Manfaat Luar Biasa Dari Mengkonsumsi Pisang

Apakah kita suka mengkonsumsi buah pisang? Jika Ya, ternyata kita akan mendapatkan beberapa manfaat dari mengkonsumsi buah pisang tersebut. Apa saja manfaat buah Pisang? Berikut ulasannya

Tanaman pisang merupakan salah satu tanaman yang paling mudah kita jumpai. Pisang biasa ditanam di kebun ataupun di pekarangan rumah. Tanaman pisang menyukai iklim tropis sedikit panas.

Sebagaimana kelapa, tanaman pisang merupakan tanaman multiguna. Daun pisang dimanfaatkan untuk berbagai keperluan. Begitu juga dengan batangnya. Di beberapa daerah, sulur batang pisang bisa dimanfaatkan untuk disayur dengan santan (gulai).

Buah pisang bisa dimakan langsung ataupun diolah menjadi berbagai macam penganan yang lezat dan bergizi. Bahkan saya pernah membaca sebuah artikel, bahwa di negara arab, buah pisang merupakan buah yang mahal harganya.

pisang

Saya awalnya adalah orang yang malas makan buah pisang. Namun setelah mengetahui manfaatnya, maka saya berusaha untuk terus memasukkan buah pasang ke dalam daftar menu harian.

Lalu apa manfaat yang kita dapatkan dari mengkonsumsi buah pisang?


Sebelum mengetahui apa manfaat dari makan buah pisang, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa kandungan buah pisang itu.

BUAH PISANG KAYA KALORI


Buah pisang kaya akan kalori (energi) dan mineral. Dalam setiap 100 gram buah pisang terkandung energi sekitar 136 kalori yang secara keseluruhan berupa zat karbohidrat. Bandingkan dengan buah apel dengan takaran yang sama, yakni 100 gram hanya mengandung energi sekitar 54 kalori. Berarti ada perbandingan dua kali lipat.

Karbohidrat yang terkandung dalam buah pisang agak lambat dalam menghasilkan energi bila dibandingkan dengan gula pasir, namun lebih cepat apabila dibandingkan dengan energi dari nasi ataupun roti dari gandum. Jadi, buah pisang ini cukup untuk menyuplai energi bagi tubuh apabila tidak makan nasi. Dan ini juga mungkin kenapa pada zaman dahulu banyak orang tua yang memberikan pisang sebagai makanan pendamping ASI bagi bayi mereka.

Sebagaimana buah-buahan lain yang memiliki rasa manis, buah pisang juga mengandung gula berupa fruktosa yang sedikit lebih lambat dalam proses metabolisme tubuh bila dibandingkan dengan glukosa sehingga sangat baik dalam menyimpan energi.

Namun walaupun mengandung energi yang cukup baik ternyata kandungan protein dan lemak pisang sangat rendah, yaitu hanya 2,3 % dan 0,13 %. Walau demikian, kandungan lemak dan protein pisang masih lebih tinggi bila dibandingkan dengan buah apel, yang hanya 0,3 %. Oleh karena itu buah pisang bagus untuk dikonsumsi wanita yang sedang diet tanpa khawatir menjadi gemuk walau banyak mengkonsumsi buah pisang.

BUAH PISANG KAYA MINERAL


Buah Pisang kaya kandungan mineral seperti magnesium, kalium, kalsium, fosfor, dan besi. Buah pisang apabila dibandingkan dengan tanaman atau buah-buahan lain, maka kandungan mineral pisang, khususnya zat besi, hampir seluruhnya dapat diserap dengan mudah oleh tubuh.

Buah pisang juga mengandung vitamin yang tinggi, terutama provitamin-A, yaitu betakaroten, sebesar 45 mg/ 100 gram, bandingkan dengan buah apel yang hanya 15 mg. Selain provitamin-A, buah pisang juga mengandung vitamin B (piridoxin), yaitu vitamin B6, tiamin, niasin, riboflavin.

Kandungan vitamin B6 dalam buah pisang cukup tinggi, yaitu 0,5 mg/100 gram. vitamin B6 berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme tubuh, selain itu, vitamin B6 berperan dalam sintetis dan metabolisme protein, khususnya serotonin. Serotonin bermanfaat dalam kelancaran fungsi otak sebab menyuplai ketersediaan energi bagi otak dalam aktivitas tubuh.

Secara ringkas, kandungan buah pisang adalah : Vitamin A, vitamin B6, kalium, magnesium, besi, tiamin, niasin, riboflavin, Protein dan vitamin C.

Manfaat yang Didapat dari Mengkonsumsi Buah Pisang


Buah pisang yang kita sebut sebagai buah yang kaya manfaat, apabila dikonsumsi secara rutin maka dapat :

1. Membantu pencernaan pada usus

Saya pribadi apabila kesulitan dalam BAB (maaf ; buang air besar alias sembelit) maka akan terfikir untuk mengkonsumsi buah pisang. Sebab berdasarkan pengalaman, selain buah pepaya, buah pisang dapat memperlancar BAB. Sebab buah pisang kaya akan serat yang sangat baik untuk mengatasi sembelit.

Apabila buah pisang dikonsumsi dengan mencampukan susu, maka dapat membantu mengurangi resiko penyakit usus seperti yang berbahaya seperti terjadinya gejala kanker usus besar.

2. Melancarkan peredaran darah dan Menormalkan fungsi Jantung

 Buah Pisang memiliki kandungan potasium yang baik untuk memperlancar peredaran darah. Kandungan kalium pada buah pisang membantu mengatur tekanan darah sehingga dapat mencegah penyakit stroke dan gejala penyakit jantung.

Mengkonsumsi pisang setiap sarapan pagi akan menambah nutrisi untuk tubuh yang mendukung fungsi jantung. Pisang kaya mineral yang disebut elektrolit kalium. Ketika kalium masuk ke dalam tubuh, akan langsung ke dalam aliran darah melalui dinding usus. Kalium berjalan disekitar sel-sel di seluruh tubuh dan larut dalam cairan sel.

Proses ini terus mengalir di seluruh sistem tubuh, yang diperlukan untuk membuat jantung tetap berdetak. Dalam kasus kekurangan kalium yang parah, irama jantung mungkin menjadi tidak teratur, yang dapat mematikan.

3. Menjaga Kesehatan Mata


Sebagaimana yang tertulis di atas, buah pisang kaya akan vitamin A. Vitamin A membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A menjaga membran di sekitar mata dan merupakan komponen dari salah satu protein yang membawa cahaya ke kornea mata. Asupan vitamin A yang cukup juga mengurangi resiko kebutaan dan sangat penting untuk menjaga penglihatan.

Wanita membutuhkan 700 mikro gram vitamin A setiap hari, dan pria membutuhkan 900 mikro gram Satu pisang sebesar 6 inci, memiliki hampir 10 mikro gram vitamin A. Pisang juga mengandung alpha karoten dan beta karoten, yang diubah menjadi vitamin A untuk lebih menjaga kesehatan mata.

Buah pisang yang kaya akan kandungan nutrisi juga bermanfaat dalam pengobatan. Beberapa penyakit yang bisa diatasi oleh buah pisang adalah :

1. Anemia (tekanan darah rendah)

Anemia merupakan gejala kekurangan sel darah merah yang dapat menyebabkan tubuh terasa lemas. Apabila berdiri secara tiba-tiba setelah duduk lama maka pandangan terasa gelap dan pusing.  .
Kandungan zat besi (FE)dalam buah pisang membantu penyembuhan anemia atau kurang darah/ tekanan darah rendah.

2. Asma

Sebuah studi yang dilakukan oleh Imperial College London menemukan bahwa anak-anak yang makan hanya satu buah pisang per hari memiliki peluang 34% lebih kecil untuk mengalami asma.

3. Liver

Penderita penyakit liver biasanya sangat susah untuk makan, sebab kehilangan nafsu makan. Buah pisang yang dicampur dengan madu akan memberikan stimulan untuk membangkitkan nafsu makan bagi penderita liver.

4. Diabetes

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah pisang dapat meningkatkan lipid dan insulin.
Orang yang menderita penyakit diabetes biasanya dianjurkan untuk menjalani diet ketat. Maka agar tubuh bisa terus beraktifitas tanpa kekurangan energi, konsumsilah buah pisang.

5. Diare

Pada penderita diare, tubuh akan kekurangan banyak cairan sehingga tubuh menjadi lemah. Buah pisang dapat digunakan sebagai elektrolit yang mengganti cairan tubuh yang hilang sebab pisang mengandung kalium.

6. Untuk mengobati jerawat

Bukan hanya baik untuk kesehatan, buah pisang juga baik untuk kecantikan. Salah satu manfaatnya bagi kesehatan adalah untuk mengatasi jerawat bahkan yang membandel sekalipun.

Untuk mengobati jerawat bisa dilakukan dengan cara menghaluskan buah pisang terlebih dahulu hingga lembut, selanjutnya dibuat sebagai masker pada wajah.

7. Mengatasi sakit maag

Buah pisang dapat mengatasi asam lambung berlebihan. Asam lambung merupakan salah satu penyebab rasa nyeri pada lambung yang biasa dikenal dengan penyakit maag. satu penyakit yang berkaitan erat dengan lambung ini.

Selain beberapa manfaat di atas, buah pisang juga :

a. Bagus untuk tulang

Buah pisang ternyata juga baik untuk menjaga kesehatan tulang. Di dalam buah pisang terkandung zat yang bernama mangan. Zat ini merupakan salah satu jenis zat yang penting untuk menjaga kesehatan tulang Anda dari beragam jenis gangguan.

b. Menyehatkan Otak

Buah pisang mengandung kalium. Kalium memberikan stimulan pada otak dang sangat bagus untuk perkembangan otak bayi.

c. Pisang Baik Bagi Ibu Hamil

Bagi wanita yang sedang hamil, maka tubuhnya memerlukan asupan gizi yang cukup yang berguna bagi kesehatan dirinya dan juga janin yang dikandungnya. Dengan mengkonsumsi buah pisang bagi ibu hamil, maka akan sangat membantu dalam proses pembentukan sel pada janin. Buah pisang juga mengandung banyak kalori yang dapat membantu ibu hamil untuk dapat beraktivitas dengan baik.

d. Buah pisang dapat mengobati luka bakar.

Kalau dalam hal mengobati luka bakar ataupun terkena minyak panas ini, yang digunakan adalah kulit buah pisang. Oleskan kulit pisang bagian dalam pada tempat yang terkena luka bakar. Kulit buah pisang ini memberikan efek dingin dan mebantu proses penyembuhan.

Sumber :
http://manfaat.co.id/9-manfaat-pisang-bagi-kesehatan-dan-pengobatan-penyakit
http://www.kesehatanmanusia.com/2016/06/10-manfaat-buah-pisang-bagi-kesehatan-manusia.html

Berlangganan update artikel terbaru via email:

"Manfaat Luar Biasa Dari Mengkonsumsi Pisang"

Post a Comment

Saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan artikel di atas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel