Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Sejak berabad-abad yang lalu, ummat-ummat sebelum kita sudah terbiasa menjalani puasa. Jauh sebelum ajaran Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad Saw datang, ritual puasa sudah dijalankan dengan berbagai tata cara, ketentuan-ketentuan dan tujuannya. Ada yang berpuasa untuk mematuhi perintah agama, dan ada juga berpuasa untuk menjaga kesehatan dan lain sebagainya.

Bahkan bukan hanya manusia saja, beberapa jenis hewan juga ada yang menjalani praktek berpuasa. Seperti ayam dan beberapa jenis unggas, mereka berpuasa ketika sedang mengerami telurnya, hal ini berguna untuk menaikkan suhu tubuh yang berguna dalam proses penetasan telur.

ramadhan
Ular juga demikian. Dalam proses pergantian kulit, ular menjalani puasa selama beberapa waktu agar proses pergantian kulit itu dapat terlaksana dengan baik.

Lalu bagaimana dengan manusia? Apa fungsi dan manfaat berpuasa bagi kesehatan tubuh manusia? Semoga artikel singkat ini dapat memberikan jawabannya.

Diketahui bahwa, tubuh manusia memperoleh energi untuk beraktivitas dari zat gula atau glukopsa yang berasal dari makanan yang dikonsumsinya. Zat gula ini tersimpan di lever dan otot tubuh. Apabila cadangan zat gula ini tidak mencukupi untuk menyuplai energi, maka tubuh akan mengambilnya dari lemak tubuh.

Apa manfaat berpuasa bagi manusia?

Sebelum kita berbicara manfaat puasa bagi tubuh, maka penting juga untuk diketahui bahwa berpuasa itu sangat baik untuk kesehatan mental atau psikis atau jiwa. Bagi jiwa, berpuasa berguna untuk mengurangi stres dan depresi. Selama menjalani ibadah puasa, kita merasakan ketenangan batin yang berbeda dengan ketika tidak berpuasa. Ini dapat kita buktikan ketika sudah memasuki bulan suci ramadhan.

Orang yang berpuasa dilatih untuk mengendalikan diri dari sifat rakus, tamak, emosi dan sebagainya. Pada tubuh orang yang berpuasa terutama setelah beberapa hari dari bulan ramadhan, akan terjadi peningkatan hormon endorfin. Hormon ini akan memberikan rasa tenang dan kebugaran sehingga berpengaruh pada kesehatan mental atau psikis.
Baca: Apakah Benar Berpuasa Itu Menyehatkan Tubuh?
Berikut beberapa manfaat berpuasa bagi tubuh.

1. Menyehatkan Jantung.

Orang yang rutin berpuasa seperti puasa sunnah senin kamis termasuk juga puasa di bulan ramadhan akan terlindungi dari resiko serangan penyakit jantung. Sebab sebagaimana pada penjelasan di atas, pada tubuh orang yang berpuasa akan terjadi proses pembakaran lemak untuk menyuplai energi tubuh. Timbunan lemak inilah yang menyebabkan seseorang beresiko terkena penyakit jantung.

2. Mengobati Diabetes.

Berpuasa juga berguna untuk mencegah atau mengobati diabetes. Sebagaimana yang diketahui bahwa timbunan zat gula dalam darah beresiko menyebabkan penyakit diabetes atau kencing manis.

3. Menyehatkan sistem pencernaan.

Berpuasa memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat. Umumnya orang berpuasa itu antara 12 sampai 14 jam. Ini berguna untuk memberikan kesempatan kepada sistem pencernaan beristirahat dari aktivitasnya dan mengurangi beban kerja lambung.

4. Membersihkan tubuh dari endapan racun.

Racun yang mengendap selama beberapa waktu akat dibersihkan secara alami oleh tubuh. Tentu kondisi ini memberikan efek yang menyehatkan bagi tubuh.

5. Meregeneri sel tubuh.

Sebagaimana yang dicontohkan di atas, bahwa ular akan berpuasa selama beberapa hari sebelum berganti kulit. Demikian juga dengan tubuh manusia. Dengan berpuasa, berarti beberapa oragan tubuh yang sangat penting dapat beristirahat. Ini berarti memberikan kesempatan kepada organ-organ tersebut untuk meregenerasi sel mereka.

6. Memperbaiki metabolisme tubuh.

Terkadang kita terlalu berlebihan dalam makan dan minum. Hal ini membuat metabolisme dalam tubuh menjadi tidak teratur. Tubuh kita merupakan satu kesatuan yang unik dengan peran dan fungsinya masing-masing yang sudah ditentukan oleh sang Maha Pencipta. Dengan berpuasa, metabolisme tubuh menjadi terkendali dan ini memberikan efek menyehatkan.

Itulah beberapa manfaat berpuasa bagi tubuh yang tentunya tidak hanya sekedar yang tertulis di atas.

Namun berpuasa yang bagaimana yang menyehatkan itu? Berpuasa yang menyehatkan itu adalah berpuasa yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

Rasulullah SAW berpuasa dengan didahului makan sahur, kemudian berbuka dengan yang manis terutama kurma dan tidak berlebihan dalam berbuka. Lalu Nabi SAW shalat maghrib terlebih dahulu sebelum makan makanan berat.

Nabi SAW tidak membuat lambung langsung penuh ketika berbuka puasa, namun menyisakan tempat untuk udara, air dan makanan.

Demikian sedikit mengenai manfaat berpuasa bagi tubuh,. Semoga puasa kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Amiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Manfaat Puasa Untuk Kesehatan Tubuh dan Mental"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel