Khasiat Tanaman Kumis Kucing

Tanaman herbal berkhasiat yang satu ini memang memiliki nama yang sedikit aneh, yakni Kumis Kucing. Mungkin dikarenakan bentuk bunganya yang putih bersusun dan menyerupai kumis pada kucing. Namun jangan salah, walaupun memiliki nama yang agak aneh, namun tanaman satu ini sejak dahulu dipercaya memiliki berbagai khasiat dan manfaat untuk mengobati penyakit.

Rasanya setiap daerah tidak memiliki perbedaan dalam penamaan tanaman ini. Kumis Kucing memiliki nama latin Orthosiphon Aristatus dan dapat tumbuh pada semua jenis tanah dan iklim. Namun demikian, kumis kucing dapat tumbuh dengan subur di tanah yang gembur sedikit lembab. Itulah sebabnya kita banyak menjumpai tanaman ini ditanam di dekat saluran pembuangan air. Kumis kucing juga hampir selalu ada di kebun toga (tanaman obat-obatan keluarga).

khasiat kumis kucing

Tanaman kumis kucing memiliki kandungan kimia berupa minyak atsiri, sapofonin, sinensetin, saponin, kalium dan zat-zat lainnya sehingga memiliki efek penyembuhan apabila dikonsumsi.

Apa khasiat atau manfaat dari tanaman kumis kucing?

Secara umum dan diyakini secara turun temurun dari nenek moyang kita dahulu, Daun kumis kucing berkhasiat untuk mengobati :

1. Gejala Kencing Batu.

Sejak dahulu nenek moyang kita sudah memanfaatkan tanaman kumis kucing ini untuk mengobati penyakit kencing batu. Dikatakan penyakit kencing batu sebab terdapat penumpukan garam mineral pada ginjal atau saluran kencing sehingga menyerupai batu. Sehingga nama lain dari penyakit ini adalah batu ginjal.

Akibat dari adanya batu pada saluran kemih ini, maka akan terjadi penyumbatan yang dapat menimbulkan rasa nyeri ketika buang air kecil. Pada tingkat lebih parah, akan mengakibatkan pendarahan ataupun infeksi.

Penyakit ini dapat diketahui dari gejala yang ditimbulkannya, seperti rasa nyeri yang hebat antara tulang rusuk dengan pinggang hingga ke perut dan daerah (maaf) kemaluan. Gejala lainnya adalah perut seperti membengkak, demam tinggi, mual dan terkadang ada pendarahan ketika buang air seni.

Jika terjadi gejala seperti ini pada diri kita, maka kita dapat memanfaatkan rebusan daun kumis kucing untuk pengobatannya. Ada juga yang memadukan daun kumis kucing dengan herbal lain untuk kesempurnaan proses penyembuhan, seperti mencampur tanaman kumis kucing (mulai dari daun, batang sampai bunganya) dengan akar lalang dan tanaman keji beling.

Namun sebelum gejala itu terjadi, sebaiknya kita melakukan pencegahan, sebab mencegah lebih baik daripada mengobati. Caranya adalah dengan banyak minum air putih, hindari minuman bersoda dan mengandung pemanis buatan, berolah raga secara rutin dan sebaiknya hindari meminum kopi.

2. Memperlancar Buang Air Kecil (air seni).

Sejalan dengan manfaat nomor 1 di atas, khasiat dari tanaman kumis kucing adalah untuk memperlancar pengeluaran air seni. Penyakit ini dapat kita ketahui dari gejalanya, seperti terasa sakit atau nyeri ketika buang air seni ataupun sesudahnya, atau bisa juga ada rasa seakan ingin buang air kecil tetapi terasa ada yang menyumbat sehingga tidak ada air yang keluar, atau air seni memiliki warna mirip teh bahkan lebih gelap lagi, pinggang terasa sakit atau nyeri bahkan pada tingkat selanjutnya terasa demam di badan.

Kita dapat memanfaatkan rebusan daun kumis kucing untuk mengatasi susah buang air kecil ini dengan cara meminumnya secara rutin pagi dan malam hari.

3. Mengobati penyakit kencing manis atau diabetes.

Penyakit diabetes atau kencing manis adalah momok bagi manusia modern. Pemicu utamanya dalah gaya hidup yang kurang sehat, seperti mengkonsumsi gula berlebihan atau mengkonsumsi makanan yang mengandung pemanis buatan.

Dikarenakan kita sering mengkonsumsi gula secara berlebihan, maka kadar gula dalam darah akan meningkat. Ketika gula darah meningkat, maka fungsi pankreas akan terganggu, padahal pankreas berfungsi untuk menghasilkan insulin yang berguna untuk mengatur keseimbangan kadar gula dalam darah.

Penting untuk diketahui apa gejala penyakit diabetes ini, diantaranya adalah penderita diabetes akan sulit sembuh apabila terluka sehingga menyebabkan infeksi bahkan membusuk, sering buang air kecil terutama pada malam hari, mudah merasa haus, mudah lelah, berat badan menurun, dan sering kesemutan.

Kita dapat memanfaatkan rebusan daun kumis kucing untuk mengobati penyakit diabetes ini dengan cara meminumnya secara rutin. Namun lagi-lagi mencegah tentu lebih baik. Sebelum penyakit tersebut menghampiri kita, kita cegah dengan melakukan pola hidup sehat, olah raga secara teratur, kurangi konsumsi gula dan jaga berat badan.

Selain manfaat yang sudah dikenal secara umum dan turun temurun di atas, ternyata daun kumis kucing juga memiliki khasiat atau manfaat untuk mengobati :

a. Penyakit rematik

Jika kita sering merasakan nyeri atau kaku bahkan pembengkakan pada persendian, kejang otot, sendi terasa lemah atau sering berbunyi, bisa jadi itu adalah gejala penyakit rematik.

Kita dapat memanfaatkan daun kumis kucing untuk penyembuhannya. Caranya adalah rebus daun kumis kucing sekitar 5 lembar ditambah daun meniran dalam air sebanyak 3 gelas hingga tersisa 1 gelas dan diminum pagi dan sore hari.

b. Batuk

Selain sudah dikenal untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan ginjal, ternyata daun kumis kucing juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati batuk. Caranya adalah sama, yakni dengan meminum rebusan daun kumis kucing.

c. Asam urat

Gejala yang ditumbulkan oleh penyakit asam urat ini sebenarnya hampir sama dengan penyakit rematik, yakni rasa nyeri atau ngilu pada persendian terutama ketika bangun tidur. Penyebabnya adalah karena mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar purin tinggi, seperti kerang, daging terutama daging sapi atau kambing ataupun sayuran hijau.

Penyakit radang ginjal ini juga termasuk penyakit yang cukup berbahaya, sebab kita ketahui bahwa fungsi ginjal itu adalah sebagai penyaring atau filter darah dalam tubuh. Penyebabnya antara lain adalah karena beban kerja ginjal yang cukup berat sehingga mengakibatkan kerusakan pada ginjal dan menimbulkan rasa sakit.

Kita dapat mengenali gelanya seperti; air seni yang sedikit, air seni berwarna keruh kemerah-merahan bahkan mungkin bercampur darah, pinggang terasa sakit dan perut bagian bawah membesar. Oleh karena itu, manfaatkan daun kumis kucing untuk mengobatinya.

Selain beberapa khasiat di atas, tanaman kumis kucing juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati:

1. Masuk angin/ kembung
2. Keputihan
3. Sembelit/ susah buang air besar
4. Sakit pinggang
5. Hipertensi/ tekanan darah tinggi
6. Gatal akibat infeksi
7. Radang ginjal

Demikian sedikit ulasan tentang khasiat tanaman kumis kucing yang dapat kita ambil manfaatnya untuk mengobati penyakit sebagaimana yang disebutkan di atas. Cara memanfaatkannya adalah sama yakni dengan merebus daun kumis kucing tersebut.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Khasiat Tanaman Kumis Kucing"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel