Obat Herbal Untuk Sakit Maag

Penyakit maag merupakan penyakit umum yang bisa diderita oleh siapapun. Ketika perut terasa mual dan kembung, rasa tidak enak di perut bahkan rasa ingin muntah, maka orang akan mengatakan bahwa asam lambung lagi naik. Memang benar, penyakit maag identik dengan asam lambung. Lebih parahnya lagi, sakit maag yang menahun akan berdampak buruk pada kesehatan hati/ liver.
Baca juga penjelasan tentang penyakit maag DISINI

Salah satu penyebab sakit maag adalah serangan kuman helicobacter pylori di lambung disertai menurunnya daya tahan tubuh. Kuman tersebut akan menyebabkan iritasi lapisan lambung sehingga timbul peradangan.

Akibat dari peradangan itu adalah timbulnya rasa kembung, perih, panas, sampai keram ulu hati. Efek lainnya adalah mual dan muntah serta diare. Iritasi pada lambung jika dibiarkan akan semakin parah sehingga dapat menembus dinding lambung sehingga akan terjadi kebocoran lambung yang mengakibatkan nyeri perut mendadak, keracunan bahkan kematian.

pala

Peningkatan asam lambung yang berakibat pada mual dan nyeri di lambung biasanya diakibatkan oleh pola hidup yang tidak teratur. Sering telat makan, tidak sarapan pagi, makan makanan yang terlalu pedas dan asam serta stres.

Ketika asam lambung lagi naik, maka orang akan segera berfikir untuk mengkonsumsi obat maag yang banyak dijual di toko obat. Sebenarnya, obat maag yang kita minum itu tidak berefek pada penyembuhan maag, melainkan hanya meredakan nyeri lambung dan menghilangkan mual. Akibatnya, sakit maag yang kita derita tidak kunjung sembuh.

Obat herbal yang biasa digunakan untuk mengobati sakit maag atau kelebihan asam lambung ini adalah kunyit, temulawak dan buah pala.
Baca:
- Khasiat Kunyit
- Khasiat Temulawak

Perpaduan ramuan herbal ini akan semakin memperkuat sistem kerjanya. Temulawak berfungsi untuk mengatasi peradangan lambung dan hati, kunyit sebagai anti-septik yang membunuh kuman atau bakteri, sedangkan buah pala berfungsi untuk menetralkan asam lambung karena mengandung verapamile yang bekerja menghambat ion kalsium penyebab produksi asam lambung berlebih.

Nah jika pembaca saat ini sedang mengalami sakit maag, maka tidak ada salahnya untuk mencoba ramuan herbal.

Rebuslah kunyit dan temulawak seukuran ibu jari orang dewasa yang diiris tipis dan sudah dikeringkan serta sebuah biji pala yang sudah dibakar dengan air sebanyak lebih kurang tiga gelas sampai tersisa dua gelas dengan api kecil secara rutin. Insya Allah dapat mengobati sakit maag yang kita derita.

Namun perlu dicatat disini, jangan mengkonsumsi biji pala secara berlebih, sebab buah pala mengandung zat miristin. Zat ini dalam dosis besar dapat menyebabkan keracunan seperti pusing bahkan hilang kesadaran serta melantur. Itulah sebabnya, sebaiknya biji pala dibakar sebelum digunakan, karena proses pembakaran akan membuang senyawa aktif yang dikandungnya.
Baca juga:
1. Tips Melawan Kec*nduan Mer*k*k
2. Mengapa Mir4s Diharamkan?

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Obat Herbal Untuk Sakit Maag"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel