Peluang Usaha Penghasilan Tambahan Di Bulan Ramadhan

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh berkah. Keberkahan yang terdapat di dalam bulan ramadhan dapat dirasakan oleh siapapun. Diantara sekian banyak keberkahan ramadhan adalah terbukanya pintu rezeki melalui beberapa peluang usaha yang dapat dijalankan, sejak awal ramadhan hingga tibanya hari raya (lebaran).

Ketika memasuki bulan ramadhan, tidak ada salahnya apabila kita mencari usaha untuk mendapatkan penghasilan tambahan, atau yang biasa dikenal dengan sebutan usaha musiman.

usaha bulan puasa

Apa saja peluang usaha yang dapat kita jalankan untuk mendapatkan penghasilan tambahan di bulan ramadhan? Semoga artikel ini dapat menjawab pertanyaan tersebut.

A. Menjual menu berbuka puasa

Ada satu pasar yang hanya terdapat pada bulan ramadhan, yakni pasar beduk. Hampir di setiap tempat dapat kita jumpai pasar beduk. Pasar beduk inilah yang kita manfaatkan untuk menjalankan usaha, diantaranya adalah dengan menjual menu buka puasa.

Di daerah perkotaan, menjual menu berbuka puasa adalah usaha yang cukup menjanjikan. Sebab, sebagian besar profesi di perkotaan adalah kerja kantoran dan pulang sore, tentu saja tidak ada waktu untuk membuat menu buka puasa, sehingga alternatifnya adalah membeli. Dan ini adalah peluang usaha.

Anda bisa menjual takjil (kue dan makanan ringan lainnya), kolak, lauk pauk, buah buahan termasuk kurma, atau bisa juga menjual es, seperti es campur, es tebu, es kelapa muda, es buah dan lain sebagainya. Namun tidak hanya terbatas di pasar beduk, usaha berjualan menu buka puasa ini dapat juga kita jalankan di depan rumah, itung-itung irit biaya sebab tidak perlu membayar sewa lapak di pasar beduk.

Buatlah makanan dengan rupa yang menarik dan rasa yang enak, bersih dan aman untuk dikonsumsi oleh konsumen. Dengan demikian, besar kemungkinan konsumen yang membeli menu buka puasa yang kita jual akan datang lagi di hari berikutnya. Tentunya sangat menguntungkan bukan?!!!

B. Menjual menu makan sahur

Ibadah puasa di bulan ramadhan tidak dapat dipisahkan dari kegiatan makan sahur. Nah, ini adalah peluang usaha yang patut dicoba. Kita dapat menjual aneka lauk pauk untuk makan sahur.

Bagi anda yang tinggal di kawasan perumahan atau di dekat kampus yang banyak rumah kos-kosan, usaha menjual menu makan sahur berupa lauk pauk ini adalah peluang usaha yang cukup menguntungkan. Sediakan menu lauk-pauk berupa paket dalam kemasan sehingga lebih praktis dan lebih menarik minat konsumen.

Promosikan usaha anda dengan cara menyampaikan secara lisan ataupun berupa selebaran/ bosur. Jika perlu tambahkan juga gambar paket makanan itu di brosur yang anda sebarkan. Bisa juga tambahkan layanan antar ke alamat pemesan.

C. Menjual Perlengkapan Ibadah (shalat)

Bulan ramadhan adalah waktu yang tepat untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan jalan memperbanyak amal ibadah. Banyak orang yang merasa belum lengkap apabila tidak mempersiapkan diri dengan perlengkapan shalat yang baru. Dan ini tentunya bisa menjadi peluang usaha untuk memperoleh penghasilan.

Tawarkan produk berupa mukena, sarung, kopiah (peci, songkok), sajadah, tasbih, termasuk juga mushaf al-Qur’an. Usaha menjual perlengkapan shalat ini dapat dilakukan dari awal ramadhan hingga tibanya hari raya idul fitri.

Anda bisa menjual perlengkapan alat shalat ini dengan membuka lapak/ toko di rumah, dekat keramaian seperti pasar beduk, atau menawarkan kepada kerabat, saudara, teman ataupun kenalan secara lisan ataupun dengan memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi.

D. Menjual busana Muslim/ Muslimah.

Bagi sebagian orang, kurang sempurna rasanya apabila kedatangan bulan ramadhan tidak disertai dengan merubah penampilan, diantaranya dalah cara berbusana. Banyak yang lebih suka memakai baju koko dan kain sarung pada bulan ramadhan. Ini adalah peluang usaha bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan.

Usaha menjual pakaian dapat dilakukan sejak sebelum memasuki bulan ramadhan hingga datangnya hari raya. Jika beberapa tahun yang lalu orang mencari pakaian baru menjelang dekat lebaran, maka sekarang orang banyak mencari pakaian baru jauh sebelum lebaran bahkan sebelum tibanya bulan ramadhan. Alasannya sederhana, yakni untuk mendapatkan harga yang lebih murah. Sebab, semakin mendekati lebaran, harga pakaian bisa naik berlipat-lipat.

Tawarkan pakaian yang bernuansa Islami dan lebih baik lagi jika yang lagi tren. Masih ingatkan beberapa tahun yang lalu banyak yang mencari baju koko dengan gaya seperti yang dipakai oleh Uje’...?? nah itu tren ketika itu sehingga pedagang pakaian muslim/ muslimah mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda.

Namun tentu saja usaha berjualan pakaian ini tidak terbatas hanya pada baju koko dan gamis. Anda juga bisa menjual baju kaos, kemeja, celana jeans, jaket dan sebagainya.

E. Menjual Kue Lebaran

Sama seperti sahur bagi bulan puasa, kue juga tidak bisa dipisahkan dengan lebaran. Akan kurang lengkap rasanya apabila di hari raya tidak tersedia kue di atas meja tamu. Bagi anda yang pandai membuat kue, maka manfaatkan keahlian dan momen itu menjelang hari raya untuk mendatangkan penghasilan.

Usaha menjual kue lebaran dapat dipastikan menarik minat pembeli. Sebab, tidak semua orang bisa membuat kue, kalaupun bisa, mungkin terlalu sibuk oleh pekerjaan, dan umumnya sekarang orang lebih banyak mencari cara praktis, yakni dengan cara membeli.

Kreasikan produk anda semenarik dan selezat mungkin. Bisanya kue untuk lebaran ini berupa kue kering sehingga tahan lama. Tawarkan kepada tetangga dan kerabat atau kenalan. Bila perlu berikan kepada mereka sedikit agar bisa mencicipi kue buatan anda. Juga bisa dipromosikan melalui media sosial dan jual beli online.

Demikian beberapa pilihan usaha yang dapat kita jalankan di bulan ramadhan untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Namun tentu saja tidak terbatas hanya pada yang disebutkan di atas. Ada banyak pilihan usaha lain yang bisa dilakukan, seperti menjual ketupat menjelang lebaran, usaha parsel, menawarkan jasa cukur rambut, menjual parfum dan lain sebagainya tergantung modal yang anda miliki.

Intinya adalah saya ingin membuktikan bahwa bulan ramadhan memang bulan yang penuh berkah dan diantara keberkahan ramadhan itu adalah mengalirnya rezeki lewat usaha-usaha yang kita jalankan. Mari manfaatkan bulan puasa dengan sebaik-baiknya dengan menyeimbangkan antara dunia dan akhirat. Dunia dengan cara mencari dan mejalankan peluang usaha untuk memperoleh rezeki halal, dan akhirat dengan jalan meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah kepada Allah SWT.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Peluang Usaha Penghasilan Tambahan Di Bulan Ramadhan"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel