Cara Ampuh Cepat Tidur dan Mengatasi Insomnia

Setiap hari selama 1x24 jam, tubuh kita membutuhkan istirahat atau tidur. Tidur adalah merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain makan dan minum. Manusia dapat bertahan tanpa makan dan minum untuk beberapa hari, namun tidak mampu bertahan tanpa tidur. Kurang tidur dapat mengakibatkan beberapa penyakit berbahaya dan mengganggu aktivitas organ tubuh yang penting seperti otak.

Tidur yang berkualitas merupakan suatu kebutuhan dan sangat berpengaruh terhadap kesehatan. Namun, dalam beberapa keadaan ada kalanya kita mengalami gangguan sulit untuk tidur atau menderita insomnia.

Insomnia adalah gangguan yang dialami seseorang berupa kesulitan untuk tidur terutama pada malam hari. Efek buruk bagi penderita insomnia adalah gangguan pada pola makan (kehilangan nafsu makan), pusing dan menderita anemia (tekanan darah rendah). Selain itu, penderita insomnia biasanya juga mudah emosi (marah) dan kehilangan semangat untuk beraktivitas.

susah tidur

Apa penyebab Insomsia atau Susah tidur?


Diantara penyebab susah tidur (insomnia) adalah faktor pikiran seperti stres akibat beban kerja atau persoalan lainnya. Penyebab lainnya adalah karena terlalu lama tidur pada siang hari, mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi pada malam hari, atau bisa juga sebagai efek samping obat yang dikonsumsi.

Bagaimana cara mengatasi sulit tidur atau insomnia itu?


Ada beberapa cara yang bisa anda praktekkan untuk mengatasi susah tidur atau insomnia, diantaranya adalah :

1. Kurangi intensitas cahaya.

Ada sebagian orang yang kesulitan untuk tidur apabila berada pada ruangan yang terang, sebaliknya ada juga yang kesulitan untuk tidur jika berada pada ruangan yang gelap.

Setiap kita tentu memahami kebiasaan masing-masing. Apakah suka pada ruangan yang terang atau gelap. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan cara membuat suasana dalam kamar tidur menjadi remang-remang. Pilih lampu yang tidak terlalu terang dan menyilaukan mata. Bila perlu ganti dengan lampu berwarna seperti warna hijau, biru dan sebagainya. Singkatnya, atur sedemikian rupa pencahayaan dalam kamar agar anda merasa nyaman.

2. Ubah tata letak kamar tidur.

Maksudnya adalah anda dapat membuat suasana baru dengan mengatur tata letak ranjang, lemari dan sebagainya agar suasana hati menjadi fresh. Termasuk juga dalam hal ini dengan mengganti warna atau dekorasi kamar untuk menghilangkan kejenuhan.

3. Jangan minum kopi sebelum tidur.


Bagi sebagian orang, meminum kopi berpengaruh terhadap tidurnya. Ada yang susah untuk tidur setelah minum kopi atau teh. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi atau teh yang membuat anda kesulitan untuk tidur.

4. Jauhkan alat-alat elektronik.


TV dan Handphone disadari atau tidak berpengaruh pada jadwal tidur anda. Saat anda menonton televisi, walaupun dalam keadaan sedang mengantuk namun biasanya tetap tidak bisa tertidur. Begitu juga dengan Handphone.

Hentikan kebiasaan bermain gadget ketika hendak tidur. Anda akan terlena bermain gadget sehingga tanpa disadari jam yang biasanya anda tertidur menjadi terlewat sehingga anda akan kesulitan untuk tidur.

5. Lakukan olahraga ringan.

Olahraga dapat membuat tubuh kita menjadi lelah. Sehingga kemungkinan anda untuk tertidur lebih besar selepas berolahraga. Lakukan push-up, atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah sebelum tidur.

6. Atur Suhu kamar.

Suhu kamar yang agak panas berpengaruh terhadap tidur anda. Buatlah suasana ruangan menjadi sejuk dan segar dengan pendingin ruangan ataupun kipas angin.

7. Hindari Stres

Beban pekerjaan ataupun persoalan dalam kehidupan sangat berpengaruh dalam kualitas tidur.

Tips yang dapat anda coba dalam mengatasi susah tidur akibat permasalahan-permasalahan yang terjadi adalah :

a. Jangan terlalu larut dalam beban fikiran karena masalah itu,
b. Yakinlah bahwa setiap persoalan pasti ada jalan keluarnya dan setiap masalah pasti ada solusi. Tidak ada kesulitan melainkan pasti akan ada kemudahan,
c. Tingkatkan keimanan kepada Tuhan Yang Maha Esa, yakinlah bahwa Tuhan pasti akan menolong kita untuk keluar dari berbagai kesulitan,
d. Perbanyak berzikir terutama istighfar ketika anda sedang berbaring sampai akhirnya anda tertidur.
8. Putar musik klasik/ murottal al-Qur'an.
Baca: 10 Cara Mengobati Hati yang Gelisah
Cara ini sudah saya buktikan sendiri keampuhannya. Sebab saya juga pernah mengalami penyakit susah tidur ini, bahkan sampai mengkonsumsi obat agar bisa tidur. Namun, setelah saya mencoba dengan mendengarkan musik klasik, masalah insomnia dapat diatasi.

Sekarang kebiasaan mendengar musik klasik itu saya ganti dengan mendengarkan murottal al-Qur’an ataupun ceramah. Namun sebaiknya volume dari musik atau murottal itu dibuat kecil agar tidak terlalu mengganggu.

9. Kurangi waktu tidur di siang hari.

Ini merupakan masalah umum. Orang yang terlalu lama tidur pada siang hari umumnya akan kesulitan tidur pada malam harinya.

10. Mandi air hangat.

Mandi pakai air hangat membuat tubuh menjadi rileks. Bisa juga dengan cara merendam telapak kaki sampai mata kaki dengan air hangat untuk relaksasi.

11. Baca Buku atau majalah.

Berlawanan dengan point nomor 4 di atas, cara ini juga ampuh untuk mengatasi insomnia. Bacalah buku atau majalah dengan tema ringan. Sebaliknya hindari membaca buku yang justru semakin membebani pikiran anda, seperti buku-buku filsafat, matematika dan sebagainya.

12. Minum obat tidur.

Ini merupakan solusi terakhir jika beberapa cara di atas tidak manjur. Namun saran saya, sebaiknya pilih obat herbal yang sekarang banyak beredar di apotik dan hindari obat kimia.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi atau menghilangkan susah tidur atau insomnia. Semoga bermanfaat untuk anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Cara Ampuh Cepat Tidur dan Mengatasi Insomnia"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel