Suka Makan Kurma? Kenali Manfaatnya Secara Medis

Apa Manfaat Buah Kurma Secara Medis?

Ada satu jenis buah-buahan yang seolah-olah menjadi icon bulan puasa. Mengapa demikian? sebab buah yang satu ini sangat akrab dengan kita dan khusus pada bulan puasa banyak orang yang menjualnya. Buah apakah itu? Pasti pembaca bisa menebaknya.

Ya tidak salah lagi. buah itu adalah buah kurma. Namun sayangnya kurma tidak dapat tumbuh dengan maksimal di Indonesia. Mungkin karena pengaruh iklim dan struktur tanah.

pohon kurma

Kurma termasuk keluarga palem yang merupakan buah bergizi semi sempurna bagi manusia. Hal ini dikarenakan kurma mengandung sebagian besar unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh. Pohon kurma dapat dibedakan menjadi pohon jantan dan pohon betina. Kurma mulai berbunga pada tahun kelima pasca penanaman dan baru menghasilkan buah secara penuh ketika berumur sekitar 30-40 tahun.

Setiap buah kurma mengandung zat gula, karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan sejumlah unsur lain yang penting bagi tubuh manusia. Beberapa analisis kimiawi menunjukkan bahwa setiap buah kurma kering mengandung 70.6% karbohidrat, 2,5% lemak, 1,325 garam mineral yang mengandung komposisi kalsium, fosfor, zat besi, magnesium, potasium, tembaga, asam, kobalt, zinc (seng) dan lainnya. Kurma kering juga mengandung 105 serat (polyester), vitamin A, B1, B2 dan vitamin C, ditambah kadar gula dan protein.

Melihat kandungan buah kurma yang cukup komplek itu, berarti bahwa kurma termasuk makanan yang sangat baik bagi kesehatan (manfaat medis) dan juga untuk penyembuhan penyakit. Kurma merupakan makanan yang sangat penting bagi sel-sel saraf. Mungkin inilah salah satu hikmah anjuran Nabi Muhammad Saw untuk memberikan kurma kepada anak yang baru lahir.

Kurma juga berfungsi sebagai pembasmi racun, obat bagi orang yang mengalami gagal ginjal, cholecystis, darah tinggi, wasir (ambeien), dan encok. selain itu, buah kurma juga dapat membantu penguatan pendengaran, kesuburan dan mengancangkan otot-otot rahim sehingga dapat mempermudah proses persalinan.
Baca tentang kurma lainnya : Apa Hikmah Anjuran Berbuka dengan Kurma?

Demikian secara singkat tentang kurma, jadi jangan malas untuk mengkonsumsinya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Suka Makan Kurma? Kenali Manfaatnya Secara Medis"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel