Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gunung-gunung sebagai Pasak pengokoh bagi bumi

Apakah Fungsi Gunung (Mountain) bagi Bumi? (kajian hadits)

Sahabat yang berbahagia. Kita kembali mencoba mengulas suatu hadits Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم yang berbicara mengenai isyarat sains, bahwa gunung-gunung yang ada di atas permukaan bumi ini adalah merupakan pasak-pasak pengokoh bagi bumi.

Hadits tersebut sebagai berikut :

Diriwayatkan oleh Imam Ahmad bin Hanbal dalam Musnad-nya. Katanya :

Kami mendapati hadits dari Muhammad bin Basysyar, dari Yazid bin Haru, dari al-Awwam bin hausyab, dari Sulaiman bin Abu Sulaiman dari Anas bin Malik dari Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, beliau bersabda :
"Begitu Allah selesai menciptakan bumi, bumi itu bergoyang-goyang, maka Allah segera menciptakan gunung-gunung dan berfirman kepada gunung-gunung tersebut, "Jadilah dan menetaplah di atasnya", lalu bumi pun menjadi tenang.

Para malaikat takjub dengan kehebatan gunung dan berkata: "Ya Allah, apakah ada di antara makhluk Mu yang lebih hebat dari gunung?
Allah menjawab : ada, yaitu api.

Malaikat bertanya lagi: apakah ada diantara makhluk-Mu yang lebih hebat dari api? Allah menjawab, ada yaitu air.

Malaikat kembali bertanya: adakah ada di antara makhluk-Mu yang lebih hebat dari air?

Allah menjawab, ada, yaitu angin,

Malaikat kembali bertanya: adakah yang lebih hebat dari angin?

Allah menjawab, ada, yaitu anak keturunan Adam (manusia) yang memberikan sedekah dengan tangan kanannya sambil menyembunyikan dari tangan kiri.

Imam at-Tirmidzi mengatakan : "hadits ini adalah gharib yang tidak kami ketahui status marfu'nya kecuali dari jalur periwayatan ini".

mountain

Sahabat yang berbahagia.

Secara tekstual, hadits ini memberikan pelajaran bahwa manusia bisa menjadi lebih mulia dari semua makhluk Allah yang lain, jika kita bersedekah dengan tidak bermaksud untuk riya' (pamer).

Namun disamping itu akan lebih menarik jika kita juga berusaha memahami hadits ini dari sisi kajian ilmiahnya.

Hadits ini sejalan dengan ayat al-Qur'an surah an-Nazi'at (79) : 32-33

وَالْجِبَالَ اَرْسٰىهَاۙ مَتَاعًا لَّكُمْ وَلِاَنْعَامِكُمْۗ
32). Gunung-gunung Dia pancangkan dengan kukuh.
33). (Semua itu disediakan) untuk kesenanganmu dan hewan ternakmu.

Isyarat ini terulang dalam 9 (sembilan) ayat lainnya, seperti pada surah ar-Ra'du (13) : 3,

وَهُوَ الَّذِيْ مَدَّ الْاَرْضَ وَجَعَلَ فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْهٰرًا ۗوَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِ جَعَلَ فِيْهَا زَوْجَيْنِ اثْنَيْنِ يُغْشِى الَّيْلَ النَّهَارَۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيٰتٍ لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ
13). “Dialah yang menghamparkan bumi dan menjadikan gunung-gunung dan sungai-sungai padanya. Dia menjadikan padanya (semua) buah-buahan berpasang-pasangan (dan) menutupkan malam pada siang.*) Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berpikir”.
........................

*) Topografi daratan bumi berupa hamparan dan gunung-gunung. Di antaranya ada sungai-sungai. Daratan itu menjadi tempat tumbuhnya tanaman penghasil buah-buahan yang penyerbukannya dapat terjadi karena struktur bunga yang berpasangan, jantan dan betina. Semuanya mengalami siang dan malam karena proses perputaran bumi.

Surah al-Hijr (15) : 19,

وَالْاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ مَّوْزُوْنٍ
19). Kami telah menghamparkan bumi, memancangkan padanya gunung-gunung, dan menumbuhkan di sana segala sesuatu menurut ukuran(-nya).

Surah an-Nahl (16) : 15,

وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَاَنْهٰرًا وَّسُبُلًا لَّعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَۙ
15). Dia memancangkan gunung-gunung di bumi agar bumi tidak berguncang bersamamu serta (menciptakan) sungai-sungai dan jalan-jalan agar kamu mendapat petunjuk.

Surah al-Anbiya' (21) : 31,

وَجَعَلْنَا فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِهِمْۖ وَجَعَلْنَا فِيْهَا فِجَاجًا سُبُلًا لَّعَلَّهُمْ يَهْتَدُوْنَ
31). Kami telah menjadikan di bumi gunung-gunung yang kukuh agar (tidak) berguncang bersama mereka dan Kami menjadikan (pula) di sana jalan-jalan yang luas agar mereka mendapat petunjuk.

Surah an-Naml (27) : 61,

اَمَّنْ جَعَلَ الْاَرْضَ قَرَارًا وَّجَعَلَ خِلٰلَهَآ اَنْهٰرًا وَّجَعَلَ لَهَا رَوَاسِيَ وَجَعَلَ بَيْنَ الْبَحْرَيْنِ حَاجِزًاۗ ءَاِلٰهٌ مَّعَ اللّٰهِ ۗبَلْ اَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُوْنَ ۗ
Apakah (yang kamu sekutukan itu lebih baik ataukah) Zat yang telah menjadikan bumi sebagai tempat berdiam, menjadikan sungai-sungai di celah-celahnya, menjadikan gunung-gunung untuk (mengukuhkan)-nya, dan menjadikan suatu pemisah antara dua laut?**) Apakah ada tuhan (lain) bersama Allah? Sebenarnya kebanyakan mereka tidak mengetahui.
..............

**) Ungkapan dua laut pada ayat ini merujuk pada laut yang asin dan sungai besar yang bermuara di laut. Sungai yang tawar itu setelah sampai di muara tidak langsung menjadi asin.

Surah Luqman (31): 10,

خَلَقَ السَّمٰوٰتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا وَاَلْقٰى فِى الْاَرْضِ رَوَاسِيَ اَنْ تَمِيْدَ بِكُمْ وَبَثَّ فِيْهَا مِنْ كُلِّ دَاۤبَّةٍۗ وَاَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاۤءِ مَاۤءً فَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيْمٍ
31). “Dia menciptakan langit tanpa tiang (seperti) yang kamu lihat dan meletakkan di bumi gunung-gunung (yang kukuh) agar ia tidak mengguncangkanmu serta menyebarkan padanya (bumi) segala jenis makhluk bergerak. Kami (juga) menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami menumbuhkan padanya segala pasangan yang baik”.

Surah Fushshilat (41) : 10,

وَجَعَلَ فِيْهَا رَوَاسِيَ مِنْ فَوْقِهَا وَبٰرَكَ فِيْهَا وَقَدَّرَ فِيْهَآ اَقْوَاتَهَا فِيْٓ اَرْبَعَةِ اَيَّامٍۗ سَوَاۤءً لِّلسَّاۤىِٕلِيْنَ
Dia ciptakan pada (bumi) itu gunung-gunung yang kokoh di atasnya, lalu Dia memberkahi dan menentukan makanan-makanan (bagi penghuni)-nya dalam empat masa yang cukup untuk (kebutuhan) mereka yang memerlukannya.

Surah Qaf (50): 7

وَالْاَرْضَ مَدَدْنٰهَا وَاَلْقَيْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ وَاَنْۢبَتْنَا فِيْهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍۢ بَهِيْجٍۙ
7). (Demikian pula) bumi yang Kami hamparkan serta Kami pancangkan di atasnya gunung-gunung yang kukuh dan Kami tumbuhkan di atasnya berbagai jenis (tetumbuhan) yang indah.

Dan Surah Mursalat (77) : 27.

وَّجَعَلْنَا فِيْهَا رَوَاسِيَ شٰمِخٰتٍ وَّاَسْقَيْنٰكُمْ مَّاۤءً فُرَاتًاۗ
27). Kami menjadikan padanya gunung-gunung yang tinggi dan memberi minum kamu air yang tawar?

Para ilmuwan banyak berbeda pendapat dalam memahami peran gunung-gunung dalam mengokohkan bumi. sebab, kendati total keseluruhan massa gunung di atas permukaan bumi sangat besar, ia tetap tidak sebanding dengan massa bumi secara keseluruhan yang bobotnya mencapai kira-kira 1 miliar triliun ton.

Begitu juga ketinggian gunung, meski menjulang, ia tetap tidak sebanding dengan panjang jari-jari (diameter) lingkaran bumi. sebab, selisih antara ketinggian puncak gunung yang tertinggi di dunia (Mount Everest dengan ketinggian 8.848 M) dengan kedalaman palung yang paling dalam (yaitu palung Mariyana di dekat kepulauan Filipina dengan kedalaman sekitar 11 KM) sangat tidak sebanding, padahal radius khatulistiwa bumi mencapai 6378,160 KM.

Dari situ tampak kemungilan kecekungan dan kecembungan bumi jika dibandingkan dengan radiusnya, dan persentasenya pun tidak lebih dari 0,3 % dari total radius bumi.

Dari sini muncul pertanyaan yang menggoda akal, bagaimana mungkin gunung mampu menstabilkan bumi sementara bobot massa dan dimensinya begitu kecil jika dibandingkan dengan massa dan dimensi bumi?

Pertanyaan ini baru dapat dijawab pada pertengahan tahun 60-an abad ke-20 ketika hasil penelitian berhasil menemukan bahwa kerak bebatuan bumi terpecah oleh jaring retak yang membentang puluhan ribu kilometer dan yang mengelilingi bumi ini secara keseluruhan dengan kedalaman yang berkisar 65 s/d 150 KM.

Hal ini mengakibatkan terpecahnya bebatuan bumi menjadi sejumlah lempengan bebatuan yang terpisah satu sama lain dengan tingkat perpecahan masing-masing. Lempengan-lempengan kerak bebatuan bumi ini mengapung di atas lapisan elastis bumi yang semi cair dan memiliki tingkat kepadatan dan kelekatan yang tinggi yang disebut "Lapisan Lunak Bumi".

Silahkan baca artikel tentang "Tujuh Lapis Bumi"
Pada lapisan lunak ini, arus panas yang bergerak seperti kumparan yang berputar yang sangat kuat mengaktifkan arus-arus pembawa yang mendorong lempengan-lempengan kerak bebatuan bumi untuk menjauh satu sama lain atau berbenturan satu sma lain dengan kecepatan luar biasa yang membuatnya tidak layak dihuni oleh makhluk hidup apa pun.

Tidak ada yang mampu menenangkan dan menghentikan gerakan-gerakan liar lempengan kerak bebatuan bumi ini selain terbentuknya rangkaian-rangkaian pegunungan selama berfase-fase hingga mencapai fase final yang ditandai dengan digunakannya kedalaman samudera yang memisahkan antara dua benua yang saling berjauhan secara penuh.

Yaitu dengan mendorong salah satu benua pada kedalaman tersebut di bawah benua yang lain, sehingga kedua benua bertabrakan dan menekan bebatuan yang menggumpal diantara keduanya dalam bentuk rangkaian pegunungan besar yang membentangkan pasak-pasaknya untuk mengokohkan salah satu benua dengan bebatuan yang lain.

Pasak pegunungan juga mengokohkan penopang-penopang yang terpancang di bumi sebagaimana yang terjadi dengan pergeseran ke arah benua Asia, sehingga kedua benua (India dan Asia) pun bertabrakan dan menghasilkan terbentuknya pegunungan Himalaya sebagai rangkaian pegunungan yang terbaru di muka bumi sekaligus yang paling tinggi.

Proses di atas merupakan proses pengokohan massa benua-benua di atas permukaan bumi, sementara mengenai proses pengokohan bumi sebagai planet, sudah diketahui adanya bahwa akibat perputaran bumi pada porosnya, bentuk bumi berubah dari bulat sempurna menjadi elips.

Kawasan di garis khatulistiwa bumi agak cembung sedangkan kawasan di dua kutub agak datar. Kecembungan garis khatulistiwa ini membuat poros putarannya menjadi lambat dan dikenal dengan istilah badariyyah.

Dalam kondisi demikian, poros bumi bergoyang-goyang dan bergerak-gerak dengan gerakan yang berlawanan dengan gerakan bulan dan matahari, juga dengan benda-benda yang bergerak secara konstan dalam takaran dan arah kekuatan yang sama cepat.

Gerakan yang cenderung liar ini diperkecil oleh keberadaan gunung-gunung yang memiliki akar yang menancap di kerak bebatuan bumi yang bentangan kedalamannya mencapai 10 hingga 15 kali lipat ketinggiannya di atas permukaan bumi.

Keberadaan gunung-gunung ini meminimalisir keliaran gerakan atau goyangan poros putar bumi dan menjadikannya lebih stabil dan lebih teratur dalam proses rotasinya mengelilingi porosnya, juga menjadikan goyangan dan gocangannya lebih rendah. persis seperti seperti apa yang dilakukan ruas-ruas timah di sekitar ban mobil yang memperkecil goncangan dan goyangan ban selama ban berputar.

Dari sini terlihat jelas suatu bentuk mukjizat saintis dalam hadits Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم sebagaimana hadits di awal tadi. Semoga kajian singkat ini bermanfaat bagi kita semua dan dapat menambah keimanan kita kepada Allah dan Rasul-Nya.

2 komentar untuk "Gunung-gunung sebagai Pasak pengokoh bagi bumi "

  1. Ini semakin menambah keimanan kita bahwa manusia hanya mahkluk lemah.

    BalasHapus
  2. @Kang Jumanto
    iya kang, ternyata apa yang ilmuwan temukan sekarang sudah terlebih dahulu di isyaratkan oleh Nabi Muhammad Saw

    BalasHapus

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.