Al-Qur'an Berbicara Tentang Unta

Unta memang bukan termasuk hewan yang indah secara keseluruhan, dapat berlari kencang, kuat ataupun setia kepada majikan sebagaimana hewan-hewan lain. Namun hebatnya, unta disebutkan di dalam al-Qur'an.

Unta terdiri atas sedikit campuran-campuran dari sedikit sifat-sifat tadi. Hal ini membentuk karakter yang sangat spesifik pada diri unta, suatu karakter yang dibutuhkannya untuk dapat bertahan hidup ditengah gurun pasir yang keras.

Perhatikan ayat al-Qur’an di bawah (surah al-Ghasyiyah : 17).

unta
Unta dan gurun pasir adalah suatu perpaduan yang sangat sempurna. Kemampuan untuk beradaptasi dengan alam bagaimanapun kondisinya membuat manusia untuk memanfaatkannya sebagai alat transportasi.

Perhatikan ayat 5-7 surah an-Nahl berikut :
5). dan Dia telah menciptakan binatang ternak untuk kamu; padanya ada (bulu) yang menghangatkan dan berbagai-bagai manfaat, dan sebahagiannya kamu makan.
6). dan kamu memperoleh pandangan yang indah padanya, ketika kamu membawanya kembali ke kandang dan ketika kamu melepaskannya ke tempat penggembalaan.
7). dan ia memikul beban-bebanmu ke suatu negeri yang kamu tidak sanggup sampai kepadanya, melainkan dengan kesukaran-kesukaran (yang memayahkan) diri. Sesungguhnya Tuhanmu benar-benar Maha Pengasih lagi Maha Penyayang,

Tanpa unta, pejalanan melintasi gurun pasir pada masa lalu adalah suatu hal yang hampir mustahil. Selama berabad-abad, manusia memanfaatkan unta agar dapat melintasi gurun pasir untuk mencapai tujuan perjalanan mereka.

Unta ada dua jenis, yang berpunuk satu dan berpunuk dua. Unta berpunuk dua ditemukan hidup liar di Mongolia, Asia Tengah. Bila dibandingkan dengan unta berpunuk satu, unta ini relatif lebih pendek namun lebih gemuk. Unta jenis ini hidup dikawasan berbatu dan bersuhu rendah, yang membuatnya memiliki daya tahan dan kekuatan yang mengagumkan.

Unta ini (berpunuk dua) mampu menempuh jarak tidak kurang dari 35 km dalam sehari dengan membawa beban seberat 500 kg. Sedangkan unta berpunuk satu, banyak ditemukan dipadang pasir jazirah arab dan afrika.
Baca :
- Al-Qur'an berbicara mengenai hujan
- Al-Qur'an berbicara tentang siklus air
Saat ini, tidak ada lagi unta liar karena sudah diternakkan. Makanan yang biasa dikonsumsinya adalah kurma, rumput, dan biji gandum. Selain itu, unta juga bisa makan daun-daun semak perdu, daun kering dan biji-bijian kering.

Kaki unta memiliki kuku yang melebar, yang membuatnya tidak mudaah terperosok kedalam pasir yang lembut.mukanya memiliki bentuk yang unik sehingga terlindungi secara maksimal dari sinar mata hari dan debu pasir. Bulu mata dan kelopak matanya yang berlapis mampu melindungi matanya dari badai pasir. Lubang hidungnya juga mempunyai katup yang berguna untuk melindungi masuknya pasir. Untuk hal yang sama, telinga unta memiliki bulu-bulu yang cukup lebat, baik bagian luar maupun bagian dalam.

Punuk unta terdiri dari lemak yang berfungsi sebagai persediaan makanan. Pada saat kelaparan, punuk itu akan menyusut. Sedangkan mulut unta terdiri dari lapisan yang kuat, yang memungkinkannya untuk memotong dan mengunyah semak berduri tanpa terluka.

Unta merupakan satu dari sedikit hewan yang bisa berkeringat. Berkeringat adalah metode pendinginan yang efisien dan tidak membuat tubuh unta mengalami dehidrasi. Unta baru akan berkeringat jika mencapai suhu badan tertentu. Ketebalan bulu pada tubuh unta mampu menghalangi sengatan sinar matahari secara langsung ke kulitnya, sehingga suhu badannya menjadi stabil.

Unta tidak pernah kehilangan air dari darahnya. Air yang menguap dari tubuhnya adalah air yang berada di otot dan dangingnya saja. Hal ini membuat darahnya tetap encer sehingga sirkulasi darah tidak terganggu. Hal sebaliknya akan terjadi pada manusia. Dalam kondisi dehidrasi, darah manusia menjadi sangat kental dan sulit bersirkulasi.

Unta minum berdasarkan keperluan. Apabila ia kehilangan 20 liter dalam dua hari terakhir, maka ia akan minum sebanyak 20 liter air saja. Ia dapat minum dengan cepat, 50 liter air dapat diminumnya hanya dalam beberapa menit saja.

Sungguh suatu penciptaan Allah yang sangat mengagumkan. Sebagaimana ketangguhan tubuhnya, susu unta juga sangat baik bagi kesehatan manusia. Susu unta mengandung vitamin C dalam konsentrasi tinggi.
Baca: Al-Qur'an berbicara mengenai lebah

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Al-Qur'an Berbicara Tentang Unta"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel