Karakteristik Tubuh Rasulullah Saw

Ciri-ciri Fisik Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم

Sebelumnya mari kita bershalawat kepada Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم. اللهم صل على محمد وعلى ال محمد

Tak Kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta. Begitu pepatah mengatakan. Kita memang tidak pernah berjumpa dengan Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم, tetapi keimanan kita kepada beliau membuat hati menjadi cinta. Jika sudah cinta maka akan timbullah rasa rindu.

Kerinduan kepada Baginda Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم terkadang membuat kita berharap dapat berjumpa dengan beliau di dalam mimpi. Oleh karenanya, penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana kira-kira ciri fisik Rasulullah صلى الله عليه وسلم, sikap beliau dan lain sebagainya.

Baiklah kita ulas satu persatu.

muhammad the prophet
A. Karakteristik tubuhnya.

Tubuh Rasulullah صلى الله عليه وسلم besar dan berisi, wajahnya bercahaya seperti bulan purnama, lebih tinggi dari orang yang berperawakan sedang, dan lebih pendek dari orang jangkung. Kepala beliau besar, rambutnya berombak (tidak terlalu lembut dan tidak terlalu kasar), dahinya lebar, alisnya tebal dan melengkung serta tidak bertemu, hidungnya mancung dengan cahaya diatasnya (sehingga orang mengira tulang hidungnya panjang).

Jika sedang marah maka keringat akan keluar dengan deras, jenggotnya lebat dan hitam, pipinya halus, giginya bagus dan rata, dadanya berambut halus, lehernya bercahaya keperakan, bentuknya seimbang, kekar berisi, perut dan dadanya seimbang, dadanya lebar dan bidang, tengkoraknya kuat, di antara dada dan pusar dihubungkan dengan rambut seperti garis.

Lengannya panjang, telapaknya lebar, tulang jarinya besar, telapak tangan dan kaki berdaging, jari-jarinya panjang, lekukan di telapak kakinya lebar, telapak kakinya basah dan keluar air darinya.

B. Cara Beliau berjalan.

Jika Nabi bangkit dari duduk, maka beliau bangkit dengan cepat dan kuat, langkahnya tegap, jalannya tenang dan cepat, berjalan seperti turun dari gunung.

Jika menoleh, menoleh dengan seluruh tubuhnya, menundukkan pandangannya, pandangannya kebawah lebih lama dari pandangan ke atas, pandangannya tajam, dan memulai memberi salam lebih dulu setiap bertemu orang.

C. Sikapnya.

Beliau tidak pernah berhenti berpikir, berbicara kalau ada perlu saja, lebih banyak diamnya, berbicara dengan perkataan singkat dan jelas (tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek), santun, tidak kasar dan tidak meremehkan orang lain. Tidak mencela apapun termasuk makanan, kebanyakan tawa beliau lebih menyerupai senyum (tidak ngakak).

D. Bersih dan Harumnya Rasulullah.

Keringat beliau harum, apabila beliau mengusap (bersalaman) dengan seseorang,orang itu akan merasakan tangan beliau dingin dan harum seolah-olah baru keluar dari gentong minyak wangi. Apabila beliau melewati jalan, harum tubuhnya tidak hilang sehingga orang akan mengetahui bahwa Nabi صلى الله عليه وسلم lewat jalan itu. Jika beliau buang hajat, maka tidak pernah ada bekasnya.

E. Kekuatan Fisiknya

Mata beliau sangat kuat sehingga apabila melihat kelangit beliau bisa melihat sebelas bintang dengan jelas. beliau juga pernah mengalahkan seorang pegulat yang terkenal kuat bahkan terkuat pada masanya. Bila berlari, maka para sahabat akan tertinggal dibelakangnya.

F. Keutamaan yang paling penting.

Beliau sedikit Makan, sedikit minum dan sedikit tidur. Tidak pernah minta kepada keluarganya untuk disediakan makanan, bila tidur, beliau menghadap kiblat dengan tubuh miring ke kanan.

G. Akhlaq dan akal Rasulullah صلى الله عليه وسلم.

beliau adalah manusia yang paling mulia akhlaqnya dan sangat membenci penyembahan berhala. Beliau memiliki keistemewaan dalam kesabaran, mau memberikan ampunan (maaf) walaupun berkuasa untuk menghukum, dermawan, murah hati dan suka memberi, lapang dada, pemberani, dan pemalu.

Demikian sekilas mengenai Rasulullah صلى الله عليه وسلم, semoga dapat menambah kecintaan kita kepada beliau صلى الله عليه وسلم.

Baca: Cara Nabi Muhammad صلى الله عليه وسلم Mencegah Penyakit

Posting Komentar untuk "Karakteristik Tubuh Rasulullah Saw"