Mengenal Adstar; PPC Lokal Premium Alternatif Adsense

Satu Lagi Alternatif Adsense


Sebenarnya sudah sangat lama saya ingin menulis review tentang jaringan periklanan lokal asli dari Indonesia yang satu ini, yakni Adstars. Selama ini kita terlalu asyik dengan mengulas penyedia iklan Adsense, sehingga seakan-akan kita melupakan penyedia iklan lokal Indonesia. Kalau ada semboyan “Cintailah Produk dalam Negeri”, maka menurut saya tidak ada salahnya jika kita juga mencintai program periklanan dalam negeri atau lokal.

Pada artikel ini saya mencoba untuk menulis sedikit tentang apa itu adstar, apa saja syarat untuk menjadi publishernya, dan lain sebagainya.

Apa itu Adstar?


Adstars adalah salah satu jaringan periklanan atau penyedia iklan sebagaimana Adsense namun lebih merupakan penyedia iklan premium lokal (produk dalam negeri) yang berbasis pay per click (PPC) dibawah corporasi adstarmedia.co.id., perhitungan penghasilan bagi publisher Adstar berdasarkan cost per click (CPC) dan cost per mile (CPM). Ini merupakan suatu keuntungan tersendiri bagi penayang iklan (publisher), yakni, penghasilan yang diperoleh publisher bukan hanya berasal dari klik iklan melainkan juga berasal dari impresi (jumlah tayangan) iklan.

Kita tentu mengetahui bahwa penyedia iklan dalam negeri (lokal) juga banyak, sebut saja misalnya kliksaya, kumpulblogger dan lainnya, namun bedanya, adstar merupakan jaringan periklanan premium, sehingga harga per klik iklan Adstar mengungguli periklanan lokal non premium.

Bagaimana bentuk iklan Adstar?


Iklan Adstar tidak ada bedanya dengan bentuk iklan Adsense, hanya saja Adstar tidak menyediakan iklan teks. Adstar menyediakan iklan gambar dengan berbagai ukuran yang dapat kita pilih sendiri apabila kita sudah disetujui sebagai publishernya.

Contohnya seperti gambar dibawah ini

iklan adstar

Apa persyaratan untuk menjadi publisher Adstar?


Persyaratan untuk menjadi publisher Adstar sepanjang yang saya ketahui adalah :

1. Blog yang diajukan untuk menjadi penayang iklan Adstar harus memiliki trafik minimal 50k PV (Page View) perbulan dibuktikan dengan data dari Google Analytics. Namun sepertinya ini bukan harga mati, sebab ketika saya mendaftar menjadi publisher Adstar, jumlah PV saya jauh di bawah itu.

2. Kategori (nice) blog juga ditentukan oleh Adstar. Kategorinya adalah berita, bisnis, property, wanita, parenting, gaya hidup, otomotiv, dan olahraga. Nice blog juga harus kita isi ketika kita membuat slot iklan. Namun lagi-lagi sepertinya ini bukan harga mati, sebab blog saya ini tidak jelas nicenya apa juga bisa diterima.

3. Blog yang didaftarkan tidak boleh berisi konten terlarang (kalau ini sama seperti TOS Adsense).

Tidak ada gading yang tak retak, demikian kata pepatah. Setiap sesuatu pasti memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing–masing. Demikian juga dengan Adstar. Apa saja kelebihan dan kekurangannya?

a. Kelebihan Adstar

1. Harga per klik bagi publisher lebih tinggi dari iklan non premium,

2. Bentuk iklan juga tidak membosankan,

3. Bukan scam,

4. Iklan dapat tampil baik di semua perangkat (PC maupun mobile).

b. Kekurangan Adstar

1. Iklan jarang tampil

Nah ini merupakan kelemahan Adstar sampai hari ini, iklannya bagus dan indah dipandang, harga per kliknya juga mahal, namun iklan jarang tampil sehingga membuat publisher agak malas memasang iklan pada blog mereka.

2. Proses pembayaran adalah Net 60 atau dibayar 2 bulan sekali, itupun menunggu mereka mengirimkan invoice kepada kita

3. Pemilihan ukuran iklan kurang praktis.

Maksudnya adalah, apabila kita menginginkan ukuran iklan yang berbeda, maka kita harus melalui beberapa tahapan yang ditetapkan oleh Adstar, apabila ukuran yang kita pilih itu disetujui, barulah kita bisa mengambil kode iklan dan memasangnya pada blog (intinya agak rumit urusannya).

4. Laporan earning kurang user friendly.

Demikian sekilas tentang jaringan periklanan premium lokal Adstar. Terlepas dari segala kekurangannya tidak ada salahnya jika sobat pembaca berminat untuk bergabung dan menjadi publishernya. Setidaknya kita juga ikut mencintai produk dalam negeri.

Lalu bagaimana caranya jika ingin mendaftar menjadi publisher Adstar? Caranya sobat masuk ke website mereka adstarmedia.co.id, isi semua formulir yang disediakan dengan baik dan benar kemudian tunggu mereka mereview blog kita. Diterima atau ditolak biasanya mereka akan memberitahukan lewat email yang kita berikan sewaktu mendaftar.

Baca juga penyedia iklan lainnya, yakni Adnow DISINI

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Mengenal Adstar; PPC Lokal Premium Alternatif Adsense"

  1. Replies
    1. salam kenal sob,, layak untuk dicoba sob, apalagi kalau trafik blog lumayan hasilnya juga lumayan

      Delete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel