Manfaat Daun dan Buah Bidara Untuk Kesehatan Tubuh

Pohon bidara akhir-akhir ini begitu populer. Bahkan untuk mendapatkan bibit pohon bidara tidak lagi sulit sebab sudah banyak dijual dengan harga yang bervariasi.

Kepopuleran bidara ini tidak terlepas dari khasiat dan manfaat dari daun dan buah bidara untuk kesehatan dan mengobati penyakit. Selain itu, daun bidara juga digunakan untuk mengatasi gangguan jin, memandikan jenazah dan digunakan ketika mandi bagi wanita selepas haid.

Bidara memiliki nama latin Ziziphus mauritiana, dan dalam bahasa arab disebut Sidr. Bidara juga disebut setidaknya pada 3 tempat dalam al-Qur’an, yaitu (QS. Saba':16), (QS. Al-Waqiah:28), (QS. An-Najm: 13-16). Berikut contoh daun bidara

daun bidara

Khasiat Daun Bidara


Pada artikel singkat ini akan saya sampaikan beberapa manfaat dari daun bidara, yaitu:

1. Mengatasi gangguan jin

Jika anda sering membaca artikel atau buku-buku ataupun ceramah tentang pengobatan dengan ruqyah, hampir dipastikan selalu tertulis atau disebutkan agar orang yang mengalami gangguan jin seperti kesurupan atau terkena sihir meminum air daun bidara atau dimandikan dengan air yang dicampur dengan daun bidara.

Caranya adalah, ambil beberapa lembar daun bidara segar lalu haluskan dengan batu atau kayu keras, campurkan kedalam air dan bacakan pada air tersebut beberapa ayat al-Qur’an. Untuk ayat-ayat yang paling sering dibaca, silahkan dilihat pada artikel blog ini, “Pengalaman Meruqyah Anak Kecil”.

Setelah selesai proses membacakan ayat-ayat al-Qur’an ke air yang sudah dicampur dengan daun bidara, maka minumkan kepada orang yang mengalami gangguan jin, sebagian dicampurkan ke air untuk mandi.

Pengalaman saya selama ini alhamdulillah berhasil dengan baik tapi dengan catatan bahwa segala sesuatu itu atas izin Allah Swt.

2. Untuk memandikan jenazah

Selain kapur barus, daun bidara juga dipakai untuk memandikan jenazah. Namun biasanya yang dipakai adalah bidara kering dalam bentuk bubuk. Ini sesuai dengan anjuran Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam.

3. Mengatasi penyakit pada lambung

Sebagaimana jantung, liver dan ginjal, lambung merupakan organ tubuh yang berperan penting bagi manusia. Kesehatan lambung berpengaruh kepada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sebab, fungsi lambung adalah memproses makanan sebelum kemudian diproses lebih lanjut di usus.

Kebanyakan orang memiliki masalah pada lambungnya, seperti asam lambung yang mengakibatkan penyakit maag dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, manfaatkan daun bidara untuk mengatasi masalah lambung. Minum secara rutin daun bidara yang dihaluskan dan dicampur dengan air lalu rasakan manfaatnya.

4. Mengobati penyakit diabetes

Penyakit diabetes atau kencing manis saat ini sudah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan sebab jumlah penderitanya semakin meningkat. Banyak yang berpendapat bahwa penyakit diabetes itu sulit disembuhkan.

Pendapat seperti ini tentu saja kurang tepat. Sebab kita tidak boleh putus asa dalam berobat dan Allah tidaklah menurunkan penyakit melainkan menurunkan obatnya. Kandungan senyawa kimia daun bidara mampu menstabilkan kadar gula dalam darah.

5. Mengobati luka.

Jika anda mengalami luka seperti terkena benda tajam, tergores ataupun luka bakar, maka manfaatkan daun bidara untuk mengobatinya. Haluskan daun bidara segar dan tempelkan pada luka. Zat yang dikandung daun bidara mampu menghentikan pendarahan dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain 5 (lima) khasiat daun bidara sebagaimana disebutkan di atas, khasiat atau manfaat lain dari daun biadara adalah:

1. Menghilangkan depresi
2. Menambah nafsu makan
3. Memperlancar proses metabolisme tubuh
4. Mencegah penyakit kanker dan tumor
5. Memperlancar haid
6. Menyuburkan rambut
7. Mengobati jerawat dan bisul
8. Mempercantik kulit
9. Mengobati demam
10. Menurunkan tekanan darah tinggi
11. Mengobati insomnia
12. Meningkatkan stamina lelaki
13. Sebagai anti-oksidan.
buah bidara

Khasiat Buah bidara

Selain daun bidara, buah bidara juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh. Buah bidara mengandung karoten, vitamin A dan vitamin C serta lemak. Buah bidara mengandung rasa sedikit pahit. Buah bidara dapat dikonsumsi secara langsung ataupun diolah, seperti dibuat minuman (jus buah), manisan, asinan ataupun sebagai bahan rujak untuk buah bidara muda.

Demikian beberapa manfaat atau khasiat dari daun dan buah bidara. Semoga dapat menambah referensi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Manfaat Daun dan Buah Bidara Untuk Kesehatan Tubuh"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel