Apa Khasiat habbatus Sauda'

(Khasiat Habbatus sauda berdasarkan Hadits Nabi Muhammad. SAW)

Sahabat yang di muliakan Allah.

Kembali akan saya sampaikan Hadits Nabi Muhammad Saw mengenai pengobatan. Tentunya sudah banyak artikel yang membahas mengenai khasiat habbatus sauda' untuk mengobati segala penyakit, namun di sini saya ingin melihatnya dari kajian hadits dan dunia sains.

Diriwayatkan oleh Imam Bukhori dari Abu Hurairah. ra, bahwa Rasulullah Saw bersabda :
في الحبة السوداء شفاء من كل داء الا السام
"Di dalam Habbatus sauda' terkandung obat bagi segala penyakit kecuali racun (kematian)

Hadits ini juga diriwayatkan oleh Imam Muslim, Imam at-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Imam Ahmad dengan sanad yang shahih.

habba

Habbatus sauda' atau biasa diartikan jintan hitam merupakan buah dari tanaman rumput-rumputan yang tumbuh tahunan dan termasuk dalam famili Anemone. tanaman ini tumbuh di lembah Laut Tengah dan dibudidayakan di berbagai belahan dunia. Nama ilmiahnya adalah Nigella Sativa dan memiliki nama-nama lokal di masing-masing negara.

Di Mesir tanaman ini dinamakan Habbah Barakah, di Syam dinamakan Quzhah, di Yaman di sebut Qahthah, di Maroko disebut Sanuj, Sinuj dan Zarrarah sedangkan di Persia/ Iran disebut Syunuz, Syiniz atau Siyahdanah.

Habbatus sauda' berbiji belah, beraroma tajam dan biasa digunakan sebagai salah satu bumbu masakan sebagai penyedap rasa.

Para ilmuwan sejak dahulu sampai masa sekarang terdorong untuk meneliti kemungkinan biji yang diberkahi ini untuk mengobati beberapa penyakit setelah membaca hadits Nabi Muhammad di atas. Hal ini berawal dari kata syifa' (obat) dalam redaksi hadits tersebut mengandung makna umum, bukan khusus, sehingga sebagian ada yang berpendapat bahwa jintan hitam ini tidak berlaku umum untuk segala penyakit, dan tingkat kesembuhan dengan jintan hitam ini bisa bertambah atau berkurang tergantung parah atau tidaknya suatu penyakit tersebut.

Namun seorang pakar Muslim imigran Amerika keturunan Mesir, Prof. Dr. Ahmad Ahmad al-Qadhi melakukan penelitian uji validitas terhadap hadits ini menurut kaca mata dunia medis. Dari penelitian tersebut ia berkesimpulan bahwa : "Habbatus Sauda' merupakan biji-bijian yang mengandung obat bagi segala macam penyakit, kecuali kematian. Bahkan dapat dipastikan bahwa habbatus sauda' ini memiliki hubungan langsung dengan sistem kekebalan tubuh manusia yang difungsikan oleh Allah sebagai sistem pertahanan tubuh dalam melawan penyakit".

Prof. Ahmad lantas melakukan pengujian hubungan ini terhadap beberapa penderita penyakit yang disebabkan oleh kekurangan imunitas. Dari percobaan ini dapat diketahui bahwa mengkonsumsi habbatus sauda' secara teratur dengan dosis yang tepat menunjukkan peningkatan drastis pada jumlah sel kekebalan tubuh yang disebut sel T4-T8.

Oleh karena itu, Prof. Ahmad memproduksi kapsul yang mengandung Habbatus sauda', bawang putih dan madu dengan komposisi yang dihitung dengan sangat teliti. Kapsul ini kemudian ia beri nama sesuai huruf awal bahan-bahannya, yaitu Conigar (Combined Nigella Sativa and Garlic).

Lembaga resmi amerika telah menyetujui untuk memberikan izin produksi kapsul ini karena khasiatnya telah terbukti secara efektif dalam mengobati penyakit kekurangan imunitas. Padahal biasanya penyakit akibat kekurangan imunitas ini tidak cocok dengan bahan-bahan alami kecuali dengan tingkat kesulitan yang tinggi dan dalam batasan tertentu.

Masyarakat Mesir kuno, Arab dan Persia juga telah mengenal dan mengkonsumsi jintan hitam ini untuk pengobatan. mereka menyebutkan bahwa habbatus sauda' memiliki manfaat yang besar dalam mengobati penyakit, seperti gangguan pernafasan termasuk pilek, radang tenggorokan dan bronkhitis. juga untuk mengobati gangguan sistem urinari/ sistem reproduksi dan sebagian penyakit kulit seperti kutil dan rambut rontok.
Baca: Apa Khasiat Minyak Zaitun?
Baru-baru ini juga telah dibuktikan bahwa habbatus sauda' dapat menyembuhkan beragam penyakit lain, seperti asma, hipertensi, gangguan pencernaan serta beberapa penyakit yang disebabkan oleh virus seperti liver (hepatitis) dan lain sebagainya.

Namun, tidak ada yang menyadari pada zaman dahulu bahwa habbatus sauda' ini memiliki hubungan yang sangat erat dengan sistem kekebalan tubuh, sebagaimana yang disebutkan dalam Hadits di atas bahwa didalam habbatus sauda' terkandung obat bagi segala macam penyakit kecuali kematian.

Hasil penelitian beberapa tahun terakhir membuktikan bahwa biji habbatus sauda' mengandung minyak tetap dengan persentase 33 % dan minyak yang mudah menguap sebanyak 1,5 %. Minyak ini mengandung zat yang sangat ampuh dalam menguatkan sistem kekebalan tubuh, yaitu zat nigellone. dari hasil penelitian juga diketahui bahwa zat ini memiliki peran yang efektif dalam meningkatkan kemampuan pertahanan bagi sistem kekebalan tubuh manusia.

Mengingat khasit yang terkandung dalam habbatus sauda', sekarang telah panyak yang memproduksi biji barakah ini, baik dalam bentuk kapsul maupun minyak saja, dan kapsul pun ada yang berisi minyak dan serbuk biji habbatus sauda' sehingga kita dapat memanfaatkannya untuk menjaga kesehatan.

Semoga bermanfaat. amiin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Apa Khasiat habbatus Sauda' "

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel