Tips Mengelola Bisnis Keluarga

Kemampuan sebuah keluarga dalam menjaga kerukunan antar anggotanya memberikan peranan penting bagi para pelaku usaha dalam mempertahankan eksistensi bisnis keluarga dalam waktu yang cukup lama.

Mempertahankan eksistensi bisnis keluarga ternyata tidaklah semudah apa yang dibayangkan. Dibutuhkan calon generasi yang cukup handal dan penanganan usaha secara profesional agar bisnis tersebut bisa semakin berkembang di tangan penerusnya.

Karena itu, sebelum menentukan calon pewaris tahta kerajaan bisnis keluarga, sebaiknya perhatikan tips dan trik mengelola bisnis keluarga yang bisa kita praktekkan dari sekarang, agar bisnis tersebut tetap bisa eksis ditengah gempuran persaingan pasar.

sukses berbisnis

Tips mengelola bisnis keluarga adalah sebagai berikut :

A. Memepersiapkan calon penerus sedini mungkin.

Ibarat tahta sebuah kerajaan, sang perintis usaha juga harus mempersiapkan calon penerusnya sebelum mereka menyerahkan bisnis tersebut secara penuh. hal ini penting agar mental dan keahlian sang penerus bisa terbangun secara matang, sehingga kedepannya diharapkan bisnis keluarga yang dilimpahkan kepada generasi berikutnya bisa semakin besar dan tidak kalah bersaing dengan bisnis lainnya.

B. Bedakan urusan pribadi dengan kepentingan usaha.

Meskipun usaha tersebut dikembangkan bersama keluarga besar, namun sebisa mungkin pisahkan urusan pribadi keluarga dengan kepentingan operasional usaha. hal ini sangat penting diterapkan agar bisnis dapat dikelola secara profesinal dan segala persoalan usaha tidak mempengaruhi hubungan kekeluargaan. mulailah memisahkan antara waktu untuk keluarga dengan waktu untuk bekerja, keuangan usaha dengan keuangan keluarga.

C. Pertahankan ciri khas usaha.

Kunci kesuksesan bisnis keluarga terletak pada kekuatan ciri khas maupun cita rasa yang terus terjaga dari mulai generasi perintas sampai generasi penerusnya. dan jika kita berkeinginan untuk mengembangkan sayap bisnis, usahakan untuk tetap mempertahankan ciri khas yang ada guna menjaga loyalitas konsumen yang telah terbangun sejak awal mendirikan usaha.

D. Bangun komunikasi yang efektif.

Untuk memperlancar jalannya usaha dan menghindari adanya perselisihan antar anggota keluarga. sebaiknya ciptakan komunikasi yang efektif agar hubungan kerja maupun ikatan persaudaraan semakin hari semakin kompak dan kuat. jika komunikasi terjalin dengan baik, maka segala permasalahan usaha bisa diselesaikan secara bersama sehingga bisnis semakin berkembang dan tetap mampu bersaing.

Semoga bermanfaat dan semoga UKM di indonesia semakin sukses. Amin.

Posting Komentar untuk "Tips Mengelola Bisnis Keluarga"