Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Nabi Isa yang Diturunkan bukan Nabi yang lain

Apa Hikmah Diturunkannya Nabi Isa. As di Akhir Zaman

Sebagian ulama mencari hikmah diturunkannya Nabi 'Isa 'Alaihissalam pada akhir zaman, bukan Nabi yang lain. Menurut mereka terdapat beberapa hikmah, yaitu:

(1). Untuk menolak anggapan orang-orang Yahudi bahwa mereka telah memb*nuh Isa 'alaihissalam. Lalu Allah menjelaskan kebohongan mereka beserta pemimpin mereka yaitu si Dajjal, sebagaimana dijelaskan dalam pembicaraan terdahulu. Dan Al-Hafizh Ibnu Hajar menganggap pendapat ini lebih kuat daripada yang lain. (Fathul-Bari 6: 493)

(2). Nabi Isa 'Alaihissalam menjumpai keutamaan umat Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam tercantum dalam Injil seperti firman Allah dalam Al-Qur'an:

"Demikianlah sifat-sifat mereka dalam Taurat dan sifat-sifat mereka dalam Injil, yaitu seperti tanaman yang mengeluarkan tunasnya, lalu tunas itu menjadikan tanaman itu kuat lantas menjadi besarlah dia dan tegak lurus di atas pokoknya."(Al-Fath: 29).
Maka Isa berdo'a kepada Allah agar dimasukkan ke dalam golongan mereka. Lalu Allah mengabulkan do'anya dan mengekalkan kehidupannya hingga ia akan turun pada akhir zaman sebagai pembaharu terhadap urusan Islam.

Imam Malik rahimahullah berkata: "Telah sampai berita kepadaku bahwa orang-orang Nashrani apabila melihat para sahabat yang menaklukkan Syam, mereka berkata: "Demi Allah, sesungguhnya mereka lebih baik daripada kaum Hawariyyun menurut berita yang sampai kepada kami" (Tafsir Ibnu Katsirl: 343).

Imam Ibnu Katsir berkata: "Dalam hal ini mereka benar, karena umat (Islam) ini sangat dihormati di dalam kitab-kitab terdahulu dan dalam berita-berita yang beredar."

Imam Adz-Dzahabi telah menulis riwayat hidup Nabi Isa 'alahissalam dalam kitab beliau Tajriidu Asmaaish Shahaabah. Beliau berkata: "Isa putra Maryam 'alaihissalam adalah seorang sahabat dan seorang Nabi, karena pernah melihat Nabi صلى الله عليه وسلم pada malam isra' mi'raj dan mengucapkan salam kepadanya. Maka dia adalah sahabat yang paling akhir meninggalnya." (Tajriidu Asmaaish-Shahabah 1: 432)

(3). Sesungguhnya turunnya Isa 'Alaihissalam dari langit karena ajalnya sudah dekat agar dia dikubur di bumi, sebab tidak ada perkenan bagi makhluk yang diciptakan dari tanah untuk mati di luar bumi. Dan turunnya ini nanti bersamaan dengan keluarnya Dajjal, lalu beliau memb*nuhnya.

(4). Beliau akan turun untuk mendustakan kaum Nashara, maka tampaklah kepalsuan dan kebatilan mereka. Lalu Allah hancurkan semua agama pada masanya kecuali Islam. Lalu ia hancurkan salib, ia b*nuh babi, dan ia bebaskan pajak.

(5). Khususiyyah (keistimewaan) Nabi Isa dengan semua ini didasarkan pada sabda Nabi صلى الله عليه وسلم:

"Aku adalah orang yang paling dekat dengan Isa putra Maryam. Antara aku dan dia tidak diselingi oleh Nabi lain." (Shahih Bukhari, Kitab Ahadiitsil Anbiya', Shahih Muslim, Kitab Al-Fadhaail)

Maka Rasulullah صلى الله عليه وسلم adalah orang yang paling istimewa dan paling dekat dengan Nabi Isa 'Alaihissalam, karena Nabi Isa lah yang menyampaikan berita gembira akan datang-nya Rasulullah صلى الله عليه وسلم sesudahnya, dan menyeru manusia untuk membenarkan dan mengimaninya, sebagaimana tercantum dalam Al-Qur'an:

"Dan menyampaikan kabar gembira akan datangnya seorang Rasul sesudahku yang bernama Ahmad (Muhammad)."(Ash-Shafat : 6)
Dan dalam suatu riwayat disebutkan:

"Para sahabat bertanya, "Wahai Rasulullah, maukah engkau memberitahukan kepada kami tentang dirimu?" Beliau menjawab: "Mau, aku adalah realisasi do'a Ibrahim dan kabar gembira yang pernah disampaikan saudaraku Isa". (Ibnu Ishaq dalam As-Siroh. Lihat: Tahdzib Siroh Ibnu Hisyam: 45 oleh Abdus-Salam Harun, terbitan Al-Majma 'ul Ilmi Al- 'Arabi Al-Islami, Beirut, Ibnu Katsir berkata tentang sanadnya, "Ini sanad yang bagus". Dan beliau mengemukakan beberapa riwayat sebagai syahidnya yang diriwayatkan oleh Imam Ahmad. Tafsir Ibnu Katsir 8: 136; Musnad Imam Ahmad 4: 127, 5: 262)

Sumber : almanhaj.or.id

Posting Komentar untuk "Mengapa Nabi Isa yang Diturunkan bukan Nabi yang lain"