Tujuh Lapis Bumi

Tujuh Lapis Bumi dalam Hadits Nabi Muhammad Saw

Sahabat yang berbahagia. Kita kembali akan mengulas hadits Nabi Muhammad Saw yang di ucapkan 14 abad yang lalu dan dibuktikan kebenarannya di zaman sekarang dalam kajian ilmiah. Apa sebenarnya yang dimaksud dengan tujuh lapis bumi itu sebenarnya?

Diriwayatkan oleh Imam Bukhori, bahwa Rasulullah Saw bersabda " Barang siapa berbuat kezhaliman (Menyerobot tanah orang lain) meski hanya satu jengkal saja, maka akan dikalungkan kepadanya dari tujuh (lapis) bumi".

Hadist di atas, secara umum dapat kita pahami yaitu pelarangan segala bentuk kezhaliman berupa menyerobot tanah orang lain walau hanya sejengkal.

Namun secara kajian kosmologis, hadits di atas mengandung isyarat akan jawaban dari pertanyaan yang muncul di benak kita, seperti :

- Apakah tujuh bumi itu adalah tujuh planet yang terpisah dari bumi kita ?
- Apakah tujuh bumi itu merupakan planet-planet lain yang masih satu galaksi dengan bumi ?
- atau apakah tujuh bumi itu berada dalam galaksi yang berbeda?
- atau apakah tujuh bumi itu merupakan tujuh lapisan tanah dari planet bumi ini ?

Tanpaknya pertanyaan terakhir lebih mendekati dengan isyarat Hadits Nabi Muhammad di atas.

earth

Struktur Dalam Bumi.

Berbagai kajian dan penelitian Geofisika telah membuktikan bahwa bumi terbentuk dari tujuh lapisan tertentu dari dalam ke luar dengan susunan sebagai berikut:

A. Centrosphere (inti bumi)

Centrosphere (inti bumi) adalah nucleus atau bagian tengah yang sangat keras yang memiliki kandungan besi 90%, nikel 9%, ditambah unsur-unsur ringan lainnya seperti karbon, fosfor, sulfat, silikon, dan oksigen yang mencapai 1%. komposisi ini mirip dengan komposisi meteor. bedanya, kandungan besi inti bumi lebih banyak.

Diameter Centrosphere (inti bumi) mencapai kurang lebih 24,2 km, dengan rata-rata tingkat kepadatan yang mencapai 10 - 13,5 gram/cm kubik (karena rata-rata kepadatan bebatuan lapisan kulit bumi adalah 2,8 - 3 gram/cm kubik). Hal ini mengisyaratkan kepastian adanya meterial yang mempunyai kepadatan yang cukup tinggi dalam inti bumi.

Inti bumi yang terletak dalam perut bumi ini merupakan lapisan ketujuh.

B. Lapisan inti luar bumi.

Lapisan ini lunak dan elastis atau semi cair. Lapisan ini meliputi inti bumi dan memiliki komposisi kimia yang hampir sama. ketebalannya kira-kira mencapai 2.275 km. Antara initi bumi dan lapisan luar inti bumi ini terdapat kawasan transitory yang mimiliki ketebalan mencapai 450 km yang kemudian biasa disebut dengan bagian terbawah lapisan sebelah luar inti bumi (inti bumi yang lunak) ini.

Kawasan transitory ini menjadi bagian bawah lapisan inti luar bumi dan merupakan lapisan bumi keenam.

C. Lapisan pita bawah.

Adalah lapisan keras yang mengelilingi lapisan luar inti bumi (lapisan lunak). ketebalan lapisan ini mencapai 2.215 km ( dari kedalaman 670 km hingga kedalaman 2.885 km). lapisan ini dipisahkan dari pita tengah yang berada diatasnya oleh bidang diskontinuitas gelombang getar yang mengakibatkan gempa. Lapisan ini merupakan lapisan kelima.

D. Lapisan Pita tengah.

Adalah lapisan keras yang ketebalannya mencapai kira-kira 270 km. dari bawah dan atas, lapisan ini dipisahkan oleh dua bidang diskontinuitas gelombang getar. bidang yang satu terletak di kedalaman 670 km (memisahkan pita tengah dengan pita bawah). sedangkan yang lain terletak pada kedalaman 400 km dibawah permukaan bumi dan memisahkannya dengan pita atas. Lapisan pita tengah ini merupakan lapisan bumi keempat.

E. Lapisan pita atas.

Adalah merupakan lapisan elastis atau semi cair yang memiliki tingkat kepadatan dan kerekatan yang sangat tinggi. kadar fusi didalamnya mencapai kira-kira 1%. karena itu lapisan ini dikenal dengan sebutan lapisan lunak bumi. lapisan ini membentang antara kedalaman 65-120 km dan kedalam 400 km di bawah permukaan bumi dan ketebalannya mencapai335 - 380 km. Ini merupakan lapisan bumi ketiga.

F. Lapisan bawah kerak bumi.

Ketebalan lapisan ini berkisar antara 5-8 km dibawah permukaan air laut atau antara kedalaman 60-80 km dan 120 km di bawah permukaan bumi. Ini merupakan lapisan bumi kedua.

G. Lapisan atas kerak bumi.

Ketebalan lapisan ini berkisar antara 5-8 km dibawah dasar laut atau rata-rata 60-80 km di bawah benua. lapisan ini biasanya tersusun dari batu-batu granit 9marmer) yang dilapisi oleh penutup tipis dari sedimen dan debu. Ini merupakan lapisan bumi pertama.

Itulah tujuh lapis bumi yang sudah diketahui oleh para pakar dan memiki kesesuaian dengan hadits Nabi Muhammad Saw di awal tadi, dan lapisan-lapisan itu tidak mungkin ada jika bumi tidak berbentuk bulat.

Semoga ulasan singkat ini bermanfaat dan dapat menambah keimanan kita. Amin
Baca juga artikel tentang Tujuh Lapis Langit

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Tujuh Lapis Bumi"

  1. Subhanallah , sungguh tiada bandingan atas ciptaan yang maha Kuasa .

    ReplyDelete
  2. @kang jumanto
    Iya kang benar sekali, semoga kajian ilmiah tersebut semakin menambah keimanan kita. terimakasih kang sudah berkenan mampir

    ReplyDelete
  3. satu jengkal di atas bumi tapi jika di lihat ke atas jadi 7 lapis langit dan jika ke bawah 7 labis bumi nauzubillah semoga saya tidak termasuk kedalam orang yang nyerobot tanah orang :3 ngeri hukumannya soalnya

    ReplyDelete
  4. @Ainnul Yaqin
    Mas Ainnul, benar sekali mas, sesuai dengan Hadits Nabi Muhammad saw tersebut, secara zhahir mengandung hukum bahwa menguasai tanah orang lain tanpa hak akan dikalungkan bumi tersebut pada hari kiamat. secara kajian ilmiah, bermakna sesuai dengan kajian para ahli seperti pada uraian di atas.

    ReplyDelete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel