10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Jerawat adalah gangguan pada kulit terutama wajah berupa benjolan-benjolan kecil yang berisi nanah dan biasanya disebabkan oleh bakteri, penyumbatan pada pori-pori ataupun minyak/ lemak berlebih pada jaringan kulit.

Bagi remaja yang sedang mengalami masa pubertas, jerawat adalah masalah yang sulit dihindari. Namun demikian, jerawat terutama pada remaja adalah persoalan yang cukup menjengkelkan dan dapat mengurangi rasa percaya diri. Sehingga sering para remaja bertanya-tanya apa obat yang paling ampuh untuk mengobati jerawat.

alami

Dikarenakan jerawat paling umum tumbuhnya di kulit wajah, sedangkan kulit wajah termasuk kulit yang sensitif, maka penanganannya juga harus ekstra hati-hati agar tidak menimbulkan masalah baru, yakni kerusakan pada kulit wajah dan sangat mengganggu penampilan.

Jerawat jangan sering disentuh apalagi dipencet. Selain menimbulkan rasa sakit, memencet jerawat dapat membuat pori-pori wajah menjadi membesar (istilahnya kulit jeruk) dan membuat kulit wajah menjadi tidak mulus lagi.

Dilihat dari bentuknya, jerawat ada dua macam, pertama jerawat yang berukuran besar dan ini biasanya disertai rasa sakit jika disentuh dan berisi nanah dan darah, kedua jerawat yang berukuran kecil namun banyak.

Sekarang ini cukup banyak produk-produk yang ditawarkan untuk mengatasi atau mengobati jerawat. Namun dalam artikel ini saya akan menyampaikan cara menghilangkan jerawat secara alami berdasarkan pengalaman karena sewaktu SMA dahulu wajah saya juga dipenuhi oleh jerawat-jerawat besar.

Beberapa bahan alami yang dapat dipergunakan untuk mengobati jerawat, yaitu :


1. Jeruk Nipis

Sejak dahulu jeruk nipis terkenal sebagai bahan pembersih terbaik, terutama untuk menghilangkan lemak dan bau amis pada peralatan dapur.

Selain sebagai pembersih peralatan dapur, jeruk nipis dapat dimanfaatkan untuk membersihkan kotoran pada pori-pori wajah sehingga dapat mengatasi jerawat. Caranya adalah :

a. Buah jeruk nipis dipukul pelan-pelan dengan alat apa saja untuk mengeluarkan air yang terkandung di dalam bulir buahnya,
b. Potong buah jeruk nipis menjadi dua bagian dan peras airnya,
c. Oleskan air perasan jeruk nipis tersebut ke wajah, biasanya ada rasa sedikit perih pada kulit, namun sabar saja karena bahan alami dalam jeruk nipis sedang bekerja membersihkan, diamkan selama ± 15 – 20 menit,
d. Bilas wajah dengan air bersih dan rasakan sekarang kulit wajah terasa lebih kencang dan fress,
e. Lakukan hal di atas secara rutin terutama ketika akan tidur malam.

2. Mentimun atau Ketimun

Buah mentimun mengandung banyak air dan memberikan efek dingin pada tubuh. Mentimun kaya akan antioksidan serta vitamin sehingga sangat baik digunakan untuk membersihkan wajah dan menjaga kelembapan kulit.

Adapun cara memanfaatkan mentimun sebagai obat jerawat adalah :

a. Cuci wajah pakai air hangat lalu keringkan,
b. Potong tipis buah mentimun dan tempelkan pada wajah terutama yang ditumbuhi jerawat,
c. Bisa juga dibuat masker, caranya dengan menghaluskan buah mentimun (bisa diparut bisa juga pakai blender) dan tempelkan pada wajah buah mentimun yang sudah dihaluskan tersebut,
d. Diamkan selama ± 15 – 20 menit lalu bilas pakai air bersih,
e. Lakukan langkah diatas secara rutin.

3. Bengkoang

Bengkoang juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat, caranya sama dengan langkah pada nomor 2 diatas, yakni dengan membuat masker wajah dari bengkoang.

4. Buah Tomat

Buah tomat kaya akan vitamin dan antioksidan. Selain itu buah tomat juga memberikan efek segar dan dingin apabila dipakai sebagai masker wajah. Caranya juga sama dengan mengolah buah mentimun dan bengkoang.

5. Alpukat

Alpukan juga kaya akan vitamin dan antioksidan. Zat-zat yang dikandung buah alpukat bermanfaat untuk mengencangkan dan membersihkan kulit.
Buatlah masker wajah dari buah alpukat dan rasakan manfaatnya.

6. Putih Telur

Saya juga pernah memanfaatkan putih telur untuk menghilangkan jerawat, terutama telur ayam kampung ataupun telur bebek. Putih telur dapat mengencangkan kulit wajah, mengecilkan pori-pori serta mengurangi minyak berlebih pada wajah.

Adapun cara memanfaatkan putih telur untuk obat jerawat secara alami adalah :

a. Pisahkan putih telur dari kuningnya lalu aduk secukupnya,
b. Oleskan pada wajah secara merata dan diamkan selama 15-20 menit,
c. Bilas dengan air bersih

Putih telur juga bisa digunakan untuk mengatasi masalah komedo yang merupakan saudara jerawat.

7. Buah Pepaya

Pepaya banyak mengandung vitamin dan zat-zat antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan, mengangkat sel kulit mati (regenerasi sel kulit), serta membuat kulit menjadi cerah merona.
Cara untuk memanfaatkan buah pepaya dalam mengobati jerawat sama dengan bahan-bahan lain, yakni menghaluskan daging buah pepaya lalu dibuat sebagai masker.

8. Minyak Zaitun

Ini juga berdasarkan pengalaman saya, memanfaatkan minyak zaitu sebagai obat alami untuk mengatasi masalah kulit seperti jerawat. Lengkapnya silahkan baca mengenai KHASIAT MINYAK ZAITUN pada blog ini.

9. Madu

Madu sejak dahulu sudah dikenal sebagai obat yang luar biasa dan serba guna. Saya memakai madu sebagai obat jerawat dan yang saya rasakan adalah madu memang luar biasa berkhasiat dalam menuntaskan masalah jerawat.

Cara memanfaatkan madu untuk menghilangkan jerawat adalah :

a. Cuci wajah dengan menggunakan air hangat kuku, ini berguna untuk membuka pori-pori,
b. Keringkan wajah lalu oleskan madu secara merata. Biasanya akan ada reaksi berupa rasa gatal dan kurang nyaman di kulit. Namun jangan khawatir, itu adalah pertanda baik bahwa madu sedang bekerja mengatasi masalah jerawat.
c. Tunggu beberapa saat, bisa juga setelah pengolesan madu, Anda dapat tidur dengan madu masih menempel pada wajah. Jangan khawatir Anda tidak akan diserang oleh semut.
d. Bilas wajah juga dengan menggunakan air hangat kuku. Sekarang wajah Anda terasa lebih kencang dan lebih segar.
Baca :Manfaat Madu dan Bee Pollen
10. Sambiloto

Jika sembilan bahan diatas umumnya dipakai sebagai masker, maka sambiloto dimanfaatkan dengan cara diminum. Jadi anggaplah ini pengobatan dari dalam.
Sambiloto biasa digunakan sebagai bahan campuran jamu. Rasanya lumayan pahit namun khasiatnya luar biasa.

Rebus daun sambiloto dan minum air rebusan itu secara rutin. Cara ini berguna untuk membersihkan darah. Darah yang kotor itu juga merupakan salah satu pemicu timbulnya jerawat dan bisul.

Selain cara di atas, sebenarnya masih banyak cara lain yang biasa dipakai untuk mengobati jerawat. Seperti ada yang menyarankan untuk menggunakan pasta gigi sebagai masker. Saya pernah melakukannya (pakai odol/ pasta gigi). Memang pada awalnya kulit terasa segar, namun masalah lain yang muncul adalah jerawat semakin meradang dan membesar.

Ada juga yang menyarankan untuk menggunakan bawang putih, ini juga sudah saya lakukan. Namun Anda perlu hati-hati, sebab bawang putih ini jika terkena kulit akan memberikan efek panas, salah-salah kulit wajah bisa melepuh seperti terbakar.

Cara mencegah timbulnya jerawat.


Walaupun jerawat merupakan hal yang sulit dipisahkan dari masa puber, namun bukan berarti jerawat tidak bisa dicegah. Bukankah mencegah itu lebih baik daripada mengobati?

Cara untuk mencegah timbulnya jerawat adalah :

1. Rajin Mencuci Muka.

Bagi seorang Muslim, berwudhu’ adalah cara tidak langsung untuk membersihkan wajah. Setiap hari minimal lima kali kita shalat dan itu berarti lima kali juga kita berwudhu’.

Membersihkan wajah berguna untuk menghilangkan segala kotoran yang dapat menyumbat pori-pori. Sebaiknya gunakan bahan-bahan yang aman untuk membersihkan wajah.

Dahulu saya pernah menggunakan alk*h*l untuk membersihkan wajah, ternyata itu keliru. Yang terjadi adalah bukannya mengatasi masalah malah menimbulkan masalah baru. Wajah menjadi kusam dan kulit menjadi kehilangan elastisitasnya.

2. Jangan menyentuh apalagi memencet jerawat.

Biasanya karena sebel, kita menjadi tidak sabar untuk segera memecahkan jerawat tersebut. Ini dapat memperparah jerawat apalagi jika tangan kita kurang bersih. Memencet jerawat terutama jerawat yang besar dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi berlubang dan sulit untuk dihilangkan.

3. Selektif memilih Make Up

Pilihlah Make Up yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Jangan menggunakan make up secara berlebih apalagi jika anda sedikit malas untuk membersihkan wajah. Selain itu, terkadang bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik bisa menimbulkan iritasi dan alergi kulit.

4. Kurangi mengkonsumsi makanan berlemak

Sekilas ini terkesan sepele, namun mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak juga dapat menimbulkan minyak berlebih pada wajah. Dan pada akhirnya kulit berminyak rawan terkena jerawat.
Cukupi menu harian dengan gizi seimbang dan jangan lupa untuk mengkonsumsi buah dan sayur.

5. Berolah raga secara teratur.

Berolah raga secara rutin dapat menyehatkan fisik maupun mental. Selain itu keringat yang keluar di saat berolah raga juga dapat membersihkan pori-pori secara alami. Namun tentu saja selesai berolah raga, jangan lupa untuk membersihkan tubuh (terutama wajah) sebaik-baiknya.

6. Hindari stres

Stres yang dialami seseorang dapat membuat hormon tubuh menjadi tidak seimbang yang berujung pada timbulnya jerawat.

Demikian cara alami mengobati jerawat beserta tips/ cara menjegah timbulnya jerawat. Semoga bermanfaat bagi pembaca.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel