Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperbaiki Kesalahan Pengalihan Pada Google Search Console

Pengalaman Saya Mengatasi Kesalahan Pengalihan Pada Google Search Console

Pada artikel ini saya akan mencoba berbagi pengalaman mengenai cara mengatasi kesalahan pengalihan pada Google Search Console yang menurut saya mulai menampakkan hasil.

Mungkin diantara sobat blogger ada yang bingung ketika mendapati laporan dari Google Search Console bahwa ada kesalahan pengalihan pada situs anda. Saya juga demikian. Awalnya saya mendapatkan email google pada bulan Mei 2022 yang menerangkan ada kesalahan pengalihan pada situs.

pengalihan

Bahkan artikel yang baru dipublish pun tidak luput terkena masalah ini. Tentu saja saya langsung berusaha mencari cara untuk mengatasinya.

Saya mencoba dengan cara mengirim ulang Peta Situs, minta pengindeksan ulang pada Google Search Console. Namun ternyata errornya semakin banyak.

cakupan

Saya buka pengaturan blog, semua Tag dan yang berhubungan dengan robot.txt sudah saya aktifkan. Robot.txt custom sudah saya buat sebagaimana arahan dari blog yang saya baca.
robot

Saya juga sudah mengatur Tag Beranda seperti pada gambar di bawah
tag beranda

Singkat cerita, begini cara saya mengatasi kesalahan pengalihan pada Google Search Console, yaitu:

1. Saya meminta pengindeksan ulang semua URL halaman yang disebutkan pada laporan Google Search Console. Caranya adalah dengan membuka Inspeksi URL pada Google Search Console sobat.

indeks

2. Saya mengirimkan Peta Situs bahkan hampir setiap hari.

3. Saya menghapus Peta Situs yang (atom.xml) dan lain-lainnya. Saya hanya menyisakan 1 Peta Situs saja, yaitu: https://www.namablog.com/sitemap.xml

peta situs

4. Saya mengedit artikel yang terpengaruh kesalahan pengalihan terutama pada bagian Tag Robot Kustom. Yang awalnya Tag Robot Custom adalah default, saya ganti menjadi all. Lihat pada gambar.

tag
Dari empat Langkah yang saya lakukan itu, alhamdulillah sepertinya mulai membuahkan hasil. URL halaman yang tadinya ketika dicek tidak terideks google, yang katanya URL tidak ada di Google, sekarang sudah ada. Jumlah URL yang terpengaruh juga mulai berkurang.
terindeks google
Mengapa ini penting untuk segera diatasi? Sebab artikel yang terpengaruh itu tidak akan ditemukan di beranda Google, walau sobat membuka dengan cara mengetik site: namablog.com/bla-bla-bla.html. Itu artinya, artikel yang sudah kita buat dengan susah-payah tidak akan ditemukan oleh pengunjung, yang berarti mengurangi trafik blog kita.

Gambar di bawah ini menunjukkan URL yang terpengaruh pengalihan sebagaimana dalam laporan Google Search Console semakin berkurang.

cakupan indeks

Namun tentu saja, hal ini membutuhkan kesabaran untuk melihat hasil dari usaha perbaikan kita. Semoga pengalaman saya ini bermanfaat bagi sobat blogger yang memiliki permasalahan yang sama dengan yang saya alami.

Posting Komentar untuk "Cara Memperbaiki Kesalahan Pengalihan Pada Google Search Console"