Manfaat Madu dan Bee Pollen

Madu dan produk turunannya seperti royal jelli dan bee follen selain berfungsi sebagai obat, juga menempati posisi sentral sebagai suplemen dalam pengobatan tradisional di hampir semua tempat di seluruh dunia.

Masyarakat kuno di Mesir, Asyria, Cina, Yunani dan Roma menggunakan madu untuk mengobati luka dan nyeri lambung. madu dan produk sampingannya selain dikenal sebagai suplemen, sebenarnya juga merupakan sumber vitamin dan obat. oleh karenanya dapat dikonsumsi setiap hari sebagai makanan. apalagi ada pepatah yang mengatakan "jadikan makananmu sebagai obat".

Kita kembali ke persoalan Madu.

A. Manfaat Madu


Madu adalah bahan alami yang sangat baik untuk dijadikan suplemen. Unsur-unsur yang dikandungnya berkhasiat menyehatkan dan meningkatkan daya tahan tubuh. Madu murni adalah material yang sehat, mudah dicerna, dan penuih energi. Madu banyak mengandung karbohidrat, protein, lemak, enzim, dan beberapa vitamin. Satu sendok madu mengandung 60 kalori, 11 gram karbohidrat, 1 miligram kalsium, 0,2 miligram besi, 0,1 miligram vitamin B dan 1 miligram vitamin C.

Beberapa tahun terakhir, banyak penelitian yang membuktikan kebenaran keterangan al-Qur'an yang berkaitan dengan lebah madu. Kegunaan madu diantaranya :

1. Madu mengandung anti-jamur dan anti-bakteri.

Madu yang tidak diencerkan dapat menghambat pertumbuhan bakteri patogen, seperti Stapilococcus Aureas dan jamur seperti Candida Albicans, yang hidup di usus. Pada keenceran 30-50%, madu diketahui lebih manjur daripada antibiotik konvensional dalam menyembuhkan infeksi saluran kencing.

2. Madu sebagai anti-diare.

pada konsentrasi 40%, madu mempunyai efek mematikan bagi banyak bakteri penyebab diare dan disentri, seperti Salmonella, Shigella, E. Coli, dan Vibrio Cholera. Madu juga meningkatkan daya tahan tubuh secara cepat, juga mempercepat penyembuhan pada anak kecil dan bayi yang menderita diare.

3. Madu sebagai obat luka dan luka bakar.

Madu mempunyai kemampuan untuk menyerap air dari daerah sekitar luka bakar, dan mempercepat penyembuhan. Madu juga digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap dari luka yang terbentuk akibat lepra.

4. Madu sebagai obat batuk.

Madu berfungsi sebagai pengencer dahak di tenggorokan dan meningkatkan fungsi dinding saluran pernafasan.

B. Bee Pollen


Sama seperti madu, produk sampingannya juga mempunya khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Produk sampingannya adalah Bee Pollen.

Bee Pollen adalah material serupa bedak yang terdiri dari kumpulan benang sari yang dikumpulkan dari bunga.

Pada mulanya, sebagian peneliti memperkirakan benda ini secara tidak sengaja tersangkut di bulu kaki lebah madu dan terbawa ke sarangnya ketika proses pengumpulan nektar terjadi, suatu asumsi yang tidak seluruhnya benar.

Pada penelitian selanjutnya ditemukan bahwa lebah tampaknya sengaja memilih benangsari tertentu, yaitu yang baik dan sehat, dan menempelkannya di bulu-bulu halus di sekujur tubuhnya. Dengan demikian, benangsari unggul saja yang nantinya akan membuahi putik.

Artinya, buah dan biji yang dihasilkan tumbuhan yang pada waktunya nanti akan menjadi tumbuhan baru akan memiliki kualitas tinggi. Benangsari berkualitas tinggi ini pulalah yang dibawa pulang oleh lebah untuk mereka konsumsi.

Bee Pollen

Adapun manfaat Bee Pollen bagi manusia diantaranya :


1. Bee Pollen adalah bahan makanan yang mudah dicerna. Ia mengandung 14 mineral, 13 vitamin, trace mineral, protein, 15 asam amino, enzim, sekitar 5.000 jenis coenzim dan hormon.

Bee Pollen juga merupakan sumber protein yang dapat meningkatkan kandungan gamma glubolin, suatu bahan yang meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Bee Pollen dapat membantu mengatasi kelelahan fisik maupun psikologis, mengatasi penurunan imunitas, menambah darah, mengatasi insomnia, menyeimbangkan glukosa dalam darah, menurunkan kadar kolesterol, serta menyembuhkan diare dan rematik. Mengkonsumsi Bee Pollen sebelum makan juga baik untuk mengatasi obesitas. Sebaliknya, bagi mereka yang ingin gemuk, dianjurkan mengkonsumsi Bee Pollen sesudah makan.

3. Pada banyak kasus stres, Bee Pollen direspon positif oleh sistem saraf yang sebelumnya tidak berfungsi maksimal. Tubuh yang stres umumnya memerlukan vitamin, utamanya vitamin A dan B dalam jumlah banyak. Kekurangan dua vitamin ini membuat sistem kelenjar di jaringan tubuh terganggu. Gangguan ini bisa segera hilang dengan mengkonsumsi Bee Pollen.

4. Bee Pollen juga dapat berfungsi sebagai suplemen bagi penderita kanker. Bee Pollen juga dapat digunakan sebagai obat prostat (pembengkakan prostat) bagi laki-laki karena Bee Pollen dapat mengurangi pembengkakan prostat.

Demikian mengenai manfaat madu dan Bee Pollen, semoga bermanfaat.
Baca : Khasiat Propolis dan Royal Jelly

Berlangganan update artikel terbaru via email:

3 Responses to "Manfaat Madu dan Bee Pollen"

  1. Replies
    1. Iya mas terimakasih sudah mampir di blod sederhana ini

      Delete
  2. permisi, saya ingin memasang iklan di http://www.kholistembesi.my.id/

    jika anda tertarik, silahkan hubungi kami di ulatbulu1355@gmail.com untuk informasi lebih lanjut.

    terima kasih

    ReplyDelete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel