengarang kitab Tafsir al-Qur'anul Karim atau lebih dikenal dengan nama Tafsir al-Maraghi yang ditulis mulai tahun 1352 H dan diterbitkan pertama pada tahun 1365 H. Beliau merupakan alumni Universitas Darul 'Ulum yang tamat pada tahun 1909 M.

Setelah tamat dari almamaternya tersebut, Syekh al-Maraghi menjadi dosen pda Fakultas Syari'ah Universitas Darul Ulum. Beliau dikenal sebagai dosen yang ahli dalam ilmu keagamaan, terutama bidang fiqh dan tafsir. Selain mengajar di Universitas Darul 'Ulum, beliau juga mengajar mata kuliah Bahasa Arab dan Syari'ah Islamiyah di Universitas Khurthum, Sudan.

Pada pendahuluan kitabnya ini, Syekh al-Maraghi menjelaskan alasannya menulis tafsir tersebut. Alasannya adalah karena banyaknya pertanyaan dari para muridnya tentang Tafsir al-Qur'an yang manakah yang mudah didapatkan dan paling mendatangkan manfaat dalam waktu singkat bagi pembacanya.

Mendapati pertanyaan seperti itu, Syek al-Maraghi terdiam dan bingun untuk menjawabnya. Sebab, menurut pertimbangan beliau, kitab-kitab tafsir yang telah ada memiliki manfaat bagi pembacanya, serta memuat berbagai keilmuan yang mendalam.

Namun, kitab-kitab tersebut juga penuh dengan istilah-istilah ilmu berupa balaghah, bayan, nahwu, sharf, fiqh, ushul fiqh dan juga tauhid sehingga terkadang itu menjada kendala tersendiri bagi pembacanya. Terkadang juga terdapat kisah-kisah batil, termasuk juga dalam hal penjelasan atau penafsiran dari segi keilmiahan kandungan ayat-ayat al-Qur'an yang pada saat penyusunan kitab tersebut tentu masih sangat terbatas dan akan sangat jauh berbeda bila dibandingkan dengan kajian ilmiah ilmu pengetahuan yang berkembang di zaman modern.

Berdasarkan pertanyaan dan pertimbangan itulah makanya Syekh al-Maraghi merasa perlu untuk menulis sebuah kitab tafsir yang dapat memenuhi kebutuhan ummat di zaman modern. Beliau berusaha menampilkan tafsirnya dengan bahasa yang mudah untuk difahami serta sesuai dengan kajian ilmiah modern yang berdasarkan pada penelitian atau eksperimen.

Dalam penulisan kitabnya ini, Syekh al-Maraghi tidak terlepas daripada merujuk kitab-kitab tafsir yang sudah ada, seperti Tafsir Jami' al-Bayan karya Imam at-Thabari. Beliau juga merujuk pada kitab tafsir al-Kasysyaf karya Zamakhsyari, kitab Anwar at-Tanzil karya al-Baidhawi, Kitab Ghara'ib al-Qur'an karya an-Naisaburi, Kitab Tafsir al-Qur'an al-'Azhim karya Imam Ibnu Katsir (lebih dikenal dengan nama kitab Tafsir Ibnu Katsir), kitab al-Bahru al-Muhith karya Abi Hayyan dan kitab Ruhul Ma'ani karya al-Alusi serta tafsir karya guru beliau Muhammad Abduh dan Rasyid Ridho, yaitu Tafsir al-Manar.
- Baca Biografi Imam Ibnu Katsir DI SINI
- Juga Biografi Imam at-Thabari DI SINI
Syekh al-Maraghi wafat pada tahun 1371 H/ 1952 m dalam usia 79 tahun. Beliau meninggalkan karya tulis yang terus dikaji dan menjadi rujukan sampai sekarang. Diantara karya beliau adalah :

1. al-Hasbah fil Islam
2. 'Ulumul Balaghah
3. al-Wajiz fi Ushulil Fiqh
4. Muqaddimah at-tafsir
5. Buhuts wa Ara fi Funun al-Balaghah
6. ad-Diyanah wal Akhlaq
7. Kitab yang sudah kita sebutkan diatas, yaitu Kitab Tafisr al-Qur'anul Karim yang lebih dikenal dengan nama Tafsir al-Maraghi.

Demikian secara singkat biografi ulama ahli tafsir pengarang kitab Tafsir al-Maraghi. Semoga Allah senantiasa merahmati beliau. Amiin

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Biografi Syekh al-Maraghi Pengarang Kitab Tafsir al-Maraghi"

  1. syukron.... artikelnya sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. @EMHA Terimakasih atas kunjungannya ke blog sederhana ini sob,, semoga bermanfaat

      Delete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel