Situs Terbaik Tempat Belajar SEO dan Adsense

Ingin membuat blog tetapi bingung mau belajar dari mana dan dengan siapa? Tidak perlu bingung. Di zaman internet ini, banyak informasi yang kita dapatkan dari kegiatan berselancar di dunia maya. Termasuk cara membuat blog, belajar seo, juga cara menghasilkan uang dari blog yang kita buat, salah satunya adalah google adsense.

Pada artikel ini saya ingin mengulas secara singkat mengenai blog atau website tempat belajar membuat blog, seputar seo dan adsense.

Sebenarnya ada banyak website atau blog, namun saya hanya mengulas beberapa saja. Bukan bermaksud apa-apa. Bukan untuk membuat perbandingan ataupun menganggap blog yang tidak tercantum berarti kurang bagus. Ini hanya berdasarkan pengalaman saya selama membuat blog Kholis Tembesi yang sangat sangat sederhana ini.

Kriteria terbaik ini murni versi saya pribadi. Dengan pertimbangan :

1. Artikel yang ditulis enak dan nyaman dibaca serta berkualitas,
2. Tutorial yang disampaikan cukup jelas dan mudah diikuti dan bisa dipraktekkan,
3. Penulis atau pemilik blog ramah dalam menjawab komentar pembacanya.

Itulah beberapa kriteria versi saya, silahkan mungkin ada yang kurang setuju.

blog seo

Berdasarkan kriteria tersebut, berikut beberapa situs terbaik untuk belajar blog khususnya bagi pemula. (Perangkingan ini tidak ada maksud apapun kecuali untuk membuat urutan saja).

1. Mas Sugeng (https://sugeng.id)

Sesuai nama blognya, blog Mas Sugeng dikelola oleh orang cerdas bernama Sugeng Riyadi. Dalam membuat artikel dan tutorial, Mas Sugeng mengupasnya secara mendalam dan cukup jelas serta mudah diikuti. Pada blog ini juga tersedia template-template gratis yang tidak diragukan lagi kualitasnya.

Bagi pemula sangat cocok untuk menguras habis isi artikel yang ada di dalam blog Mas Sugeng. Saya banyak belajar dari blog ini. Mas Sugeng juga dikenal jagoan dalam hal pembuatan template yang seo.

2. StrukturKode (http://strukturkode.blogspot.co.id)

Blog ini dibuat dan dikelola oleh Mas Didin Ajidin. Blog Strukturkode mengupas mengenai website, blogging, seo, internet dan bisnis online. Artikel yang disajikan juga nyaman untuk dibaca serta membuat kita betah berlama-lama membaca artikel-artikelnya.

3. Bos Tutorial (http://bos-tutorial.blogspot.co.id)

Penulis dan pemilik blog Bos tutorial dikenal dengan nama Mas Ringgo sesuai dengan profil G+ yang beliau tampilkan pada sidebar.

Awal saya membuat blog, saya banyak belajar dari blog Bos Tutorial. Sesuai dengan namanya, blog ini banyak mengurai mengenai tutorial blog. Tidak hanya itu, blog ini juga mengupas mengenai Bisnis Online, wisata dan lainnya.

4. Berguru Seo (http://berguruseo.blogspot.com)

Sama dengan blog Bos Tutorial, sesuai dengan nama yang disandang blog ini, yaitu Berguru Seo, juga merupakan tempat saya banyak belajar mengenai cara membuat blog dan SEO. Ini juga saya tampilkan dalam laman About blog ini.

Tidak diketahui secara pasti siapa nama admin blog ini. Namun saya mendapati pada laman Aboutnya tertulis bahwa admin lahir pada tanggal 30 Februari 1996. Masih muda sekali.

5. Trik Mudah Seo (http://trikmudahseo.blogspot.com)

Admin blog ini bernama Ricky Pratama. Blog ini juga banyak mengupas mengenai tutorial blog, seo, Bisnis Online dan lainnya. Blog ini juga salah satu tempat saya belajar membuat blog.

6. Contoh Blog (http://www.contohblog.com)

Blog ini biasa disingkat oleh adminnya menjadi CB. Yang ingin belajar tentang tampilan blog dan template, di sinilah tempatnya.

Blog CB sudah tidak asing lagi bagi para blogger. Sebab, di blog ini banyak sekali disediakan template gratis dan premium yang mana template adalah merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dari sebuah blog atau website.

Ketika belum menggunakan template dari CB, saya paling suka ganti template yang menurut pada senior, sering ganti template itu kurang baik untuk blog. Tutorial yang disajikan sangat lengkap dan mudah untuk diikuti.

7. Kompi Ajaib (https://www.kompiajaib.com)

Benar-benar ajaib, blog ini memuat banyak pengetahuan khususnya dalam hal blog, tutorial blogger, widget blogger, dan lain-lain. Admin blog ini bernama Adhy Suryadi. Terkenal karena template-template yang dirilisnya dan sangat diminati.

8. Juragan Cipir (http://juragancipir.com)

Jika sobat mencari artikel tentang adsense di google, saya bisa pastikan blog juragan cipir selalu muncul bahkan pada halaman pertama.

Hebatnya lagi, admin blog ini adalah seorang perempuan yang sehari-harinya (menurut pengakuan beliau) adalah hanya ibu rumah tangga biasa. Namun, dari aktivias nge-Blognya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

9. Maxmanroe (https://www.maxmanroe.com)

Blog ini juga selalu muncul di halaman pertama google terutama pada kata kunci bisnis online. Blog Maxmanroe digawangi oleh Marikxon Manurung yang menurut banyak informasi adalah merupakan salah satu website dengan penghasilan luar biasa.

10. Kang Jum (http://www.kangjum.com)

Blog ini sangat menginspirasi dalam hal penghasilan online. Blog Kang Jum banyak mengupas mengenai Tips Adsense.

11. Panduan IM (http://panduanim.com)

Sama seperti blog-blog populer lainnya, rasanya tidak ada blogger yang belum pernah mampir di blog PanduanIM ini. Ciri khas blog ini adalah artikelnya yang luas dan padat karena menurut tulisan pada bagian Footernya, artikel itu dibuat dengan cinta. Siapapun pasti akan betah berlama-lama membaca di blog ini.

12.Portal Uang (https://portal-uang.com)

Blog ini juga banyak mengupas mengenai tips-tips adsense. Saya pribadi tidak pernah bosan membaca setiap artikel yang disajikan oleh penulis di blog Portal Uang. Admin blog ini kalau saya tidak salah menampilkan dirinya dengan nama keren Gee-Jhon. Beliau sangat respon terhadap komentar pengunjung blognya.

Selain adsense, blog ini juga menyajikan program alternatif penghasil uang selain adsense, singkatnya mengenai monetisasi blog.

13. Klik Mania (https://www.klikmania.net)

Ini juga merupakan tempat untuk belajar seo dan bisnis online, cara menghasilkan uang dari blog, dan seputar masalah internet. Artikel yang disajikan sangat enak dibaca serta mudah difahami.

14. Kursus Komputer Gratis (https://kursuskomputergratis.com

Nah kalau blog yang satu saya sangat salut dengan adminnya, yakni Mas Usman. Orangnya sangat ramah, siap membantu jika kita ada kesulitan dalam mengurus blog serta artikel yang disajikan juga mudah difahami. Artikel-artikel yang disajikan pada blog KaKaGe membuat pengunjung menjadi betah dan rasanya tidak cukup jika hanya membaca satu artikel saja.

KKG menyajikan mengenai tips adsense, Blogging (tips, seo, dan tutorial), komputer (software, aplikasi, hardware) serta topik seputar internet.

Selain itu, KKG juga menyediakan jasa join Adsense bagi sobat blogger yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan dari blognya namun selalu gagal dalam mendaftar Adsense. Untuk lebih jelasnya silahkan baca di https://kursuskomputergratis.com

Demikian sekilas mengenai beberapa blog atau website yang bisa menjadi rujukan dalam hal tutorial membuat blog, optimasi seo, bisnis online dan lain sebagainya. Silahkan kunjungi dan dapatkan tambahan wawasan dari membaca artikel-artikelnya.

Baca Juga :
- Kesalahan Yang Dilakukan Oleh Blogger
- RevenueHits, Alternatif Adsense

1 komentar untuk "Situs Terbaik Tempat Belajar SEO dan Adsense"

  1. wah keren nih thankyou infonya ahhahahaha btw pas corona gini gue jd main game aja cuy di rmh ahahhahah, tp gue lg ke hook banget nih sama ni game www.Econw.co cobain dah cuy seru bet dah jamin ahahhahahah

    BalasHapus

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.