Jangan Putus Asa

Tulisan ini bisa jadi sebagai sebuah motivasi bagi kita semua agar jangan pernah berputus asa dalam menjalani kehidupan. Seimbangkan usaha dengan do'a, lalu kemudian pasrah (tawakkal) kepada Allah SWT.

Mari kita simak ilustrasi berikut...!

Seorang laki-laki mendatangi guru spiritualnya dan berkata : "guru, carikan saya jodoh seorang wanita yang cantik seperti bintang film, kaya dan keturunan bangsawan"

Sang guru menjawab : "Kalau itu keinginan mu, maka engkau harus melakukan tiga langkah, yang biasa guru singkat menjadi 3B"

Kalau itu yang guru sarankan, akan saya lakukan, kata si pemuda.

Sekarang tolong jelaskan apa itu tiga B...?

Sang guru menjawab : "B yang pertama, adalah berusaha, kalau engkau ingin mendapatkan istri seperti yang engkau idam-idamkan itu, maka engkau harus berusaha sekuat tenaga..."

"Kalau berusaha, sudah saya lakukan guru, saya sudah melakukan pertemanan terutama di FB, Pe De Ka Te juga sudah, tapi masih juga belum dapat" jawab sang pemuda

"Kalau usaha sudah engkau lakukan, maka lakukan B yang ke dua, yaitu Berdo'a..." jawab gurunya

"Berdo'a juga sudah saya lakukan guru, saya berdo'a siang malam terutama selesai sholat bahkan ditambah dengan sholat hajat" jawab si pemuda

"Kalau begitu engkau harus melakukan B yang ketiga" jawab si guru"

Apa itu guru...?" tanya pemuda

Sang guru menjawab dengan penuh bijaksana, katanya : B yang terakhir ini adalah "B e r c e r m i n"

Pemuda : ........??? hahahaha :)

wanita

Sekarang kita bahas, terkadang kita terkesan menyalahkan nasib, menyalahkan takdir atau menyalahkan Allah, mengapa kita sudah berusaha dan berdo'a tapi belum juga mendapatkan apa yang kita inginkan, kita sudah berdo'a dan berusaha tapi belum juga ketemu dengan jodoh yang kita harapkan....????

Masalahnya bukan pada kesalahan berdo'a dan berusaha,, boleh jadi kita menginginkan seorang wanita/ pria untuk menjadi jodoh kita, tapi masalahnya mungkin wanita itu belum pantas untuk kita, Allah yang Maha Mengetahui tentu memahami apa yang terbaik untuk kita.

Jadi, pantaskan diri kita jika kita menginginkan yang terbaik untuk kita, ingat, wanita baik2 itu adalah untuk laki2 yang baik, mungkin dengan wanita yang seperti kriteria yang kita tentukan, belum tentu kita bisa bersyukur kepada Allah, mungkin dengan istri yang kaya tetapi imannya kosong, justru akan membuat kita terhina, dan masih banyak lagi "kemungkinan-kemungkinan" lain yang kita tidak mengetahui.

Pendek kata, jangan sekali-kali berburuk sangka kepada Allah, Pantaskan diri, seperti jawaban sang guru yang terkesan konyol "bercermin", ya kita harus tahu diri, bukannya dilarang meminta istri yang cantik, namun jangan hanya cantik saja, tapi minta juga yang kuat iman (agama) nya, jangan hanya minta yang kaya, tapi harus kaya yang beriman dan jangan pernah bosan berdo'a dalam setiap urusan, karena Do'a itu adalah ibadah, artinya semakin sering kita berdo'a, semakin banyak kita beribadah... ingat...!!! Allah terkadang tidak memberi apa yang kita inginkan, tetapi Allah memberi apa yang kita butuhkan..

wallahu a'lam.....

Terkait :

1. Meraih Hikmah Dari Musibah
2. Kaya Itu Suatu Keniscayaan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Jangan Putus Asa"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel