Bukan Hanya Untuk Bumbu Dapur, Kunyit Juga Banyak Manfaat Untuk Kesehatan

Siapa yang tidak mengenal Kunyit...? Semua orang mengenal tumbuhan yang satu ini, karena selalu menjadi bumbu dalam masakan, seperti memasak ikan atau daging. Namun pernahkah kita mengetahui bahwa kunyit itu memiliki khasiat dalam pengobatan penyakit? saya rasa hampir semua orang juga sudah mengetahuinya...
kunir

Lalu apa perlunya menulis ini....? hehe tentu saja sebagai penambah referensi kita dalam hal pengobatan tradisional atau herbal. Artikel ini sedikit mengulas khasiat atau manfaat kunyit termasuk juga khasiat daun kunyit.

Masyarakat di berbagai negara memanfaatkan tanaman kunyit sebagai obat untuk mengobati penyakit. Secara tidak langsung, masyarakat mengenal kunyit sebagai tanaman yang memiliki efek untuk membersihkan rahim.

Sebagai contoh, masyarakat jawa mengenal jamu kunyit asam untuk mengatasi nyeri haid dan memperlancar menstruasi, bahkan sebagai jamu pokok untuk wanita sehabis melahirkan.

Di dalam kitab pengobatan India kuno, Ayurveda juga tercatat pemanfaatan Curcuma longa sejak ribuan tahun silam, seperti pengobatan gangguan hati, luka akibat diabetes dan rematik. Kunyit juga merupakan salah satu rempah utama dalam masakan India.

Dalam ilmu pengobatan Tiongkok juga mengenal kunyit untuk memperlancar haid, mengobati luka bengkak, tumor serta pembengkakan di perut.

Bukan hanya dalam pengobatan tradisional saja yang mengenal khasiat kunyit. Pengobatan modern juga mengenal khasiat tanaman ini dan sudah banyak penelitian yang dilakukan untuk mengetahui kandungan/ senyawa dalam rimpang kunyit. Kita mengenal sekarang sudah ada beragam obat yang dikemas secara modern berbahan dasar kunyit.

Kandungan utama kunyit yang berkhasiat dalam pengobatan adalah senyawa kurkumin yang memberikan warna kuning. Selain kurkumin, kunyit juga kaya akan protein, kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C dan zat besi.

Kunyit telah digunakan untuk mengatasi gangguan pada lambung dan sistem pencernaan. Kunyit juga digunakan untuk memperbaiki nafsu makan.

Para peneliti di India, Tiongkok dan Inggris melakukan uji praklinis dan uji klinis, mereka membuktikan bahwa kurkumin berkhasiat untuk mencegah dan membantu penyembuhan penyakit kanker p4yudara, kanker ovarium, kanker prostat, leukimia, kanker paru-paru dan kanker prankreas.

Berdasarkan berbagai penelitian juga ditemukan bahwa kurkumin juga berkhasiat sebagai analgesik atau pengurang rasa nyeri.

Saya sudah merasakan sendiri manfaat dari kunyit, yaitu ketika saya menderita penyakit hepatitis B. Kunyit saya konsumsi bersama dengan temulawak. Baca DI SINI Khasiat Temulawak.

Berdasarkan pemaparan di atas dapat kita ketahui berbagai khasiat tanaman kunyit, sehingga tidak mengherankan jika orang-orang zaman dahulu sudah memanfaatkannya sebagai obat.

Namun perlu diwaspadai, karena kunyit dapat menstimulasi rahim, maka kunyit tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh wanita hamil.

Dan penting untuk diingat, walupun ada beragam manfaat kunyit untuk kesehatan ataupun penyembuhan penyakit, tetap saja tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsinya. Sebab, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Saran saya, Konsumsilah kunyit yang sudah benar-benar terekstrak ataupun direbus untuk menghindari ampas parutan kunyit. Ampas ini jika terkonsumsi apalagi dalam jangka panjang dan berefek pada kesehatan ginjal.

Kunyit juga bermanfaat dalam mengatasi gangguan pada kulit. Kunyit mengandung anti-mikroba, anti-inflamasi dan anti-oksidan sehingga sangat baik digunakan untuk mengobati koreng.

Tidak hanya pada manusia, kunyit juga bermanfaat untuk mengobati luka pada hewan. Ketika kecil dahulu, kami sering diminta oleh ayah untuk mengobati luka atau koreng pada hewan ternak, seperti kambing dan sapi.

Luka ataupun koreng pada hewan ternak diobati dengan parutan kunyit. Sebaiknya dipilih rimpang kunyit yang benar-benar sudah tua. Parutan kunyit tersebut dibalurkan pada luka atau koreng. Biasanya koreng akan mengering dalam beberapa kali pemakaian, dan luka akan tertutup (sembuh) dengan sempurna.

Selain rimpangnya, daun kunyit juga memiliki khasiat sebagai obat kembung pada bayi, caranya, ambil daun kunyit (ambil bagian yang masih muda) dan dipanaskan sebentar di dekat api sampai daun menjadi layu, lalu gosok-gosokkan di telapak tangan dan segera tempelkan ke perut bayi.

Demikian semoga bermanfaat.
⇛ Baca: Mengenal Penyakit Maag

2 komentar untuk "Bukan Hanya Untuk Bumbu Dapur, Kunyit Juga Banyak Manfaat Untuk Kesehatan"

  1. Sip Bos, memang kunyit sangatlah banyak manfaatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, terimakasih sudah sudi mampir di blog sederhana ini

      Hapus

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.