Film Animasi Terbaik untuk Anak-anak

Film animasi terbaik untuk ditonton oleh anak-anak. Mengapa saya katakan terbaik? karena berdasarkan pengamatan saya (hehe tinggi amat bahasanya... "Pengamat") film-film ini sangat baik dan layak untuk ditonton oleh anak-anak, karena mengandung muatan pelajaran yang baik.

Memang tidak semua tayangan televisi itu aman bagi anak-anak. Sebab, semua yang mereka lihat dan mereka tonton akan sangat berpengaruh terhadap kepribadian mereka.

Apa saja film animasi tersebut?

Berikut akan saya urutkan dari peringkat 1 s/d 3 saja..
animasi

1. Film Adit & Sopo Jarwo


Film Adit & Sopo Jarwo ini merupakan film animasi karya anak bangsa (Indonesia) yang diproduksi oleh MD Animation dan mulai tayang pada 27 Januari 2014 serta ditayangkan di Stasiun TV swasta MNCTV. Awal melihat film ini, jangankan anak-anak, saya sendiri juga suka menontonnya.

Film Adit & Sopo Jarwo Sangat jelas dalam menggambarkan karakter tokohnya. Tokoh film animasi ini adalah Adit, yang digambarkan sebagai seorang anak yang patuh kepada orang tua dan cerdas. Ada Dennis, anak yang gemuk yang selalu menyertai petualangan Adit. Dennis digambarkan sebagai anak yang takut kepada Jarwo. Serta si kecil Adel yang cerewet dan senang bermain dengan Jarwo.

Lalu ada Ada si Jarwo yang memiliki karakter menonjol dalam film ini. Jarwo sebenarnya mewakili karakter yang rajin, namun memiliki sifat semua demi uang. Pekerjaan apapun yang ditawarkan kepadanya akan diterima asalkan menghasilkan uang tanpa memikirkan apakah dia mampu malaksanakannya atau tidak.

Ada si Sopo yang gendut. Sopo ditampilkan dengan karakter penurut apapun yang diperintahkan si "Bosnya" Jarwo. Tokoh yang juga selalu tampil adalah Pak Haji selaku ketua RT. Pak Haji menampilkan karakter sebagai orang tua yang bijaksana. Biasanya sangat bisa ditebak, jika pak haji sudah muncul maka film akan segera habis.

Itulah sekilas mengenai film animasi Adit dan Sopo Jarwo yang menurut saya sangat baik dan aman untuk ditonton oleh anak-anak.

2. Film Upin dan Ipin


Ini juga merupakan film animasi yang aman dan baik untuk ditonton anak-anak. Film ini diproduksi oleh Les' Copaque di negeri jiran Malaysia dan mulai tayang pada 14 September 2007 disiarkan oleh TV 9 Malaysia.

Tidak hanya di Malaysia, di Indonesia film ini juga cukup populer dan disenangi oleh anak-anak dan disiarkan oleh Stasiun MNCTV.
karena film ini cukup populer, maka film animasi Upin dan Ipin tercatat dalam Malaysia Book of Records pada tahun 2011.

Film Upin & Ipin merupakan ide dari Mohd. Nizam Abdul Razak, Mohd. Safwan Abdul Karim, dan Usamah Zaid, yang merupakan pemilik Les' Copaque. Ketiganya adalah alumni Multimedia University Malaysia yang bersama-sama Haji Burhanuddin Radzi dan istrinya H. Ainon Ariff pada tahun 2005 mendirikan Les' Copaque.

Sekilas dapat saya gambarkan mengapa saya katakan film ini baik dan aman bagi anak-anak. Bagi yang suka menonton film animasi ini akan menemukan karakter anak cerdas pada diri Upin & Ipin, si kembar yang tinggal bersama neneknya (Opah) dan kak Ros. Si kembar ini merupakan anak yang penurut.

Lalu ada Opah yang digambarkan sebagai sosok orang tua yang bijaksana dan sangat menyayangi cucunya (Upin & Ipin serta kak Ros). Juga ada Atuk Dalang, yang menyukai anak-anak, suka membuatkan mainan untuk anak-anak seperti layang-layang dan lain sebagainya. Serta tokoh-tokoh lain yang ditampilkan dalam film animasi ini tidak memberikan pengaruh karakter buruk bagi anak-anak yang menontonnya.

3. Film Animasi Pada Zaman Dahulu


Film ini juga diproduksi oleh Les' Copaque dan awalnya ditayang di stasiun TV AlHijrah.
Tidak banyak tokoh yang ditampilkan dalam film animasi ini sebab bentuknya adalah cerita atau dongeng dari sang kakek (Aki) kep[ada dua orang cucunya Aris dan Ara yang awalnya tinggal di Kota, namun karena kedua orang tuanya akan pergi ke luar negeri, kedua kakak beradik ini diantarkan ke kampung tempat akinya tinggal.

Jika menonton film animasi ini, saya sering teringat bagaimana dongeng yang disampaikan oleh nenek saya ketika saya kecil dahulu. Ceritanya sama persis, ini dikarenakan kita masih satu rumpun dengan Malaysia, yaitu rumpun Melayu.

Demikian Film Animasi yang menurut saya baik dan aman untuk ditonton oleh anak-anak. Hanya 3 ini yang bisa saya sampaikan mengingat untuk film animasi lainnya menurut saya kurang cocok atau kurang aman apabila ditonton oleh putra putri kita, sebab tokoh-tokoh yang ditampilkan biasanya berkutat pada monster jahat dan pahlawan kebaikan serta sedikit nilai-nilai nasehatnya apabila dibandingkan dengan film-film yang saya sebutkan di atas.

Semoga bermanfaat.
Baca juga:
1. Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan
2. Tips Menanamkan Karakter Kepada Anak

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Film Animasi Terbaik untuk Anak-anak"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel