10 Cara mengobati hati yang gelisah

Al Qur'an merupakan syifa un lima fish shudur yaitu obat bagi segala penyakit yang ada di dalam dada manusia. Rasa gundah atau gelisah memang sering menghinggapi siapa saja, hanya saja dalam menyikapinya lain orang lain caranya.

Tulisan singkat ini semoga bermanfaat untuk mengobati hati yang gelisah, gundah gulana, stres, panik, susah tidur karena terlalu banyak persoalan hidup yang harus segera diselesaikan.

Bagi orang yang beriman, ketika hati gundah, fikiran mumet dan kalut, mereka segera mencari obat yaitu dengan membaca al-Qur;an dan mendekatkan diri kepada Allah Swt. Sebaliknya, orang yang lemah iman bahkan kafir, dalam menyikapi persoalan hidup biasanya akan membuat mereka gundah, stres bahkan bisa berakibat bunuh diri.
gelisah

Apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengobati hati yang sedang gundah gulana?

Pertama Berbaik sangka (positive thinking) kepada Allah.

Hal ini sebagaimana yang Allah jelaskan dalam al-Qur'an surah al-Baqoroh : 216
".....Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagi mu, dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagi mu.

Kedua Meningkatkan keimanan kepada Allah dan hari akhirat.

Sebab, iman kepada Allah dan hari akhir merupakan suplemen pendorong kita untuk bersabar dalam menjalani hidup karena Allah sudah menjanjikan surga yang luasnya seluas langit dan bumi bagi orang-orang yang beriman dan bertaqwa kepada Allah Swt, sehingga kesulitan-kesulitan yang terjadi diatas dunia ini, bagi orang yang kuat imannya, akan terasa ringan.

Ketiga yaitu dengan berbakti kepada kedua orang tua. Sebab ridho Allah tergantung pada ridho kedua orang tua.

Keempat Memperbanyak zikir kepada Allah SWT.

Kelima Membaca al-Qur'an.

Al-Qur'an adalah kalam Allah yang jika dibaca akan membuat hati menjadi tenang. Al-Qur'an adalah penyembuh atas segala penyakit, baik penyakit jasmani maupun penyakit rohani.

Keenam Meyakini bahwa setip permasalahan yang kita hadapi dalam hidup ini pasti mengandung hikmah untuk kebaikan kita di masa depan.

Ketujuh Yakin dengan seyakin-yakinnya bahwa setiap persoalan atau setiap kesulitan itu pasti ada kemudahan dan jalan keluar (solusi) nya.

Kedelapan Laksanakan shalat di waktu malam (tahajjud) kemudian berdo'a kepada Allah agar setiap masalah yang kita hadapi itu diberikan solusi penyelesaian yang terbaik.

Kesembilan Bersedekah.

Sedekahkan dari sebagian rezeki yang telah Allah karuniakan oleh Allah kepada kita. Sedekah dapat menolak balak dan mendatangkan pertolongan dari Allah.

Kesepuluh Jalin Silaturrahmi.

Silaturrahmi yang kita lakukan itu dapat membuka pintu rezeki, memperpanjang umur dan tentu saja membawa kebaikan-kebaikan untuk diri kita.

Demikian Semoga bermanfaat bagi kita semua.

wallahu a'lam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"10 Cara mengobati hati yang gelisah"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel