Khasiat Kulit Manggis Diantaranya Untuk Kecantikan Wajah

Jika kita mengenal ada julukan sebagai raja buah, yakni durian, maka tentunya kalau ada raja mesti ada ratu. Siapakah ratu buah? Ratu buah tidak lain adalah buah manggis. Hampir tidak ada orang yang tidak menyukai buah manggis. Rasanya yang manis sedikit asam sangat nikmat terutama pada siang hari yang panas. Namun ternyata selain isi buah manggis, kulit manggis juga memiliki khasiat atau manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kulit manggis yang dahulunya hanya terbuang percuma menjadi sampah, saat ini begitu populer. Ini berkat beberapa penelitian para ahli terutama herbalis yang meneliti kandungan kulit manggis. Dari penelitian diketahui bahwa kulit manggis mengandung xanthone yang merupakan senyawa kimia polyhenolic. Kulit buah manggis mengandung antioksidan untuk membersihkan tubuh dari radikal-bebas.

kulit buah manggis

Karena kandungan antioksidan yang tinggi pada kulit manggis, maka kulit manggis dipercaya dapat mengobati penyakit kanker. Kandungan xanthone pada kulit manggis sekitar 123,97 mg/ml. Dan sekarang, kita bisa dengan mudah menemui berbagai produk olahan kulit manggis untuk kesehatan tubuh, baik berupa jus maupun dalam bentuk bubuk dalam kapsul yang dikemas dan diolah secara modern.

Pada perkembangan selanjutnya, kulit manggis ternyata tidak hanya bermanfaat untuk mengobati kanker, namun juga sangat baik untuk merawat kecantikan kulit. Kulit manggis dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah, membuat kulit wajah menjadi cerah, mengobati atau menghilangkan jerawat, mengencangkan dan menghaluskan kulit wajah, dan yang tak kalah pentingnya adalah sebagai anti-aging/ anti penuaan dini alias sebagai obat awet muda.

Dikarenakan manfaat yang luar biasa itu, maka sekarang anda dapat mencoba dan merasakan manfaat dari kulit manggis. Habis makan buah manggis, jangan buang kulitnya, kulit manggis bisa dikeringkan sehingga kulit manggis kering itu bisa kita rebus dan diminum air rebusannya, namun jangan lupa dicuci terlebih dahulu. Atau bisa juga dibuat sebagai jus dari kulit manggis segar.

Cara mengolah kulit manggis untuk kecantikan


Untuk mendapatkan manfaat dari kulit manggis sebagai sarana kecantikan kulit bisa dilakukan dengan dua cara, yakni meminum jus kulit manggis dan membuat masker wajah dari kulit manggis.

A. Cara Mengolah kulit manggis sebagai jus

Siapkan kulit manggis yang telah dibersihkan, buang bagian terluar dari kulit manggis yang keras lalu haluskan dengan blender serta tambahkan sedikit air. Untuk menambahkan cita rasa, bisa ditambahkan sedikit madu. Minum rutin setiap akan tidur malam dan rasakan khasiatnya.

B. Cara membuat masker kulit manggis

Sebagai obat luar untuk kecantikan kulit, olah kulit manggis baik yang masih segar ataupun yang sudah kering sebagai masker. Kulit manggis yang sudah dibersihkan dihaluskan dengan cara diblender sampai halus serta jangan lupa tambahkan sedikit air. Setelah halus, peras kulit manggis tadi dan diamkan air perasan itu sekitar 2 atu 3 jam sampai terbentuk endapan. Setelah terbentuk endapat atau patinya, buang secara perlahan-lahan air yang terdapat di atasnya. Endapan atau pati inilah yang digunakan sebagai masker wajah.

Selain dibuat jus, untuk mendapatkan manfaat dari kulit manggis juga bisa dilakukan dengan cara merebus kulit manggis itu dengan 3 – 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas dan minum secara rutin.

Namun sedikit catatan di sini, hati-hati bagi penderita penyakit maag dalam meminum jus kulit manggis. Sebab kulit manggis memiliki rasa sedikit kelat dan serat yang lumayan padat. Ini bisa memiliki efek bagi lambung. Untuk meminimalisir efek samping dari kulit manggis, bisa dengan menggunakan kulit manggis kering ataupun dengan cara merebusnya. Atau bisa juga dengan cara instan, yakni mengkonsumsi produk olahan kulit manggis oleh pabrik yang banyak beredar di pasaran atau apotek.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Khasiat Kulit Manggis Diantaranya Untuk Kecantikan Wajah"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel