Apa Hikmah Anjuran Berbuka Puasa Dengan Kurma ?

Rasulullah Saw menganjurkan ummatnya untuk berbuka puasa dengan kurma. Anjuran Rasulullah itu mengandung hikmah dan alasan tersendiri.

Diketahui bahwa kurma mengandung gula, lemak, protein, serat dan beberapa vitamin penting. Kandungan mineralnya juga sangat kaya, seperti minyak, kalsium, sulfur, besi, kalium, fosfor dan mangan.

kur

Di dalam al-Qur’an sendiri, kata yang bermakna kurma diulang-ulang sebanyak 20 kali. Hal ini menandakan bahwa kurma merupakan buah yang istimewa.

Kurma adalah salah satu buah yang paling cepat diserap tubuh. 30 menit setelah mengkonsumsi kurma, badan yang lelah dan lemas akan kembali bugar dan fit. Seringkali lelah atau lemas itu dikaitkan dengan rasa lapar, suatu perkiraan yang tidak selalu benar.

Sebenarnya, lemas dan lelah itu lebih terkait dengan kadar gula yang rendah dalam darah. Dengan mengkonsumsi buah kurma yang cepat diserap tubuh, pasokan gula dalam darah akan cepat pulih. Rasa kenyang setelah makan buah kurma, akan mencegah seseorang untuk makan secara berlebihan. Bagi orang yang berpuasa, memakan makanan dalam jumlah berlebihan justru akan berdampak buruk pada sistem pencernaan.

Penelitian juga membuktikan bahwa buah kurma mengandung unsur-unsur yang berfungsi memperkuat otot-otot rahim pada bulan-bulan mendekati masa melahirkan. Kondisi ini akan membantu proses kontraksi rahim pada saat melahirkan serta mencegah pendarahan hebat pasca melahirkan.

Bahkan diketahui bahwa Maryam, ibunda Nabi Isa juga mengkonsumsi buah kurma saat menjelang dan setelah melahirkan. Perbuatan Maryam yang mengkonsumsi buah kurma menjelang melahirkan dan pasca melahirkan ini tidak lupt dari objek penelitian para ahli untuk mengetahui apa hikmah dan menfaat yang terkandung di dalamnya.

Secara medis, buah kurma diketahui mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. mengenai hal ini sudah saya tulis artikel mengenai Manfaat kurma secara medis.
Silahkan baca : Suka makan Kurma? Kenali Manfaatnya Secara Medis

Hal ini terdapat dalam al-Qur’an surah Maryam ayat 22-25.
22).Maka Maryam mengandungnya, lalu ia menyisihkan diri dengan kandungannya itu ke tempat yang jauh.
23).Maka rasa sakit akan melahirkan anak memaksa ia (bersandar) pada pangkal pohon kurma, Dia berkata: "Aduhai, Alangkah baiknya aku mati sebelum ini, dan aku menjadi barang yang tidak berarti, lagi dilupakan".
24).Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: "Janganlah kamu bersedih hati, Sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu.
25).dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,

Termasuk juga bagi ibu yang menyusui, para pakar diet menganjurkan untuk memperbanyak konsumsi kurma. Dan kurma juga sangat baik untuk diberikan kepada anak yang hiperaktif.

Demikian sedikit daripada hikmah mengapa Rasulullah menganjurkan kita untuk berbuka puasa dengan kurma.

Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Apa Hikmah Anjuran Berbuka Puasa Dengan Kurma ?"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel