Tips menanamkan karakter kepada anak

Mempunyai anak adalah mudah, tetapi bagaimana menjadi orang tua yang baik adalah sulit.

Ungkapan singkat diatas mengandung makna yang mendalam, bahwa seorang anak akan memiliki perilaku yang berbeda dengan apa yang harapkan oleh orang tuanya. Tugas orang tualah untuk mendidik anak agar menjadi manusia yang berkarakter baik.

Berikut Tips yang dapat kita terapkan untuk membantu anak menumbuh-kembangkan karakter yang baik :

children

1. Tempatkan tugas dan kewajiban orang tua sebagai agenda nomor satu.

Orang tua yang baik akan secara sadar merencanakan dan memberikan waktu yang cukup untuk tugas sebagai orang tua. mereka harus menempatkan agenda Pendidikan karakter/ Moral anak pada prioritas yang tertinggi, terutama di zaman yang berkembang pesat ini, segala informasi bisa diakses dengan mudah.

2. Evaluasi bagaimana kita menghabiskan jam dan hari dalam satu minggu.

Lakukanlah koreksi atas jumlah waktu yang kita sediakan bersama anak-anak. jangan sampai waktu-waktu kita terlewatkan tanpa kebersamaan dengan anak-anak. rencanakan untuk mengikutsertakan anak dalam kegiatan sosial, pengajian dan berusahalah untuk menyatukan diri kita dalam kehidupan mereka.

3. Menjadi contoh yang baik.

Ingat pepatah mengatakan bahwa buah yang jatuh tidak jauh dari pohonnya. dan harus kita ketahui bahwa manusia belajar melalui contoh yang ada disekitar mereka. Kita harus menyadari bahwa selaku orang tua dijadikan model oleh anak, entah itu perilaku baik maupun perilaku buruk. jadi, memberikan contoh yang baik adalah hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh orang tua.

4. Melakukan pengawasan.

Anak-anak diibaratkan dengan sponges kering yang sangat mudah menyerap air. kebanyakan yang mereka ambil adalah yang berkaitan dengan tingkah laku. mereka bisa menyerap dari apa yang mereka lihat, mereka dengar dan yang mereka baca. itulah sebabnya pengawasan dalam hal ini sangat penting untuk dilakukan ditengah pesatnya kemajuan dunia informasi. dampingi anak-anak kita dalam menonton acara tv kegemaran mereka, awasi bahan bacaan mereka baik dari buku maupun media lainnya.

5. Berikan hukuman dengan kasih sayang.

Saat ini kata "hukuman" mempunyai reputasi yang buruk, sehingga banyak orang tua yang tidak mau memarahi dan menghukum anaknya bahkan cenderung memanjakan sehingga anak sulit diatur. Anak memerlukan batas atau rambu-rambu sehingga jika mereka melampau batas, hukuman yang mendidik adalah salah satu cara bagi mereka untuk belajar. jadi ditekankan disini adalah hukuman yang mendidik disertai penjelasan bahwa hukuman itu bukan karena orang tua benci tetapi justru karena orang tua sayang kepada mereka dan bukan hukuman yang berlebihan.

6. Selalu adakan makan bersama.

Walaupun orang tua sangat sibuk, sebaiknya luangkan waktu untuk makan bersama sehingga akan tercipta suasana kekeluargaan yang sangat erat antara orang tua dan anak.

Demikian sedikit tips tentang pembentukan karakter kepada anak, semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Tips menanamkan karakter kepada anak"

  1. Penting sekali menanamkan karakter pada anak. masa depan anak itu tergantung didikan orang tua

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas Andriyatna, terimakasih kunjungannya. iya kang benar sekali apalagi perkembangan zaman sekarang ini

      Delete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel