Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger

Sahabat yang baik hati. Tulisan ini bukan bermaksud untuk menggurui, juga bukan ingin menunjukkan bahwa saya adalah seorang blogger ulung. Bukan, saya orang yang sangat awam dalam dunia blogger, bahkan blog saya ini saja tidak jelas apa niche nya. Saya mendapatkan pengetahuan cara membuat blog adalah dari membaca-baca blog para sahabat yang baik hati dan memang memiliki pengetahuan di bidang itu.

Tujuan dari penulisan ini adalah sebagai pengingat dan kenangan serta pengalaman pribadi saya selama membuat blog ini.

Animasi blog kholis tembesi

Yang ingin saya sampaikan disini mengenai kesalahan seorang blogger dalam mengelola blognya dan itu adalah apa yang saya alami. Apa kesalahan tersebut ?

Kesalahan tersebut adalah bahwa saya termasuk type orang yang tidak pernah puas terhadap hasil yang sudah saya buat sendiri. Saya "terlalu sering gonta ganti template".

Akibat dari sering ganti template itu, maka blog saya menjadi tidak terurus walaupun setiap hari saya membuka blog. Saya membuka blog bukan untuk menulis konten, melainkan untuk otak-atik template, kemudian template tersebut menjadi berantakan, lalu saya pusing dan pada akhirnya saya memutuskan untuk ganti template lagi. Padahal, menulis artikel/ konten adalah hal paling wajib yang harus dilakukan oleh seorang blogger.

Pada awal saya membuat blog ini, angka alexa sungguh sangat menggembirakan saya. Semakin hari angka tersebut semakin ramping. Namun yang terjadi selanjutnya adalah angka alexa semakin membengkak dan bahkan hilang (No Rank), nasibku.....

Kita kembali ke tulisan diatas, bahwa saya adalah "type orang yang tidak pernah puas", saya ikuti seluruh tutorial mengenai blog, saya terapkan pada blog saya, dan yang terjadi bukannya semakin baik, namun sebaliknya. Betul kata Mba' Indri (Juragan Cipir), tidak semua tutorial di internet baik dan layak untuk diikuti. Disini kita dituntut untuk jeli dan cermat.

Saat ini saya hanya mengikuti tutorial dari blog-blog yang saya yakini kebenarannya dan adminnya memang betul-betul mumpuni dalam ilmu nya dan menguasai apa yang dibuatnya.

Akhir petualangan saya dalam gonta ganti template adalah saya percayakan desain blog ini kepada CB Blogger. Sayo kapok untuk ganti-ganti terus.

Oh iya, perlu saya tuliskan disini, menurut perkiraan saya, hancurnya rank blog ini juga disebabkan karena saya suka mengganti Judul, Deskripsi dan hal lainnya pada blog.

Dari ulasan diatas dapat saya simpulkan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh seorang blogger sehingga blognya berantakan (berantakan ini istilah saya untuk blog saya ini) adalah :

- Suka Ganti template
- Malas menulis/ update artikel
- Mengganti Judul atau nama serta deskripsi blog
- Mengikuti tutorial tanpa mempertimbangkan apakah itu cocok untuk template blog kita

Demikian kiranya tulisan ini dapat membawa manfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Kesalahan yang Sering Dilakukan oleh Blogger"

  1. Benar pak, gonta ganti template hanya membuang waktu dan energi, bisa membuat kita jadi lupa atau kurang waktu buat menulis konten berkualitas malah. Terima kasih sudah menjadi klien CB :) Good luck and barokalloh.... Amin.....!

    ReplyDelete
  2. Iya Mas, terimakasih atas semua ilmunya, saya baru menyadari semua kesalahan itu sekarang

    ReplyDelete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel