Mutiara Hikmah : Pidato Pertanggung-jawaban Iblis

Kelak pada hari kiamat, ketika proses hisab telah selesai dilaksanakan, maka Iblis diperintahkan untuk naik keatas mimbar yang terbuat dari api untuk menyampaikan pidato pertanggungjawabannya : “wahai Iblis, naiklah ke atas mimbar dan berbicaralah kepada penghuni neraka”.

Lalu Iblis naik ke atas mimbar dan berkata : “wahai para penghuni neraka….!” Semua orang yang berada di dalam neraka mendengarkan dengan serius ucapannya dan seluruh pandangan tertuju kepada Iblis “ketua” mereka ini.

pertanggung jawaban
Dengan gayanya yang masih tetap arogan Iblis pun memulai pidatonya :

“wahai orang-orang kafir dan orang-orang munafik, sesungguhnya Allah ’azza wajalla telah menjanjikan kepada kalian dengan janji yang benar bahwa semua makhluq pasti akan mati, akan dihalau kepadang mahsyar, akan dihisab dan akan menjadi dua golongan, satu golongan ke surga dan satu golongan ke neraka”.

Iblis berkata lagi : “Kalian semua menyangka bahwa kalian tidak akan meninggalkan dunia, bahkan menyangka akan tetap di dunia. Tidaklah ada bagiku kekuasaan atas kalian melainkan aku hanya menggoda kalian saja, sampai akhirnya kalian semua mengikuti ku, maka dosanya adalah untuk kalian sendiri. Oleh karena itu, janganlah kalian mencela dan mencaci aku. Sebaliknya, cela lah diri kalian sendiri, sebab sungguh kalian sendiri lah yang labih berhak mengumpat dari pada aku yang mengumpat. Mengapa kalian tidak mau menyembah Allah SWt, sedangkan Dia yang telah menciptakan kalian dan alam semesta ini…..?”.

Akhirnya Iblis berkata : ”Hari ini aku tidak dapat menyelamatkan kalian semua dari siksa Allah, dan kalian juga tidak akan dapat meyelamatkan aku. Sesungguhnya pada hari ini kau berlepas diri dari kalian. Sesungguhnya aku telah diusir dan ditolak dari sisi Allah Tuhan semesta alam”.

Setelah penduduk neraka mendengarkan pidato Iblis tersebut, maka mereka menghujat, mencela dan melaknati Iblis habis-habisan. Lalu Iblis dipukul oleh Malaikat Zabaniyah dengan tombak dari api sehingga tersungkur kelembah neraka paling bawah. Ia kekal selama-lamanya didalam neraka bersama orang-orang yang menjadi pengikutnya.

Malaikat Zabaniyah berkata : “Mulai hari ini, tidak ada lagi kematian bagi kalian semua dan tidak ada pula kesenangan untuk kalian. Kalian akan kekal selama-lamanya dineraka”.

Firman Allah Swt :
“dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: "Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. sekali-kali tidak ada kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamu lalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku akan tetapi cercalah dirimu sendiri. aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu". Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih”. (QS. Ibrahim : 22)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Mutiara Hikmah : Pidato Pertanggung-jawaban Iblis"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel