Anda Mengalami Luka bakar? manfaatkan Madu Sebagai Obatnya

Madu Sebagai Obat Luka Bakar Alami


Bagaimanakah cara menghilangkan bekas luka bakar? mungkin pertanyaan tersebut ada dalam benak kita. Mungkin diantara pembaca ada yang pernah mengalami atau bahkan sedang mengalami luka bakar. Semoga apa yang saya sampaikan ini bermanfaat.

Kulit yang terbakar biasanya akan menghasilkan gelembung yang berisi cairan jernih dan kental serta dibarengi dengan rasa nyeri atau pedih yang luar biasa. Saat gelembung itu pecah, maka akan terlihat terlihat kulit dilapisan tanduk yang berwarna kemerah-merahan.

madu

Pada saat kulit mengalami luka bakar, maka tubuh akan merespon nya dengan berusaha untuk memeperbaiki jaringan yang rusak. Tubuh akan menggerakkan seluruh darah dan antibodi ke tempat luka bakar terjadi sehingga akan terbentuklah eschar, yaitu semacam lapisan parut palsu yang menyelimuti luka dan akan tampak seperti lapisan kulit.

Obat yang biasa diberikan dokter untuk mengobati luka bakar ini adalah silver sulfadiazine. Silver sulfadiazine ini berbentuk gel.

Namun sebenarnya, selain silver sulfadiazine ini, ada obat alami dan bahkan sangat akrab dengan kita. Obat tersebut adalah madu lebah.

Madu telah digunakan dalam pengobatan sejak zaman dahulu, termasuk digunakan untuk mengobati kulit yang mengalami luka bakar. Madu yang dioleskan pada luka bakar akan mempercepat proses epitalisasi.

Proses epitalisasi merupakan proses pertumbuhan sel kulit muda yang menggantikan lapisan kulit yang terbakar. Selain itu, madu juga akan mencegah terjadinya infeksi pada luka bakar. Pengolesan madu pada luka bakar akan mempercepat pengeringan jaringan kulit yang terinfeksi dan mencegah pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.

Jadi, jika kita mengalami luka bakar, maka jangan panik, oleskan madu secara merata di tempat luka bakar secara rutin. Ada juga yang menyarankan untuk mencampur madu dengan jeruk nipis.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Anda Mengalami Luka bakar? manfaatkan Madu Sebagai Obatnya"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel