Cara Memperbaiki Kesalahan Pengalihan Pada Google Search Console

Pengalaman Saya Mengatasi Kesalahan Pengalihan Pada Google Search Console

Pada artikel ini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi kesalahan pengalihan pada Google Search Console yang menurut saya mulai menampakkan hasil.

Mungkin di antara sobat blogger ada yang bingung ketika mendapati laporan dari Google Search Console bahwa ada kesalahan pengalihan pada situs anda. Saya juga demikian. Awalnya saya mendapatkan email google pada bulan Mei 2022 yang menerangkan ada kesalahan pengalihan pada situs.

pengalihan

Bahkan artikel yang baru dipublish pun tidak luput terkena masalah ini. Tentu saja saya langsung berusaha mencari cara untuk mengatasinya.

Saya mencari cara untuk mengatasi kesalahan pengalihan tersebut di Google. Dari artikel yang saya baca menyebutkan bahwa kesalahan pengalihan itu disebabkan oleh blogger sendiri, yaitu banyak bug pada sistem blogger.com. Bisa jadi ini salah satu penyebabnya sebab saya menggunakan platform blogger bukan wordpress.

Dari hasil penelusuran saya ditemukan beberapa solusi untuk mengatasi kesalahan pengalihan ini. Di antaranya adalah :

1. Mengedit alamat URL artikel/ postingan yang mengalami kesalahan pengalihan di search console.

Caranya adalah dengan mengembalikan artikel tersebut ke draft, lalu ubah URL nya dan publish. Selesai dipublish, submit ulang URL baru itu di google search console.

2. Cukup pakai 1 sitemap saja.

3. Submit ulang sitemap di search console.

4. Mengganti tema blog, lebih baik lagi jika menggunakan template bawaan blogger.

Itu beberapa cara untuk mengatasi kesalahan pengalihan yang saya ingat. Saya ucapkan terima kasih kepada penulis yang sudah membagikan cara mengatasi kesalahan pengalihan tersebut.

Saya awali dengan mencoba mengirim ulang Peta Situs, minta pengindeksan ulang pada Google Search Console. Namun ternyata errornya semakin banyak. Tentu saja saya semakin bingung.

cakupan

Saya juga mencoba memperbaiki masalah ini dengan cara membuka pengaturan blog.

Semua Tag dan yang berhubungan dengan robot.txt sudah saya aktifkan. Robot.txt custom sudah saya buat sebagaimana arahan dari blog yang saya baca.

robot

Saya juga sudah mengatur Tag Beranda seperti pada gambar di bawah ⮧
tag beranda

Singkat cerita, berdasarkan cara yang disampaikan para master, maka begini cara saya mengatasi kesalahan pengalihan pada Google Search Console, yaitu:

1. Saya meminta pengindeksan ulang semua URL halaman yang disebutkan pada laporan Google Search Console.

Caranya adalah dengan membuka Inspeksi URL pada Google Search Console sobat. Copy pastekan URL yang terkena cakupan, lalu tekan enter.

Buka juga cakupan pada search console dan klik pada yang saya tandai pada gambar di bawah.

ulang indeks
Nanti akan terbuka semua URL yang dianggap bermasalah itu. Kemudian pilih URL yang ada satu persatu dan akan terbuka layar di sampingnya, lalu pilih periksa URL.
periksa url
Akan muncul sebagaimana gambar di bawah.
minta indeks
Sampai di sini sobat klik pada "Minta Pengindeksan". Lakukan hal ini pada semua URL yang mengalami kesalahan pengalihan.

2. Usaha selanjutnya yang saya lakukan untuk mengatasi kesalahan pengalihan ini adalah dengan mengirimkan Peta Situs di search console, bahkan hampir setiap hari.

3. Saya menghapus Peta Situs yang (atom.xml) dan lain-lainnya. Saya hanya menyisakan 1 Peta Situs saja, yaitu: https://www.namablog.com/sitemap.xml

peta situs

4. Saya mengedit artikel yang terpengaruh kesalahan pengalihan terutama pada bagian Tag Robot Kustom. Yang awalnya Tag Robot Custom adalah default, saya ganti menjadi all. Lihat pada gambar. Lakukan hal yang sama setiap membuat artikel baru.

tag
Dari empat Langkah yang saya lakukan itu, alhamdulillah sepertinya mulai membuahkan hasil. URL halaman yang tadinya ketika dicek tidak terideks google, yang katanya URL tidak ada di Google, sekarang sudah ada.
tidak terindeks google
Jumlah URL yang terpengaruh juga mulai berkurang.

cakupan indeks

Mengapa ini penting untuk segera diatasi? Sebab artikel yang terpengaruh itu tidak akan ditemukan di beranda Google, walau sobat membuka dengan cara mengetik site: namablog.com/bla-bla-bla.html. Itu artinya, artikel yang sudah kita buat dengan susah-payah tidak akan ditemukan oleh pengunjung, yang berarti mengurangi trafik blog kita.

indeks

Namun tentu saja, hal ini membutuhkan kesabaran untuk melihat hasil dari usaha perbaikan kita. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi sobat blogger yang memiliki permasalahan yang sama dengan yang saya alami.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kesalahan Pengalihan Pada Google Search Console"