Manfaat Brotowali Herbal Pahit Banyak Khasiat

Tanaman Brotowali, Bratawali, akar ali-ali atau dalam bahasa latin disebut Tinospora crispa merupakan sejenis tanaman obat tradisional yang walaupun memiliki rasa pahit ternyata memiliki khasiat atau manfaat bagi kesehatan tubuh. Brotowali dapat tumbuh dengan baik di daerah yang sedikit panas.

Bentuk tumbuhan brotowali ini berupa akar dan biasa hidup bergantung di pohon atau di pagar dan akarnya akan terus menjulur sampai ke tanah. Biasanya akar-akar ini dalam jumlah banyak bersusun-susun. Daunnya sedikit lebar mirip daun sirih. Lihat gambar.

tanaman brotowali
Berbicara mengenai khasiat atau manfaat brotowali bagi kesehatan, tidak lengkap rasanya jika tidak kita ungkapkan apa kandungan kimia pada brotowali. Akar Brotowali kaya kandungan alkaloid berberina yang bermanfaat untuk membunuh bakteri pada luka.

Rasa pahit pada brotowali berasal dari zat pikroretin yang dapat meningkatkan atau merangsang kerja urat syaraf, memperbaiki sistem kerja pernafasan dan menurunkan panas tubuh. Selain itu, brotowali juga terdapat zat pati, Palmatin, Hars, Glikosida, dan Kolulin.

Manfaat tanaman brotowali diantaranya adalah:


1. Sebagai Analgesik, yaitu menghilangkan rasa sakit.

Ketika kita menderita demam panas, biasanya sekujur tubuh akan terasa sakit-sakit atau pegal terutama pada daerah persendian. Untuk menghilangkan rasa sakit tersebut, manfaatkan akar brotowali dengan cara meminum air rebusannya.

2. Obat alami diabetes atau penyakit kencing manis

Ada beberapa artikel dalam blog ini yang memuat tentang herbal mengobati diabetes. Selain herbal-herbal yang telah ditulis tersebut, ternyata brotowali juga sangat baik untuk mengobati penyakit diabetes. Zat-zat yang dikandung oleh tanaman brotowali dapat mengontrol kadar gula dalam darah (gula darah) yang apabila terlalu tinggi menyebabkan penyakit diabetes.

Minumlah secara rutin air rebusan akar atau batang brotowali dan rasakan khasiatnya.

3. Obat alami penyakit malaria

Malaria merupakan penyakit yang perlu diwaspadai karena tidak jarang dapat merenggut korban jiwa (kematian). Malaria termasuk penyakit menular yang ditularkan oleh nyamuk yang membawa parasit plasmodium.

Penderita malaria biasanya diberikan obat-obatan yang memiliki rasa pahit seperti kina, sambiloto dan juga brotowali. Untuk mengobati penyakit malaria, akar atau batang brotowali direbus dan air rebusan tersebut dikonsumsi secara rutin pagi dan sore.

4. Sebagai pencegah kanker, tumor dan mengobati penyakit hepatitis

Tumor dan kanker sebagaimana diabetes juga merupakan momok bagi manusia modern. Penyakit ini dipicu diantaranya oleh pola hidup yang tidak teratur. Mengkonsumsi makanan yang mengandung pengawet, pemanis buatan, pewarna buatan dan zat-zat kimia lainnya yang merusak kesehatan tubuh.

Tanaman brotowali memiliki sifat detoks (membuang racun) atau radikal-bebas dari tubuh yang mana radikal-bebas ini merupakan salah satu pemicu sel kanker atau tumor.

Brotowali juga berkhasiat untuk mengobati penyakit hepatitis atau sakit kuning atau demam kuning. Penyakit hepatitis biasanya disebabkan oleh virus dan zat-zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh dan memberatkan sistem kerja organ hati atau liver. Pada blog ini juga sudah ditulis herbal untuk mengobati penyakit hepatitis, diantaranya adalah daun kelor dan temulawak.
Baca: Khasiat Temulawak
Penderita hepatitis dianjurkan untuk mengkonsumsi atau meminum air rebusan batang brotowali.

Selain beberapa manfaat di atas, tanaman brotowali juga bermanfaat untuk:

a. Menambah nafsu makan;
b. Obat gatal-gatal;
c. Penyembuh luka;
d. Mengobati diare;
e. Obat rematik;
f. Mengobati sakit pinggang;
g. Penyembuh penyakit kulit.

Demikian beberapa manfaat dari tanaman brotowali. Cara memanfaatkannya hampir sama, yakni dengan cara merebus batang brotowali dan meminum air rebusan tersebut. Kecuali untuk penyembuhan penyakit kulit seperti eksim, kudis dan sejenisnya.

Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, caranya adalah dengan cara menumbuk daun brotowali, campurkan sedikit belerang dan minyak kelapa lalu oleskan pada kulit yang mengalami gangguan seperti kudis tersebut. Sedangkan jika untuk mengobati penyakit pinggang, batang brotowali ditumbuk dan tempelkan pada pinggang yang terasa sakit.

Jika pembaca tidak mau repot merebus batang brotowali, maka dapat mengkonsumsi produk-produk olahan brotowali yang telah diolah dan dikemas secara modern dan banyak dijual di apotek.

Namun jika mengolah atau merebus sendiri, maka sebaiknya jangan mengkonsumsi dalam jumlah yang berlebihan. Sebab walaupun obat alami namun jika berlebihan juga tidak bagus bagi tubuh. Alih-alih kesembuhan khawatirnya nanti akan datang masalah kesehatan yang baru.
Bahan bacaan:
- https://manfaat.co.id/15-manfaat-brotowali-untuk-obat-tradisional-dan-kesehatan
- wikipedia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Manfaat Brotowali Herbal Pahit Banyak Khasiat"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel