Khasiat Buah Kolang Kaling Untuk Kesehatan

Buah kolang kaling sebagaimana buah kurma adalah merupakan makanan yang lumrah dan sering kita jumpai setiap bulan puasa. Buah kolang kaling biasa dijadikan campuran es cendol, kolak ataupun sebagai manisan. Namun siapa sangka jika buah kolang kaling ini memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh.

Kolang kaling dihasilkan dari buah aren atau enau yang sudah tua. Buah aren ini tidak dapat dikonsumsi sebelum diolah terlebih dahulu. Sebab buah yang belum diolah memiliki getah yang gatal apabila terkena kulit. Buah kolang kaling juga memiliki cangkang yang cukup keras. Oleh karenanya, buah aren yang sudah tua ini direbus dalam drum kemudian dipecahkan kulit luarnya yang keras.
enau
Pohon aren sebagai penghasil kolang kaling masih satu kerabat dengan kelapa. Pohon aren dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi. Selain menghasilkan kolang kaling, pohon aren atau enau juga menghasilkan ijuk dengan beragam manfaat. Batangnya juga bisa diolah untuk diambil sagunya. Lidi dari daun aren bisa dimanfaat sebagai sapu. Pendek kata hampir seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan sebagaimana kelapa.

Lain daerah lain pula penyebutan atau penamaan buah aren aren ini. Masyarakat Jambi menyebut biji buah aren dengan kata buah beluluk yang tidak lain adalah nama dari kolang kaling.

Sebagaimana pada paragraf pertama tadi, bahwa buah aren memiliki beragam khasiat bagi tubuh. Apa saja khasiatnya ?

Sebelum berbicara mengenai khasiat buah kolang kaling, ada baiknya kita mengetahui apa kandungan dalam buah ini.

Buah kolang kaling mengandung 5,2% protein, 0,4 % lemak, 2,5 % abu, 39 % serat dan 52,9 % karbohidrat.

Khasiat Buah kolang Kaling


1. Memperlancar Pencernaan.


Buah kolang kaling sangat baik untuk membantu proses pencernaan. Hal ini dikeranakan buah kolang kaling mengandung serat. Kadar serat dalam buah kolang kaling mencapai 39 %. Proses pencernaan tentunya akan sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

2. Obat Nyeri Sendi.


Buah kolang kaling ternyata juga sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri sendi. Sebab, buah kolang kaling mengandung karbohidrat, galaktomannan. Galaktomannan ini sering diamnfaat sebagai bahan obat-obatan penyakit radang sendi. Galaktomannan memberikan efek sebagai analgesik atau pereda rasa sakit/ nyeri.

3. Menjaga Kesehatan Tulang.


Berdasarkan hasil penelitian, setiap 100 gr buah kolang kaling mengandung 91mg kalsium. Ini menunjukkan bahwa buah kolang kaling mengandung kalsium yang cukup tinggi. Sebagai bahan perbandingan, setiap 100gr susu sapi murni mengandung 125 mg kalsium.
Oleh karena itu, buah kolang kaling dapat dijadikan sebgai sumber kalsium alternatif untuk mencegah osteoporosis.

4. Sumber energi dikala diet.


Buah kolang kaling sangat cocok dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalani diet. Sebab buah kolang kaling memberikan efek mengenyangkan. Juga sebagaimana yang telah disebutkan di atas, bahwa buah kolang kaling kaya akan kalsium. Orang yang sedang diet tentunya akan menghindari mengkonsumsi susu karena khawatir dietnya akan gagal.

5. Menyehatkan Jantung.


Sebagaimana yang kita ketahui bahwa fungsi jantung adalah sebagai pemompa darah. Namun terkadang ada gangguan tertentu yang menyebabkan jantung tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Gangguan yang dimaksud bisa berupa kurangnya kadar natrium dan kalium. Kadar kalium normal dalam tubuh adalah 3,5 – 5,1 mmol/l, sedangkan kadar kalium normal adalah 136 – 134 mmol/l.

Kelebihan atau kekurangan kalium dalam tubuh dapat menyebabkan kematian. Kekurangan natrium dapat mengganggu kontraksi otot jantung. Natrium bersama dengan kalium di dalam tubuh berfungsi mengatur keseimbangan elektrolit, yakni menyeimbangkan penyerapan dan pengeluaran elektrolit.

Disinilan khasiat dari buah kolang kaling untuk menjaga kesehatan jantung, yakni menjaga stabilitas kalium dan natrium dalam tubuh.

Demikian beberapa khasiat yang akan kita dapatkan apabila rutin mengkonsumsi buah kolang kaling ini. Namun sayangnya buah ini akan sulit kita jumpai apabila bukan pada bulan puasa.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Khasiat Buah Kolang Kaling Untuk Kesehatan"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel