Asal Mula Kehidupan

Ada satu pertanyaan, yakni kapankah kehidupan mulai ada?

Al-Qur'an memberikan jawaban yang tegas, yakni bahwa kehidupan bermula saat alam semesta tercipta.

Beberapa ayat al-Qur'an menjelaskan, seperti pada surah al-Anbiya' ayat 30 yang artinya :
dan apakah orang-orang kafir tidak mengetahui bahwa langit dan bumi keduanya dahulunya adalah menyatu, kemudian Kami pisahkan antara keduanya dan Kami jadikan segala sesuatu yang hidup berasal dari air. Maka mengapa mereka tidak beriman?

Juga dalam surah Fushshilat ayat 11 Allah berfirman :
kemudian Dia menuju kelangit dan (langit) itu masih berupa asap, lalu Dia berfirman kepadanya dan kepada bumi, "datanglah kamu berdua menurut perintah-KU dengan patuh atau terpaksa" keduanya menjawab "kami datang dengan penuh patuh"
mikir

Pembaca yang dimuliakan Allah.

Dalam kaitannya dengan asal mula makhluk hidup, kejadian diatas dapat saja berarti bahwa semua makhluk hidup di bumi ini diciptakan dari air sebagai komponen essensialnya, atau bahwa seluruh makhluk hidup berasal dari air.

Faktanya, setiap kehidupan berasal dari kondisi akuatik, dan air adalah komponen utama dari setiap sel makhluk hidup. Tanpa air, tidak ada kehidupan. oleh karenanya, setiap diskusi tentang kemungkinan adanya kehidupan di planet lain selalu dimulai dengan pertanyaan apakah ada cukup air yang mendukung kehidupan di planet itu.

Teori abiogenesis adalah suatu teori yang biasa dipakai dalam mengungkap permulaan kehidupan di planet ini.

Bumi diperkirakan sudah berumur 4,6 miliar tahun. Selama 0,7 miliar pertama dari saat pembentukannya, bumi yang baru ini dihujani oleh material benda langit dari angkasa luar, seperti komet-komet dan objek sebesar asteroid. Energi yang dilepaskan dari tabrakan ini diperkirakan cukup untuk menimbulkan panas yang mampu menguapkan lautan yang baru terbentuk serta membunuh semua makhluk hidup yang mulai muncul di daratan.

Pada awal terbentuknya, kondisi atmosfir bumi belum sempurna sehingga menimbulkan kondisi yang memungkinkan terbentuknya polimer organik yang terbentuk dari pertemuan pertemuan monomer organik yang berasal dari daratan dan angkasa luar.

Teori tentang awal mula kehidupan ini muncul dan berkembang sejalan dengan penemuan-penemuan alat bantu, seperti mokroskop, teleskop dan alat lainnya.

Dalil lain tentang asal mula kehidupan ini juga dapat kita temukan dalam surah Thaha ayat 53 dan surah an-Nur ayat 45.

Baca juga artikel terkait : Asal Mula Manusia Menurut Teori Evolusi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

1 Response to "Asal Mula Kehidupan"

  1. Joint yukk ....menangkan Uang setiap hari | F4n583771nG | :)

    ReplyDelete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel