Hikmah menutup aurat bagi seorang muslimah

السلام عليكم

Saudara yang baik hati, terimakasih atas kesetiaannya membaca artikel-artikel di blog kita ini, semoga dapat menambah wawasan dan semoga bermanfaat.

Menutup aurat atau memakai hijab akhir-akhir ini memang sangat populer. baik yang menutup aurat karena kesadaran beragama maupun yang hanya sekedar mengikuti trend. yang jelas, apa yang Allah syari'atkan pasti memiliki manfaat bagi manusia dan apa yang larang pasti membawa keburukan jika dikerjakan.

hijaber

Demikian juga dengan memakai hijab atau busana muslimah, tentu memiliki manfaat atau hikmah bagi pemakainya, adapaun hikmahnya adalah sebagai berikut :

1. Wanita muslimah yang memakai hijab dengan benar tentu akan mendapatkan pahala karena ia telah melaksanakan perintah Allah, bahkan ia akan mendapat ganjaran pahala yang berlipat ganda karena dengan berhijab berarti ia telah mencegah orang lain dari perbuatan zin4 mata;

2. Busana muslimah merupakan identitas bagi wanita muslim. dengan busana muslimah, pemakainya akan terlihat lebih berwibawa.dan juga dapat mencegah dari perbuatan jahat yang ditunggangi nafsu setan.

3. Busana muslimah merupakan psikologi pakaian, sebab menurut kaidah pokok ilmu jiwa, pakaian adalah cermin diri seseorang, maksudnya, kepribadian seseorang dapat terbaca dari cara dan model pakaiannya, misalnya seseorang yang bersikap sederhana, bersikap berlebihan dan lain sebagainya akan dapat diketahui dari cara dia berpakaian.

4. Busana muslimah juga memiliki pengaruh terhadap kesehatan.

Menurut penelitian dokter yang menganalisa kandungan kimia rambut, dia berkesimpulan bahwa meskipun rambut memerlukan sedikit oksigen (02), namun pada dasarnya rambut itu mengandung posfor, calsium, magnesium, pigmen, kholestryl dengan palmitate yang membentuk kholestryl palmitate (C27, H45, O, CO, C15, H31) yang sangat labil akibat penyinaran atau radiasi sehingga memerlukan perlindungan yang dapat memberikan rasa aman terhadap rambut dan kulit kepala untuk membantu rambut itu sendiri.

Dalam hal ini, kerudung sebagai bagian dari busana muslimah kiranya cukup memenuhi syarat (dikutip dari majalah panji masyarakat No. 387).

5. Memakai busana muslimah lebih ekonomis dan menghemat anggaran belanja.

Kalau kita pelajari secar detail antara wanita yang berjilbab dengan yang tidak, maka wanita yang berjilbab akan lebih hemat dalam biaya karena tidak mebeli bermacam-macam alat kosmetik, biaya rambut dan lain-lain, sebab biasanya wanita yang berjilbab, gaya hidupnya tidak glamour atau menor.

6. Memakai busana muslimah dapat menghemat waktu.

Coba bayangkan berapa waktu yang diperlukan wanita yang tidak berjilbab untuk memoles wajah, menyisir rambut, belum lagi pergi ke salon.

Kriteria Busana Muslimah

Islam tidak menentukan model pakaian untuk wanita, Islam memberikan kebebasan kepada pemeluknya untu menentukan model pakaian/ busana sesuai selera masing-masing asalkan tidak keluar dari ktiteria sebagai berikut :

a. Busana dapat menutupi seluruh aurat yang wajib ditutupi.

b. Busana tersebut tidak merupakan pakaian untu dibanggakan atau mencolok mata, karena Nabi Saw bersabda "barang siapa yang memakai busana yang mencolok (bermegah-megah) didunia, maka Allah akan memakaikan kehinaan dia akhirat nanti" (terdapat dalam kitab Nailul Authar karya Imam asy-Syaukani.

Beliau menjelaskan maksud busana mencolok adalah bentuk pakaian yang aneh-aneh ditengah orang banyak, baik dari segi bentuk ataupun warna sehingga dapat menimbulkan rasa 'ujub atau bangga terhadap diri sendiri secara berlebihan.

c. Busana tersebut tidak terlalu tipis (transparan)sehingga bisa tembus pandang.

d. Busana tidak sempit yang dapat memperlihatkan bentuk/ lekuk tubuh. penomena ini sekarang banyak terjadi, mereka bukan berjilbab tapi jilbobs.

e. Harus berbeda dari pakaian khas pemeluk agama lain.

f. Tidak serupa dengan pakaian laki-laki.

Demikian sedikit mengenai busana muslimah dan hikmahnya, semoga dapat bermanfaat bagi sahabat pembaca.

Wallau a'lam.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Hikmah menutup aurat bagi seorang muslimah"

  1. Replies
    1. Dengan senang hati sobat, silahkan dan semoga bermanfaat bagi sesama..

      Saya belum layak dipanggil ustad sob, masih menjadi murid....

      Delete
  2. Usually I do not read article on blogs, however I wish to
    say that this write-up very forced me to try and do it!
    Your writing style has been surprised me. Thanks, very great post.

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you ats visit to this blog my best friend, I hope that what I write will benefit others

      Delete

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel