Tips Sukses Menjalani Ibadah Puasa

Sahabat yang baik hati, bagaimana kabarnya setelah lebih satu minggu berpuasa? Semoga masih dalam keadaan sehat dan bugar. Blog Kholis Tembesi ingin berbagi sedikit tips agar sukses dalam menjalani ibadah puasa.

Bagi sebagian orang, berpuasa merupakan sesuatu yang berat untuk dijalani, dan bagi sebagaian lain, berpuasa itu menyenangkan. Namun yang jelas, bahwa berpuasa itu adalah kewajiban yang dibebankan oleh Allah kepada orang-orang yang beriman, dan setiap yang Allah anjurkan/ perintahkan itu pasti ada kebaikan di dalamnya.
puasa
Berikut akan saya sampaikan tips agar puasanya lancar tidak ada hambatan berdasarkan apa yang saya lakukan.

1. Jangan lupa untuk makan sahur

Makan sahur merupakan sunnah puasa, dan dianjurkan untuk santap sahur agak dipelankan, kebalikan dari berbuka yang disunnahkan untuk disegerakan apabila telah masuk waktunya.

Ketika makan sahur, makanlah makanan yang mengandung gula alami seperti buah kurma, sebab kurma kaya akan kalori yang berguna untuk aktivitas kita pada siang hari. Sebaliknya hindari/ kurangi makan makanan yang manis dari gula atau sirup, sebab itu memicu asam lambung berlebih dan membuat perih pada lambung.

2. Perbanyak minum air putih

Ketika berbuka atau sahur, perbanyaklah minum air putih. Minum air putih dalam jumlah yang cukup dapat membatu memperlancar metabolisme tubuh serta mencegah tubuh kekurangan cairan/ dehidrasi.

3. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

Ketika berpuasa, tubuh kekurangan zat-zat yang dibutuhkan, sehingga untuk beraktivitas, tubuh memanfaatkan simpanan kalori yang ada. oleh karena itu, ketika berbuka atau sahur, cukupi kebutuhan tubuh terhadap vitamin dan zat-zat penting lainnya.

4. Konsumsi Habtatussauda'

Habbatus sauda' atau jintan hitam merupakan obat sekaligus suplemen yang berguna bagi tubuh. Terutama bagi penderita penyakit maag, konsumsi kapsul habbatus sauda' ketika sahur, efektif untuk mencegah rasa nyeri lambung. Biasanya orang yang berpuasa dan menderita penyakit maag, akan terasa tersiksa ketika jam 9 s/d 11 siang.

5. Istirahat yang cukup

Ketika datang bulan puasa, pola tidur kita tentu saja berubah. Biasanya kita akan terbangun pada jam 5 misalnya, tetapi ketika bulan puasa kita sudah harus bangun pukul 3 pagi. Namun jangan pernah tergoda untuk segera tidur setelah makan sahur, sebab itu berbahaya bagi tubuh dan memicu datangnya penyakit. Sebaiknya tidur ketika sudah sedikit beraktivitas, seperti setelah shalat subuh, dan lebih baik lagi apabila sudah di atas jam 10 pagi.

Demikian sedikit tips agar puasa kita lancar tanpa kendala sampai datangnya hari raya 'idul fitri.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Tips Sukses Menjalani Ibadah Puasa"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel