Asal Mula manusia (menurut Teori Evolusi)

Teori Evolusi Darwin

Pada abad ke-19, dunia ilmu pengetahuan diguncang oleh temuan baru yang kontroversial, yaitu Teori Evolusi atau yang lebih akrab di telinga kita dengan sebutan Teori Darwin. Teori ini mengemukakan bahwa jenis manusia yang ada di muka bumi ini melalui suatu proses evolusi yang panjang. Seperti teorinya, pencetus teori ini hingga beberapa waktu yang lalu masih menjadi bahan perdebatan para ilmuwan. Hingga tahun 2008, hanya satu nama yang diakui sebagai pencetus Teori Evolusi, yaitu Charles Robert Darwin (1809 - 1882).

Pada tahun 1859, Darwin mengemukakan Teori Evolusi nya melalui On The Origin Of Species : Survival of The Fittest by Means of natural Selection yang terbit pada tahun yang sama. Buku ini dipercaya sebagai buku pertama yang menjelaskan tentang teori evolusi, yang menyatakan bahwa makhluk hidup selalu menyesuaikan diri dengan lingkungan alamiahnya yang terus berubah.

teori darwin

Makhluk yang paling dapat menyesuaikan diri itulah yang akan survive dan berkembang menjadi makhluk yang lebih kompleks atau lebih tinggi tingkatannya. Sedangkan makhluk yang tidak dapat menyesuaikan dengan lingkungan alamiahnya akan punah dengan sendirinya.

Jadi, menurut Teori Evolusi, makhluk berevolusi dari jenis organisme yang paling sederhana (mikroba uniseluler) hingga makhluk yang kompleks (multiseluler) dalam kurun waktu ratusan juta tahun.

Namun seiring berjalannya waktu, muncul nama lain yang dipercaya sebagai pencetus sesungguhnya dari Teori Evolusi ini, atau setidaknya sebagai ko-pencetus Darwin, dia adalah Alfred Russel Wallace (1823-1913).

Wallace-lah yang pertama kali memakai kata Survival of the fittest dalam esainya yang berjudul on the Tendency of Organism to Depart from the Original Type. Esai ini diterbitkan pada tahun 1858, setahun sebelum terbitnya buku Charles darwin.

Esai ini pula yang dikirimkan Wallace dari Ternate kepada Darwin pada tahun 1858, yang kemudian dikenal sebagai Letter from Ternate, karena pada waktu itu Wallace melakukan penelitiannya di Ternate.

Berdasarkan penelusuran sejarah dan bukti-bukti yang ada, pada tahun 2009, dunia ilmu pengetahuan akhirnya setuju bahwa kedua orang itu, yakni Darwin dan Wallace dinyatakan sebagai penemu bersama Teori Evolusi.

Menurut Teori Evolusi, keberadaan manusia di muka bumi tidak begitu saja muncul, dinyatakan dalam teori ini bahwa dibutuhkan waktu jutaan tahun untuk proses evolusi yang salah satunya berujung pada terbentuknya manusia. Ini adalah salah satu penjelasan dari prosesnya saja, sedangkan teorinya sendiri tidaklah demikian.

- Berikut ini urutan kejadian manusia menurut Teori Evolusi -

Pada permulaan kehidupan, bentuk kehidupan yang berupa mikroorganisme (makhluk renik) uniseluler dengan inti sel yang belum sempurna (prokaryotik unicelluler microorganisme).

Dengan berjalannya waktu dan adanya seleksi alam, sedikit demi sedikit mikroorganisme uniseluler berevolusi menjadi mikroorganisme multiseluler kemudian berlanjut menjadi mikroorganisme multiseluler dengan inti sel yang sempurna (eukaryotik multicelluler microorganisme).

Evolusi selanjutnya akan memunculkan tumbuhan tingkat rendah, seperti ganggang (alga) atau jamur yang pada tahap selanjutnya berevolusi menjadi tumbuhan tingkat tinggi.

Dari evolusi mikroorganisme menjadi tumbuhan, ada percabangan karena mutasi yang sukses menjadi bentuk hewan tingkat rendah, yang kemudian menjadi hewan tingkat tinggi. kemudian muncul binatang-binatang tingkat tinggi dan berukuran lebih besar.

Dengan tidak sengaja, dari salah satu binatang, muncullah manusia. hal ini dibuktikan dengan adanya sederet bukti berupa tengkorak hewan yang secara runut mengarah ke tengkorak manusia saat ini.

Bukti lain yang juga dikemukakan untuk mendukung teori ini adalah perkembangan bentuk embrio berbagai jenis binatang. Dalam perkembangannya, embrio manusia berubah-ubah bentuk, dimulai dari serupa embrio ikan, kelinci dan binatang lainnya, dan berakhir pada bentuk manusia.

Namun, seorang pakar yang bernama Erns Haeckel, seorang pengikut panatik Darwin, dalam tulisannya mengenai evolusi manusia, terbukti belakangan ini telah melakukan manipulasi foto-foto embrio dari beberapa jenis binatang dan manusia sedemikian rupa sehingga apa yang "diinginkannya" seolah-olah terbukti.

Dari temuan yang disebut terakhir inilah kemudian diputuskan bahwa evolusi panjang manusia berasal dari binatang tingkat rendah.

Baca juga artikel terkait dengan judul : ⇛ Penciptaan Makhluk Dari Air

Posting Komentar untuk "Asal Mula manusia (menurut Teori Evolusi)"